Kebersihan di kamar hotel (ilustrasi) | Unsplash/Point3d Commercial imaging

Gaya Hidup

Menginap di Hotel tak Selalu Senyaman yang Dipikirkan

Pengurus hotel hanya memiliki jendela kecil untuk membersihkan antara 10 hingga 30 kamar.

Menginap di hotel biasanya menjadi seperti simbol relaksasi yang menyenangkan. Kita juga dapat memanggil staf untuk membawakan Anda makanan, merapikan tempat tidur, mengambil handuk bersih, atau apa pun yang Anda inginkan.

Namun, kenyataannya semua kenyamanan ini membutakan kita dari tindakan-tindakan yang dirahasiakan oleh karyawan hotel, seperti dilansir Best Life, Senin (13/11/2023).

 

1. Mereka membersihkan kamar Anda dengan cepat

Check-out standar biasanya sekitar pukul 11.00, sedangkan check-in biasanya dilakukan pada sore hari. Artinya, pengurus rumah tangga hotel memiliki jendela kecil untuk membersihkan antara 10 hingga 30 kamar.

Menurut Travel.com, mereka hanya punya waktu 15 menit untuk membersihkan setiap kamar, sebuah proses yang memerlukan penggantian handuk dan seprai, mengganti gelas dan cangkir kopi, memeriksa dan mengisi kembali minibar, dan membuang sampah. Mengingat keterbatasan waktu, kecil kemungkinan ruangan Anda yang tampak asli akan terlihat bagus di bawah cahaya hitam.

2. Mereka hampir tidak mencuci seprai

Sangat mungkin seprai hotel hanya diganti empat kali dalam setahun. Atau setidaknya itulah yang dikatakan Reneta McCarthy, mantan manajer rumah tangga di sebuah jaringan hotel besar Amerika. 

Dan Anda bahkan tidak aman dengan selimut yang penutupnya bisa dilepas. McCarthy menambahkan, jika ada sprei di antara selimut dan tempat tidur, sarungnya mungkin tidak dicuci di antara masa tamu. Pilihan terbaikmu? Lepaskan dari tempat tidur sebelum Anda masuk ke dalamnya.

photo
Kebersihan kamar hotel (ilustrasi) - (Unsplash/Steven Ungerman )

3. Peringkat bintang mereka mungkin tidak sepenuhnya akurat

Peringkat bintang tradisional didasarkan pada jumlah fasilitas yang dimiliki hotel, ukuran kamar, jumlah stopkontak yang dimiliki, dan seterusnya. Yang tidak mereka liput adalah orang-orang yang bekerja di sana.

Akibatnya, peringkat bintang dari tamu di aplikasi menjadi lebih penting dibandingkan sistem peringkat bintang resmi. Jika hotel menawarkan peringkat bintang empat tetapi tamu memberi peringkat satu bintang, pertimbangkan untuk mencari penginapan di tempat lain.

4. Pengurus rumah tangga kadang-kadang mengeklaim barang yang hilang dan ditemukan

Secara umum, merupakan kebijakan normal bahwa pelayan hotel harus melaporkan barang apa pun yang mereka temukan tertinggal di kamar setelah tamu check-out. Jika barang-barang tersebut tidak diambil dalam jangka waktu tertentu, beberapa pekan, bukan berjam-jam, beberapa hotel memperbolehkan pelayan untuk menyimpan barang-barang yang mereka temukan.

“Mereka seharusnya kembali ke orang yang menemukannya dan apa pun yang tidak mereka inginkan akan disumbangkan untuk amal, tapi biasanya pengawas akan memeriksa dan mengambil barang bagus terlebih dahulu,” kata pengguna Reddit, Booboo_the_bear, seorang pembantu yang pernah bekerja di beberapa hotel bintang lima. 

Pembantu lain juga mengatakan bahwa staf rumah tangga sering berebut kamar atau suite yang lebih mahal karena barang-barang yang tertinggal biasanya lebih baik untuk diambil.

 

photo
Suasana di kamar hotel (ilustrasi) - (Unsplash/Linus Mimietz)

5. Telah terjadi kematian di lokasi tersebut

Orang meninggal di kamar hotel jauh lebih sering daripada yang Anda kira, baik karena sebab alami atau lainnya. Biasanya, para staf hotel diinstruksikan untuk tetap menjaga informasi ini demi mencegah publisitas buruk dan "pariwisata gelap" dari mereka yang mungkin ingin menginap di hotel, atau bahkan kamar, tempat seorang selebritas meninggal. “Hotel berusaha keras untuk tidak merilis nomor kamar, terutama dalam kasus kematian seorang selebriti,” lapor Huffington Post. 

"Hal ini mencegah turis gelap yang ingin tinggal tepat di tempat pahlawan mereka meninggal. Nomor kamar akhirnya diketahui publik berkat rekaman 911 atau surat pengadilan, tapi Anda tidak akan pernah mendengar pengusaha hotel mendiskusikan kamar tertentu dan topik semacam itu ."

