
Safari
Tren Wisata Spontan Jadi Warna Utama 2023
Bali, Bandung, dan Yogyakarta masih jadi primadona.
Tahun 2022 yang baru saja berlalu menjadi tahun bangkitnya kembali industri pariwisata dan perhotelan di Indonesia. Hal tersebut juga tecermin dalam laporan tren perjalanan tahunan yang dirilis OYO bertajuk “OYO Travelopedia Indonesia 2022”.
Laporan tahun ini mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan permintaan hingga 82 ribu kamar pada malam tahun baru. Jumlah ini lebih tinggi 58 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Bali terpilih sebagai tujuan utama untuk perayaan tahun baru diikuti oleh Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Semarang. Laporan OYO Travelopedia Indonesia 2022 turut mengulik tren wisata masyarakat, salah satunya perjalanan spontan menjadi tren utama yang mempercepat pemulihan industri pariwisata dan perhotelan di Indonesia pada masa pascapandemi.
Tercatat, lebih dari 2,4 juta pemesanan dilakukan satu hari sebelum perjalanan atau pada hari perjalanan dengan peningkatan sejumlah 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya. OYO juga telah memiliki lebih dari 2.400 properti di lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia.
Berkat jaringan yang kuat dan tersebar, OYO mampu menyediakan akomodasi penginapan yang terjangkau, sesuai preferensi masyarakat, bahkan lokasi yang strategis.

Hal ini yang mendorong tren perjalanan spontan menjadi pilihan para pelancong dengan keunggulan memberikan ketenangan dari pembatalan pada menit-menit terakhir jika rencana perjalanan berubah.
Selain itu, perjalanan bisnis turut mengalami peningkatan di Indonesia sejak pelonggaran kebijakan pembatasan perjalanan diberlakukan pada Mei 2022, permintaan akomodasi oleh tamu korporasi atau skala besar tumbuh sebesar 274 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Pertumbuhan ini didukung oleh usaha kecil dan menengah yang mulai memilih interaksi secara langsung dibandingkan pertemuan virtual. Data pemesanan OYO Indonesia menunjukkan bahwa terdapat lima kota yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan bisnis, yaitu Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bekasi, dan Medan.
Dalam satu tahun terakhir OYO fokus terhadap skala penginapan mid-premium, seperti Townhouse Oak, Townhouse, Collection O, Capital O, dan Flagship yang dapat memberikan ragam pilihan properti penginapan berkualitas untuk mengakomodasi permintaan perjalanan bisnis.
View this post on Instagram
Global CBO & CEO, Southeast Asia and Middle East OYO Ankit Tandon, menjelaskan, hasil temuan OYO Travelopedia 2022 membuktikan terjadinya kebangkitan industri pariwisata di Indonesia.
“Kami sebagai travel-tech company berada di posisi yang tepat untuk mendorong hasil yang lebih berdampak positif dengan tiga strategi utama, yaitu memaksimalkan potensi pasar lokal, memperkuat teknologi untuk mengakomodasi permintaan pasar, serta kolaborasi yang kuat dengan mitra bisnis penginapan, pemerintah, dan korporasi,” ujarnya.
OYO, dia melanjutkan, juga terus berperan aktif untuk membantu mitra bisnis agar dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan integrasi teknologi yang imersif ke dalam operasional bisnis, memperluas pemasaran properti mitra dengan online travel agent (OTA), hingga standardisasi layanan penginapan mitra.
Hasil temuan OYO Travelopedia 2022 membuktikan terjadinya kebangkitan industri pariwisata di Indonesia.
Bagaimana TikTok Memengaruhi Otak Anak
Selama frase perkembangan, Otak punya jumlah plastisitas tertinggi.
SELENGKAPNYAMenggugat Algoritme Adiksi TikTok
TikTok memiliki versi yang berbeda, antara versi platform di dalam negeri dan pasar global.
SELENGKAPNYAShin Tae-yong, Hwaiting!
Laga melawan Vietnam menjadi salah satu ajang pembuktian Shin.
SELENGKAPNYA