Republika

Terbit sejak 4 Januari 1993, Republika hadir sebagai pelopor pembaruan media massa Indonesia. Harian ini memberi warna baru pada desain, gaya pengutaraan, dan sudut pandang surat kabar negeri. Sebagai koran, kemudian portal berita pertama di Tanah Air, media ini melahirkan keseimbangan baru dalam tata informasi. Republika terbit demi kemaslahatan bangsa, penebar manfaat untuk semesta. 

Sejak delapan bulan terbitnya, Republika sudah menjuarai perwajahan media cetak pertama dari Serikat Grafika Press, dan.... hingga saat ini Repubublika selalu menjuarai perwajahan hingga level Asia.

Republika mempunya media digital yakni, republika.co.id dan republika.id (konten berbayar)

.....

 

Kantor

Phone : 021 7803747 ext 308

E-mail : sekretariat@republika.co.id

Redaksi

Phone : 021 7803747 ext 308

E-mail : sekretariat@republika.co.id

Iklan

Phone

021 7803747 ext 231,232

 

021 79184744

Fax

+6221 7997903

+6221 7981169

E-mail : sekretariat@republika.co.id

 

 

Privacy Policy

Cookies dan teknologi Lainnya

Cookie adalah satu bagian data yang disimpan di komputer pengguna yang berkaitan dengan informasi tentang pengguna tersebut. Kami menggunakan session ID cookie, yang berarti ketika pengguna menutup browser, cookie tersebut dihapus. Cookie juga digunakan untuk manajemen session di website kami. Pengguna harus mengaktifkan cookie untuk menggunakan website kami.

Pengguna juga dapat menggunakan cookie untuk mengingat password mereka agar secara otomatis bisa log in pada situs kami. Kami tidak dan tidak akan menggunakan cookie untuk mengumpulkan informasi pribadi dari pengguna manapun yang tidak dimaksudkan untuk disampaikan pada kami.

IP Addresses

Republika.co.id menyimpan IP (Internet Protocol) address, atau lokasi komputer Anda di Internet, untuk keperluan administrasi sistem dan troubleshooting. Kami menggunakan IP address secara keseluruhan (agregat) untuk mengetahui lokasi-lokasi yang mengakses situs kami.

Log Files

Data log hanya digunakan dalam bentuk agregat (keseluruhan) untuk menganalisa penggunaan web kami.

Analisa Statistik

Republika.co.id dapat melakukan analisa statistik, demografi dan marketing dari para pengguna dan pelanggannya serta kebiasaan serta pola-pola penggunaan yang terjadi untuk pengembangan produk dan menarik pengiklan terhadap kebiasaan pengguna. Kami juga menggunakan informasi ini untuk memungkinkan iklan yang lebih sesuai target pengguna. Republika.co.id juga dapat berbagi informasi pengguna dengan perusahaan-perusahaan di grup Mahaka Media untuk tujuan analisa, termasuk analisa untuk meningkatkan hubungan pelanggan.

Produk dan Layanan Republika.co.id

Secara rutin, kami akan memberikan berbagai informasi dan penawaran produk dan layanan lain Republika.co.id pada pembaca kami. Informasi ini hanya akan kami bagi secara internal. Anda bisa memilih untuk tidak menerima penawaran-penawaran ini.

Iklan Banner

Kami dapat menggunakan informasi demografi dan preferensi untuk memungkinkan pemasangan iklan di situs web kami agar lebih tepat sasaran. Hal ini berarti pengguna dapat melihat iklan yang hanya menarik bagi mereka, dan pengiklan dapat menyampaikan pesan hanya kepada target yang tepat bagi produk mereka. Hal ini meningkatkan pengalaman pengguna dan keefektifan iklan. Kami hanya menyampaikan informasi kepada pihak ketiga dalam format agregat (keseluruhan)

Konten yang Dibuat oleh Pengguna (Forum, Komunitas, Publika )

Kami menawarkan banyak fasilitas bagi pembaca di sejumlah area situs kami. Informasi apapun yang Anda sampaikan dan dipublikasikan di forum bersama dengan nama pengguna (screen name atau ID), adalah di area publik dan dapat digunakan oleh Republika.co.id untuk keperluan promosi di seluruh media online dan offline. Untuk informasi lebih lanjut, silakan melihat Persetujuan Pengguna di masing-masing fasilitas dan layanan kami.