 

6. Mereka tidak keberatan dengan keluhan yang baik.

Meskipun meja depan adalah titik kontak Anda ketika terjadi masalah, sebagian besar masalah tidak disebabkan oleh staf yang menanganinya. Uraikan masalah Anda kepada siapa pun yang Anda hubungi melalui telepon, kemudian tanyakan dengan siapa Anda harus berbicara untuk menyelesaikannya.

"Haruskah saya berbicara dengan manajer mengenai hal ini?" atau "Haruskah saya berbicara dengan petugas kebersihan mengenai hal ini?" Sering kali, meja depan dapat menyelesaikan masalahnya sendiri atau bertindak sebagai wakil Anda dengan orang atau orang-orang yang dapat memperbaikinya.

Benda Terkotor di Kamar Hotel

photo
Kamar hotel (ilustrasi) - (Unsplash/Gabriel Alenius)


Banyak orang mungkin berpikir bahwa benda paling kotor di dalam kamar hotel adalah toilet. Padahal, ada benda-benda umum lain di dalam kamar hotel yang lebih kotor dan bahkan jarang dibersihkan.


Toilet sering kali dianggap sebagai area yang kotor karena berfungsi sebagai tempat untuk buang air besar dan kecil. Meski dianggap kotor, toilet di kamar hotel sebenarnya merupakan area yang sering dibersihkan secara rutin.


Menurut pekerja hotel bernama Evangeline, ada beberapa bagian dan benda di hotel yang relatif lebih kotor karena sangat jarang dibersihkan. Satu di antaranya adalah remote televisi. Evangeline mengungkapkan, remote televisi merupakan benda yang pasti dipegang oleh semua penyewa kamar. Akan tetapi, benda tersebut jarang dibersihkan.


"Saya tidak akan menggunakan remote control tanpa melapnya terlebih dahulu dengan tisu basah disinfektan," ujar Evangeline dalam sebuah video TikTok yang dia unggah, seperti dilansir The Sun pada Senin (13/11/23).


Benda lain di kamar hotel yang menurut Evangeline kotor adalah gelas. Menurut Evangeline, gelas kaca yang disediakan di kamar hotel sering kali tidak dibersihkan secara menyeluruh. "Saya tidak akan pernah menggunakan gelas-gelas itu tanpa mencucinya sendiri terlebih dulu," kata Evangeline menambahkan.


Dari beragam benda yang ada di kamar hotel, Evangeline mengungkapkan bahwa bedspread atau selimut tebal di kasur merupakan benda yang paling kotor. Menurut Evangeline, bedspread di kamar hotel terkadang bisa dipasang selama satu tahun tanpa dicuci.

Oleh karena itu, dia selalu melepas bedspread dari kasur setiap kali menginap di hotel. "Saya tidak akan pernah bisa merasa nyaman untuk berbaring dengan bedspread, atau duduk di bedspread," lanjut Evangeline.


Pakar hotel, Jacob Tomsky, menambahkan bahwa ada satu benda lain yang dia anggap paling kotor di kamar hotel. Benda tersebut adalah karpet. Meski terlihat bersih, Tomsky tak menganjurkan orang-orang untuk berjalan di atas karpet kamar hotel tanpa alas kaki.


Menurut Tomsky, karpet di kamar hotel memang divakum secara rutin. Akan tetapi, karpet tersebut hampir tidak pernah dicuci atau dibersihkan secara mendalam. Bukan tidak mungkin bila ada fragmen atau pecahan kaca yang terperangkap di dalam karpet tersebut.


Penyewa kamar hotel juga biasa memanfaatkan sandal atau slipper yang disediakan oleh pihak hotel selama berada di dalam kamar. Dia juga menyarankan agar sandal yang sudah dipakai tidak dibawa pulang karena sendal tersebut sudah kotor dan tidak dirancang untuk pemakaian lebih dari sekali. 

 

 
Gelas kaca yang disediakan di kamar hotel sering kali tidak dibersihkan secara menyeluruh.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Carbon Passport, Siap Merevolusi Bagaimana Kita Liburan pada Masa Depan

Gagasan paspor karbon berfokus pada jatah karbon tahunan yang harus dipatuhi oleh semua wisatawan.

SELENGKAPNYA

Panduan Nyaman Liburan Bersama Keluarga Besar

Untuk mencapai liburan keluarga yang memuaskan semua pihak, perbedaan itu perlu disadari.

SELENGKAPNYA

Melirik Keindahan Flores untuk Liburan Mendatang

Diharapkan, lebih banyak lagi penggemar sea kayak di seluruh dunia yang melihat Flores sebagai lokasi yang harus mereka jelajahi.

SELENGKAPNYA