Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan) usai melakukan pertemuan di Widya Candra, Jakarta, Sabtu (7/5/2022). Pertemuan kedua ketua umum partai politik ters | ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Nasional

Pengamat Sebut Airlangga-AHY ‘Kuda Hitam’ Pilpres 2024

Airlangga mengaku peluang koalisi antara Golkar dan Demokrat selalu terbuka.

JAKARTA—Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin, menilai pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke kediaman Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membuka peluang koalisi keduanya di Pemilu 2024.

Ujang menuturkan, kedua tokoh tersebut memiliki peluang untuk menjadi pasangan pada Pilpres 2024. Bahkan, Airlangga dan AHY dinilai bakal menjadi pasangan menarik di pilpres. "Pasangan yang unik dan menarik. Akan menjadi kuda hitam di Pilpres," kata Ujang, Ahad (8/5).

Ia menjelaskan, Airlangga-AHY merupakan kombinasi antara politikus senior yang sudah makan asam garam dengan sosok yang banyak disukai anak muda dan generasi milenial. Ujang melihat keserasian antara Airlangga-AHY.

Ia juga menilai Airlangga dan AHY punya kemampuan yang dibutuhkan pada situasi sosial politik saat ini. Yakni, ketika terjadi polarisasi di kalangan masyarakat akibat perbedaan pandangan dan pilihan politik.

photo
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kiri) berpamitan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) usai melakukan pertemuan di Widya Candra, Jakarta, Sabtu (7/5/2022). Pertemuan kedua ketua umum partai politik tersebut dalam rangka silaturahim Hari Raya Idul Fitri 1443H. - (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

"Akan bisa menghilangkan polarisasi di masyarakat, akan bisa mengeliminasi istilah cebong dan kampret di tengah-tengah masyarakat," katanya.

AHY bersilaturahim ke kediaman Airlangga Hartarto pada Sabtu (7/5). Saat berkunjung, AHY didamping istrinya, Annisa Pohan.

Usai pertemuan, Airlangga mengaku peluang koalisi antara Golkar dan Demokrat selalu terbuka, mengingat rekam jejak kedua partai. "Peluang selalu ada, kan berpengalaman juga Partai Golkar mendukung ayahnya beliau. Jadi sudah ada track record," ujar Airlangga, Sabtu (7/5).

Komunikasi dan silaturahim dengan AHY, jelas Airlangga, juga selalu terjalin dengan baik. Bahkan, keduanya kerap berbalas pesan melalui aplikasi WhatsApp. "Kami WA-WA-an saja terjawab, sudah jadi, tidak ada hambatan," ujar Airlangga.

Kendati demikian, pertemuan antara dua ketua umum partai ini disebutnya tak membahas hal-hal yang berkaitan dengan politik. "Silaturahmi dari Bapak AHY dengan Ibu ke tempat saya untuk maaf lahir batin dalam suasana Lebaran, yang dibicarakan adalah kekeluargaan dan juga terkait dengan silaturahim seperti biasa," ujar Airlangga.

AHY juga menyampaikan hal yang sama. Ia menegaskan, pertemuan antara elite partai tak selalu harus dimaknai sebagai sesuatu yang bersifat politik. AHY mengeklaim, silaturahim ini untuk menjaga komunikasi yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

"Kami ingin terus membangun silaturahim, bukan hanya di situasi Lebaran, tapi setiap saat komunikasi kami berjalan. Selebihnya tadi, santai sekali," ujar AHY.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Airlangga Hartarto (airlanggahartarto_official)

AHY juga mendoakan agar Airlangga selalu sehat dan sukses dalam mengemban amanah sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Harapannya, situasi negeri ini bisa semakin membaik, dan ekonomi rakyat juga pulih kembali.

"Insya Allah kalau para tokoh politik juga selalu bersilaturahim, tidak selalu urusan politik ya tentunya, tapi urusan humanis-humanis, kekeluargaan seperti ini juga akan membangun semangat yang baik juga ke depan," tegas putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Siapa Mengawal Kasus Minyak Goreng?

KPK, Polri, dan Kejakgung terlihat berjalan sendiri merespons kasus minyak goreng. 

SELENGKAPNYA

Ketika Terpaksa Menginap di Pantai Anyer

Panjang kemacetan di kawasan wisata Pantai Anyer pada Kamis (5/5) melebihi lima km.

SELENGKAPNYA

Profil Lulusan Ramadhan

Lulusan Ramadhan taat beribadah dan gemar memakmurkan masjid dengan mendirikan shalat berjamaah.

SELENGKAPNYA