Pernyataan dan Persetujuan Data Pribadi

Data Pribadi adalah informasi mengenai diri Anda yang Kami peroleh melalui penggunaan layanan yang disediakan republika.co.id dan afiliasinya seperti nama, alamat, tanggal lahir, tempat kelahiran, nomor telepon, alamat email, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Anda sebagai pengguna.

Dengan menggunakan layanan Kami, berarti Anda telah membaca, mengerti dan setuju atas Kebijakan Data Pribadi ini beserta seluruh setiap perubahannya yang Kami lakukan setiap periode tertentu dan setuju untuk menggunakan, menerapkan, memproses, dan mengalihkan Data Pribadi Anda sebagaimana dinyatakan dalam Kebijakan Data Pribadi ini.

Anda juga menyatakan bahwa Anda sepakat dan menyetujui untuk membagikan atas seluruh informasi yang telah diberikan kepada Kami dan memberikan kepada Kami kewenangan untuk menghapus, menggunakan dan membagikan Data Pribadi Anda kepada Afiliasi Kami dan/atau pihak ketiga lainnya untuk mendukung Layanan Kami serta kegiatan usaha Kami dan Afiliasi Kami.

Pencabutan Persetujuan dan Penghapusan Data Pribadi

Jika Anda merupakan Pengguna yang terdaftar, Anda dapat meninjau, merevisi, dan memperbaiki Data Pribadi Anda melalui layanan pengaturan profil.

Anda dapat mencabut persetujuan atas pengumpulan, penggunaan, dan keterbukaan Data Pribadi Anda dan/atau mengajukan penghapusan Data Pribadi Anda yang tersimpan dengan menghubungi Kami melalui email it@republika.co.id

Syarat dan Ketentuan

Selamat datang di republika.id. Republika.id (RE.ID) sebagai surat kabar digital di Indonesia. Penggunaan epaper, dan Gerai Republika tunduk pada syarat dan ketentuan penjualan (“Syarat dan Ketentuan Penjualan”). Dengan mendaftarkan diri Anda sebagai pengguna republika.id atau dan Epaper Republika (selanjutnya disebut Pengguna) dan mengakses serta menggunakan Gerai Republika dan layanannya di republika.id (termasuk melakukan Pesanan dan/atau Pembelian), berarti Anda setuju untuk terikat pada Syarat dan Ketentuan Penjualan ini termasuk setiap perubahan atas Syarat dan Ketentuan Penjualan yang akan tersedia di dalam halaman ini. Syarat dan Ketentuan Penjualan ini akan mengikat Anda selama Anda mengakses, menggunakan fitur dan layanan di republika.id serta melakukan Pesanan dan/atau Pembelian di Gerai Republika. Anda wajib membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan Penjualan ini (termasuk perubahannya).

 

1. TENTANG REPUBLIKA
1.1.REPUBLIKA adalah surat kabar di Indonesia yang berkantor pusat di Jl Warung Buncit Raya 37, Jakarta Selatan, dan diterbitkan oleh PT REPUBLIKA MEDIA MANDIRI.
1.2. REPUBLIKA.id adalah sebuah laman berita daring yang merupakan pengembangan dari surat kabar REPUBLIKA dan dimiliki oleh PT REPUBLIKA MEDIA MANDIRI yang digunakan untuk menyajikan berita berupa teks, foto, audio, dan video dan dipadukan di dalamnya ada fitur Gerai Republika sebagai belanja daring.
1.5.Gerai Republika adalah sub aplikasi republika.id yang menyediakan penjualan langganan konten dan produk REPUBLIKA secara daring.

 

2. DEFINISI
2.1. Pengguna adalah setiap orang yang memasuki atau menggunakan situs republika.id

2.2. Pembeli adalah orang dan/atau badan hukum (usaha) yang membeli barang atau jasa di republika.id

2.3. Produk adalah barang atau jasa yang diperjualbelikan di republika.id.

2.3.1. Produk kategori media adalah produk yang termasuk dalam jenis media massa baik berupa cetak, replika surat kabar/epaper maupun digital.

2.3.2. Produk kategori non-media adalah produk selain media massa, bisa berupa produk fisik maupun digital.

2.4. Informasi Penjualan adalah seluruh bentuk informasi yang menerangkan spesifikasi suatu produk tertentu di republika.id.

2.5. Klaim adalah tuntutan yang disampaikan oleh Pembeli dikarenakan produk yang sudah dibeli diterima dalam kondisi, kualitas dan kuantitas yang berbeda dari Informasi Penjualan.2.6. Retur adalah proses pengembalian produk akibat klaim yang dilakukan salah satu pihak terhadap pihak lainnya.

2.7. Pengelolaan republika.id meliputi aktivitas yang tidak terbatas pada langganan konten, penjualan produk, pemeliharaan situs/aplikasi, layanan pembeli, fungsi distribusi, penagihan, pemasaran dan promosi.
2.8. Payment gateway adalah layanan dalam industri e-dagang yang digunakan REPUBLIKA untuk otorisasi pembayaran dengan kartu kredit, transfer dana dan/atau berbagai metode pembayaran langsung lainnya

 

3. PERSYARATAN
Untuk melakukan transaksi di republika.id Pembeli harus mengakses republika.id, baik sebagai pelanggan surat kabar/koran Republika yang mengaktes epaper atau aasuk enggunakan akun google kemudian mendaftar.

 

4. LARANGAN
Pengguna dilarang untuk :
4.1. Menciptakan dan/atau menggunakan perangkat lunak/keras, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem republika.id yang berujung pada rusaknya sistem republika.id, pengambilan informasi dari Pengguna lain, dan akibat atau penyalahgunaan lain yang secara wajar dapat dinilai merugikan republika.id dan Penggunanya.
4.2. Menyebarkan informasi dan konten yang mengandung unsur pelecehan/ pornografi/ pornoaksi/ diskriminasi dan melanggar norma hukum, sosial, SARA, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
4.3. Mengubah, memperbanyak, mengalihwujudkan, memindahtangankan, memperjualbelikan produk republika.id tanpa persetujuan dari REPUBLIKA.

 

5. KERAHASIAAN
5.1. REPUBLIKA bertanggungjawab atas pengumpulan data dan informasi Pengguna dan perlindungannya setiap waktu. Kebijakan ini berlaku bagi seluruh Pengguna republika.id, tanpa kecuali.
5.2. Penggunaan fitur login dengan email, username dan password, Facebook Login, Google login, Epaper dan secure socket layer (SSL) merupakan upaya REPUBLIKA dalam melindungi privasi Pengguna.
5.3. REPUBLIKA berhak menggunakan data dan informasi Pengguna situs demi meningkatkan mutu dan pelayanan di republika.id serta keperluan promosi dari REPUBLIKA.
5.4. REPUBLIKA tidak bertanggungjawab terhadap berpindahnya data dan informasi Pengguna ke pihak lain, akibat pertukaran data yang dilakukan sendiri di antara Pengguna atau akibat dari pihak ketiga yang melakukan aktivitas pengambilan data tanpa ijin melalui praktek-praktek ilegal.

 

6. PENGUMPULAN INFORMASI
6.1. REPUBLIKA tidak mengalihkan dan/atau menyerahkan data dan informasi Pembeli yang dikumpulkan secara daring kepada pihak ketiga, kecuali sebagaimana diatur dalam poin 6.4, 6.5 dan 6.8.
6.2. Data dan Informasi Pembeli, akan membantu REPUBLIKA dalam menyediakan informasi produk baru yang diminati atau dibutuhkan kembali oleh Pembeli tersebut.
6.3. Dengan bantuan layanan pihak ketiga, REPUBLIKA merekam aktifitas Pengguna berdasarkan email (surel) untuk kebutuhan perbaikan dan pengembangan layanan Pembeli.
6.4. REPUBLIKA dapat memberikan nama, alamat, dan nomor telepon Pembeli kepada layanan pihak ketiga (jasa kurir) untuk tujuan pengiriman produk kepada Pembeli.
6.5. REPUBLIKA menggunakan data dan informasi Pembeli untuk proses, konfirmasi, pemenuhan dan kelengkapan transaksi dan dari permintaan produk yang dibutuhkan Pembeli, termasuk pemberian email (surel) Pembeli kepada pihak ketiga penyedia jasa pembayaran (payment gateway) untuk kepentingan proses transaksi.
6.6. Harga dan ketersediaan Produk dapat berubah setiap saat. Setiap ada perubahan harga dan ketersediaan Produk tersebut, REPUBLIKA akan menggunakan informasi dari Pembeli saat Pembeli melakukan transaksi daring, kemudian Layanan Pembeli REPUBLIKA akan menginformasikan kepada Pembeli mengenai perubahan tersebut.
6.7. Data dan Informasi Pembeli digunakan untuk keamanan, data statistik, analisa pemasaran, manajemen sistem informasi, penagihan pembayaran, pemeliharaan dan pengembangan data, survei, membantu REPUBLIKA dalam meningkatkan layanan kepada Pembeli, melalui identifikasi permintaan dan kebutuhan Pembeli
6.8. Karena perintah peraturan perundang-undang dan/atau keputusan pengadilan, REPUBLIKA dapat memberikan data dan informasi tentang Pembeli kepada pemerintah atau pihak ketiga atau badan resmi lainnya yang terkait. Lebih lanjut, REPUBLIKA juga akan menggunakan atau memberikan data dan informasi Pembeli sebagaimana diizinkan sesuai hukum melindungi hak atau milik republika.id, pembeli REPUBLIKA atau para penggunanya.

 

7. PAJAK
Harga Produk yang tertera pada republika.id sudah termasuk pajak pertambahan nilai 10 persen (PPN 10%)

 

8. PENJUALAN
8.1. Untuk melakukan pembelian, Pengguna wajib mendaftarkan akun di republika.id dan mengisi data diri yang diminta, atau Anda sudah termasuk pelanggan empapar yang tidak diperlukan untuk mendaftar kembali di republika.id.


8.2. Pengguna bertanggungjawab menjaga kerahasiaan data akun dan kata sandi milik Pengguna.
8.3. REPUBLIKA tidak akan meminta kata sandi Pengguna untuk alasan apapun, sehingga REPUBLIKA menghimbau Pengguna untuk tidak memberikan kata sandi akun kepada pihak manapun yang mengaku sebagai pihak REPUBLIKA.
8.4. Dalam keadaan normal, jumlah ketersediaan Produk yang tertera di republika.id menggambarkan ketersedian Produk atau konten yang dijual saat ini.
8.5. Saat melakukan pembelian Produk, Pembeli setuju bahwa Pembeli telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh informasi/deskripsi yang tertera sebelum melakukan pembelian Produk.
8.6. Saat melakukan pembelian Produk, Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Produk sebagaimana terlihat di republika.id tergantung pada layar komputer/gawai Pembeli. REPUBLIKA berusaha semaksimal mungkin menampilkan warna foto Produk sesuai tampilan aslinya, namun tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada republika.id akan akurat.
8.7. Semua Produk yang dipesan akan masuk ke troli khusus pada Gerai Republika terlebih dahulu, pembayaran akan mulai dilakukan ketika Pengguna menekan tombol check out di troli dan melengkapi data diri di laman pembayaran.
8.8. Harga yang tertera belum termasuk biaya kirim ke alamat Pembeli (Produk Gerai Republika). Biaya kirim akan ditambahkan setelah Pembeli memasukkan data diri di halaman pembelian setelah menekan tombol Checkout.
8.9. Produk yang sudah dipesan dan dibayar tidak dapat dibatalkan, sehingga pembeli diharapkan dapat memeriksa dengan seksama sebelum melakukan pembayaran.

 

9. PEMBAYARAN
9.1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur pembayaran yang disediakan di republika.id.
9.2. Saat melakukan pemesanan langganan produk Media, Pembeli setuju bahwa biaya langganan dibayarkan di muka secara penuh.
9.3. Bila Pembeli melakukan transfer dari bank yang berbeda, umumnya terdapat selisih waktu sebelum dana Pembeli aktif di rekening tujuan.
9.4. Pembayaran Produk dapat dilakukan melalui transfer bank maupun Payment Gateway. REPUBLIKA menggunakan rekanan Payment Gateway DOKU.
9.5. Pilihan layanan pembayaran pada Payment Gateway Doku bervariasi tergantung perjanjian kerjasama REPUBLIKA dengan Doku.
9.6. Untuk pembayaran menggunakan Kartu Kredit Visa, Mastercard dan American Express dilakukan melalui Payment Gateway Doku.

9.7. Auto renewal adalah mekanisme perpanjangan hak akses yang ditagihkan secara otomatis ke kartu kredit saat masa berlangganan berakhir.

 

10. PENGIRIMAN
10.1. Hanya pesanan / pembelian Produk yang telah dibayar yang akan diproses untuk pengiriman.
10.2. Dalam melakukan pengiriman Produk ke Pembeli, REPUBLIKA bekerjasama dengan pihak ketiga.
10.3. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman produk.
10.4. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Produk oleh penyedia jasa layanan pengiriman adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
10.5. Pembeli memahami bahwa ada beberapa daerah yang tidak dapat terjangkau oleh pihak jasa layanan pengiriman. Oleh karena itu Pembeli dipersilahkan menghubungi REPUBLIKA untuk menindaklanjuti kondisi ini.
10.6. REPUBLIKA akan memberitahu Pembeli jika penyedia jasa layanan pengiriman Produk  tidak mampu untuk menjangkau alamat pengiriman.
10.7. Secara berkala, REPUBLIKA akan melakukan proses pengiriman Produk pada hari kerja (Senin – Jumat) dan jam operasional 08:00 WIB – 15:00 WIB.

11. RETUR
11.1. Pembeli dapat mengirimkan Produk yang ingin diretur ke :
Gedung GEDUNG REPUBLIKA Jalan Warung Buncit Raya 37
11.2. Bila karena kondisi tertentu barang pengganti atas retur tidak tersedia, REPUBLIKA akan membantu mencarikan alternatif Produk pengganti atau mengembalikan uang senilai dengan yang telah dibayarkan.

 

12. PENGEMBALIAN DANA
Pengembalian dana dari REPUBLIKA kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
12.1. Kelebihan pembayaran dari pembeli atas harga Produk
12.2. Tidak tersedianya Produk untuk klaim retur
12.3. Daerah pengiriman Produk kategori Media (Buku) tidak terjangkau oleh penyedia jasa pengiriman

 

13. LAYANAN PEMBELI
Untuk memberikan layanan yang optimal, pihak REPUBLIKA dapat dihubungi pada alamat, nomor telepon dan email berikut ini pada jam operasional (kerja) 08:00 WIB – 17:00 WIB.
Gedung GEDUNG REPUBLIKA Jalan Warung Buncit Raya 37
Telepon : +6221 791 98442
Email : gerai@rol.republika.co.id
WhatsApp : +6287 8 2302 6338 Bpk. Sigit

 

14. BERLANGGANAN REPUBLIKA.ID (GOLD DAN PLATINUM)


15.1. Dengan mendaftarkan akun dan berlangganan di Epaper, maka secara otomatis pengguna juga dapat mengakses konten di republika.id, kanal sesuai pilihan pembaca yang diikuti, produk baru di Gerai Republika, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan republika.id.

15.2.Pembaca dapat berlangganan sesuai pilihan paket GOLD dan PLATINUM di republika.id

15.3.Pelanggan GOLD adalah pelanggan yang bisa mengakses semua kanal di republika.id, kecuali kanal mingguan (Islam Digest, Dialog Jumat, Madeena)

15.4.Pelanggan Platinum adalah pelanggan yang bisa mengakses semua kanal di republika.id, dan mendapat tambahan download replika koran cetak berformat *.pdf
15.5. REPUBLIKA hanya menggunakan alamat email Pengguna untuk keperluan pengelolaan republika.id dan pengiriman informasi dari REPUBLIKA. REPUBLIKA tidak akan membagi, menjual, menyewakan, menukar atau memberikan alamat email kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan Pengguna. Pengguna dapat memilih untuk berhenti berlangganan kapan saja.

 

16. PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Setiap perbedaan pendapat dan atau perselisihan yang timbul, diusahakan untuk diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.

 

17. PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN
REPUBLIKA berhak melakukan kebijaksanaan untuk memodifikasi, mengubah, menambah, atau mengganti salah satu dari Syarat dan Ketentuan Penjualan setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Silahkan periksa halaman ini secara berkala untuk perubahan.

LAYANAN PELANGGAN

Gedung GEDUNG REPUBLIKA Jalan Warung Buncit Raya 37
Telepon : +6221 791 98442
Email : gerai@rol.republika.co.id
WhatsApp : +6287 8 2302 6338 Bpk. Sigit

Tim Republika dan Manajemen

Pemimpin Redaksi / Penanggung Jawab Redaksi :

Irfan Junaidi

 

Wakil Pemimpin Redaksi:

Nur Hasan Murtiaji

 

Redaktur Pelaksana Koran:

Subroto

 

Redaktur Pelaksana Online:

Elba Damhuri

 

Redaktur Senior:

Agung P Vazza

 

Wakil Redaktur Pelaksana:

Firkah Fansuri, Heri Ruslan, Kumara Dewatasari, joko Sadewo

 

Asisten Redaktur Pelaksana:

Priyantono Oemar, Stevy Maradona, Ferry Kisihandi, Mansyur Faqih, Didi Purwadi, Muhammad Subarkah, Budi Raharjo, Edwin Dwi Putranto

 

Sekretaris Redaksi:

Hamidah Sagaf

 

Perwakilan Jawa Barat:

Rachmat Santosa Basarah (Kepala Perwakilan), Irfan Fitra Pribadi (kepala Redaksi)

 

Perwakilan DIY - Jateng & Jatim:

Haryadi B Susanto (Kepala Perwakilan), Yusuf Assidiq (Kepala Redaksi)

 

Wartawan Senior:

Harun Husein, Nurul S Hamami, Selamat Ginting, Siwi Tri Puji Budiwiyati, Rakhmat Hadi Sucipto.

 

Kepala Desain:

Sarjono

 

Kepala Infografis:

Muhammad Ali Imran

 

Kepala Penyunting Bahasa:

Ririn Liechtiana

 

Kepala Digital:

Desi Purwo Wijianto

 

Staf Redaksi: 

Syahruddin El-Fikri, Andi Nur Aminah, Andri Saubani, Agus Yulianto, Dewi Mardiani, Endro Yuwanto, Fitrian Zamzami, Indira Rezkisari, Irwan Kelana, Israr, Khoirul Azwar, Nashih Nashrullah, Natalia Endah Hapsari, Nidia Zuraya, Ratna Puspita, Reiny Dwinanda, R Hiru Muhammad, Teguh Firmansyah, Wachidah Handasah, Yeyen Rostiyani, Yogi Ardhi Cahyadi, Abdullah Sammy, Agus Raharjo, Amri Amrullah, Ani Nursalikah, A Syalaby Ichsan, Bilal Ramadhan, Bowo Pribadi, Citra Listya Rini, Darmawan, Desy Susilawati, Djoko Suceno, Dwi Murdaningsih, Eko Widiyatno, Erdy Nasrul, Erik Purnama Putra, Esthi Maharani, Fernan Rahadi, Friska Yolanda, Ichsan Emrald Alamsyah, Lilis Sri Handayani, Arie Lukihardianti, Ita Nina Winarsih, Mohammad Akbar, Muhammad Fakhruddin, M Hafil, Nur Aini, Qommarria, Rostanti, Rusdy Nurdiansyah, Satya Festiani, Setyanavidita Livicansera, Tahta Aidilla, Wihdan Hidayat, Prayogi, Bambang Noroyono, Gita Amanda Jatnikawati, Satria Kartika Yudha, Rizky Jaramaya, Gilang Akbar Prambadi, Rr Laeny Sulistyawati, Nora Azizah, Lida Puspaningtyas, Dessy Suciati Saputri, Ratna Ajeng Tejomukti, Reja Irfa, Widodo, Fuji Pratiwi, Mas Alamil Huda, Sadly Rahman, Agus Sasongko, Yudha Manggala Priana Putra, M Amin Madani, Fian Furatmaja, Karta Raharja Ucu, Puti Almas, Rahmat Fajar, Fauziah Mursid, Ali Mansur, Melisa Riska Putri, umi nur fadhilah, M Fauzi Ridwan, Ahmad Fikri Noor, Eric Iskandarsyah, kiki Sakinah, Lintar Satria Zulfikar, Eko supriyadi, M Nursyamsi, Sapto Andika Candra, Binti Sholikah, Christianingsih, Iit Septyaningsih, Dadang Kurnia, Adysha Citra R, Andrian Saputra, Dian Fath Risalah, Febrian, Fuji Eka Permana, Hasanul Rizqa, Intan Pratiwi, Retno Wulandhari, Rossi Handayani, Umar Mukhtar, Wilda Fizriyani, Anggoro Pramudya, Mabruroh, Noer Prasetiyo, Frederikus Dominggus Bata, Wahyu Suryana, Rizkyan Adhiyuda, Kamran Dikarma, Dian Erika Nugraheny, Zuli Istiqomah, Dwina Agustin, Mabruroh, Noer Qomariah Kusumawardhani, Rahayu Subekti, Rizky Suryarandika, Shelbi Asrianti, Idealisa Masyrafina, Muhyiddin, Ilham Tirta, Riga Nurul Iman, Edi Yusuf, Arif Satrio Nugroho, Febrianto Adi Saputro, Ronggo Astungkoro, Dea Alvi Soraya, Gumanti, Awaliyah, Rahma Sulistya, Novita Intan, Fitrianto, Fakhtar Khoiron Lubis, Adinda Pryanka, Farah Nabila Noersativa, Fergi Nadira, Hartifiany Praisra, Inas Widyanuratikah, Silvy Dian Setiawan, Zahrotul Oktaviani

 

Redaktur republika.id:

Fitrian Zamzami, Erdi Nasrul

 

Tim Sosmed:

Fanny Damayanti, Asti Yulia Sundari, Dian Alfiah, Ammar Said

 

Tim IT dan Kreatif :

Mohamad Afif, D. Purwo Wijianto, Abdul Gadir, Baskoro, Mariz, Adi

 

Tim Support:

Riky Romadon,Firmansyah,Abidin,Nurudin Toto Rahedi, Haryadi

 

PT Republika Media Mandiri

Komisaris Utama : R.Harry Zulnardy

Direktur Utama  : Mira Rahardjo Djarot

Direktur Operasional : Arys Hilman Nugraha

Direktur Konten : Irfan Junaidi

Manager Senior Keuangan,SDM,Umum : Ruwito Brotowidjoyo

Manager Iklan dan Pengembangan Daerah : Indra Wisnu Wardhana

Manager Promosi dan Event  : HR Kurniawan

Manager Produksi : Nurrokhim

Manager TI : Mohamad Afif

Pedoman Siber

Pedoman Pemberitaan Media Siber

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup

a.Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

b.Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita

a.Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
b.Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
c.Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

1).Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
2).Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
3).Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
4).Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

d.Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

a.Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

b.Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

c.Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:


1). Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
2). Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
3). Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
e. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
g. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
h. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
b.Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
c.Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
d.Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:


1)Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
2).Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
3).Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.


e.Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita
a.Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
b.Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
c.Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

a.Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
b.Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ”advertorial”, ”iklan”, ”ads”, ”sponsored”, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta
Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman
Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.
9. Sengketa
Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.


 Jakarta, 3 Februari 2012
(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

×