Pemanfaatan Iot untuk Smart Home | Freepik

Inovasi

Mewujudkan Smart City Melalui Kolaborasi

Sekitar 50 persen hunian di Kawasan Kota Harapan Indah telah menerapkan sistem smart home.

Smart city menawarkan konektivitas antarmanusia dan antarbenda berkat jaringan internet yang menyeluruh. Terwujudnya suatu wilayah yang berkonsep pintar, tentu memerlukan kolaborasi antara pengembang suatu wilayah tertentu dan penyedia jasa layanan internet.

Kolaborasi itu pun dilakukan Damai Putra Group selaku pengelola Kawasan Kota Harapan Indah Bekasi yang bekerja sama dengan Jala Lintas Media Group (JLM). CEO JLM, Victor Irianto mengatakan, sebagai penyedia layanan internet resmi, maka JLM akan menyediakan jaringan fiber optic di seluruh kawasan Kota Harapan Indah.

Menurutnya, dengan kerja sama ini, penghuni di Kota Harapan Indah Bekasi akan bisa menggunakan jaringan internet dari JLM. “Namun, masyarakat juga bisa menggunakan provider lain hanya saja jaringan fiber optic yang digunakan merupakan jaringan yang dibangun oleh JLM," kata Victor dalam penandatanganan perjanjian kerja sama antara JLM dan Damai Putra Group yang digelar di Jakarta. pekan lalu.

Untuk kawasan Kota Harapan Indah, JLM akan menghadirkan layanan baik untuk segmen pengguna individu maupun bisnis. Termasuk segmen Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM).

Menurutnya, beragam layanan yang dihadirkan adalah Bnetfit, Netvolve dan Mahavira System Integra (MSI). Bnetfit sendiri merupakan layanan internet rumah berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau. Sedangkan Netvolve merupakan solusi teknologi informasi dan komunikasi untuk segmen bisnis, UMKM dan kawasan industri. Sementara, MSI adalah solusi dan layanan yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi yang dibutuhkan dalam percepatan digitalisasi 4.0 di Indonesia.

Salah satu fokus MSI adalah untuk menghadirkan solusi IT dan Network termasuk Smart Home Solution. "Smart Home Solution dari MSI memberikan solusi yang bertujuan membuat sistem pengaturan rumah menjadi lebih aman, nyaman dan lebih efisien. Semua dapat dikerjakan dengan kontrol otomatis dari jarak jauh dengan menggunakan koneksi internet," jelas Victor.

Dukung Kegiatan Warga

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOTA HARAPAN INDAH (@kota_harapanindah)

Saat ini, MSI sendiri telah memiliki berbagai perangkat internet of things (IoT) dengan variasi produk, mulai dari CCTV, akses point, pintu akses otomatis, lampu, saklar, dan semua yang terkait dengan kemudahan dan keamanan ketika berada di dalam rumah atau di luar rumah.

“Kota Harapan Indah adalah salah satu kawasan dengan pertumbuhan yang sangat pesat di wilayah Bekasi, yang tentunya perlu didukung oleh layanan dan infrastruktur teknologi terbaik. Kami akan berupaya menghadirkan solusi dan layanan teknologi informasi demi mendukung kegiatan digital seluruh warga,” lanjutnya.

Victor menjelaskan, kerja sama ini sendiri dilakukan dengan periode 10 tahun. Lewat kerja sama ini, maka seluruh penghuni bisa menikmati beragam manfaat konektivitas dengan kecepatan tinggi dan stabil.

Di satu sisi, ia juga menyoroti, kehadiran JLM sebagai penyedia layanan internet resmi juga akan mampu meningkatkan kenyamanan lalu lintas di wilayah tersebut. Mengingat, seluruh penyedia layanan internet yang akan menyediakan konektivitas di wilayah itu, tak perlu lagi melakukan penanaman fiber optic.

"Provider lain cukup menggunakan jaringan fiber optik JLM yang telah terpasang. Artinya, hal ini bisa meminimalisir penggalian di suatu wilayah yang berpotensi mengganggu arus lalu lintas," ujarnya.

GM Corporate Marketing & Product Communication Damai Putra Group, Monique Hardjoko mengatakan, Damai Putra Group menyambut baik kerjasama ini mengingat selain menghadirkan infrastruktur, properti dan fasilitas terbaik bagi masyarakat. Menurutnya, Damai Putra Group juga berkomitmen menghadirkan infrastruktur teknologi terbaik bagi seluruh warga, termasuk layanan internet dan layanan pendukung aktivitas digital lainnya.

"Ini adalah salah satu wujud dari komitmen kami dalam mewujudkan Kawasan Kota Harapan Indah sebagai kota digital atau smart city. Dengan adanya konektivitas yang andal, tentu hal ini akan sangat memudahkan masyarakat," kata Monique.

Menurutnya, Kawasan Kota Harapan Indah sendiri hadir dalam lahan seluas 800 hektare yang terdiri dari kawasan hunian dan kawasan bisnis. Hingga saat ini, jumlah keluarga yang tinggal di kawasan tersebut ada sekitar 60 ribu keluarga.

Konektivitas internet, disebut Monique, akan sangat bermanfaat bagi sekitar 180 ribu orang per hari. Hal ini, mengingat banyaknya masyarakat dari luar kawasan yang melakukan beragam aktivitas di wilayah tersebut.

"Salah satu kebutuhan konektivitas adalah dari sektor hunian. Terlebih, kini semakin banyak rumah yang telah menerapkan teknologi smart home,” ujarnya.

Saat ini saja, lanjut Monique, sudah sekitar 50 persen hunian di Kawasan Kota Harapan Indah yang telah menerapkan sistem smart home. Jumlah ini pun diperkirakan akan terus mengalami peningkatan.

Selain Kawasan Kota Harapan Indah, JLM juga telah menjadi penyedia layanan internet resmi di beberapa gedung atau area. Di antaranya di Aeon Tanjung Barat, Sentul International Convention Center, Perumahan Cibubur Country, dan beberapa area, gedung atau kawasan lainnya.

Saat ini, JLM juga terus memperluas jaringan ke lebih banyak area di kota dan Kabupaten Bekasi, untuk menghadirkan solusi teknologi terbaik untuk mendukung aktivitas digital masyarakat yang makin beragam. 

 

 
Konektivitas internet, akan sangat bermanfaat bagi warga.
MONIQUE HARDJOKO, GM Corporate Marketing & Product Communication Damai Putra Group
 
 

 

 

Buya AR Sutan Mansur, Bintang Muhammadiyah yang Santun

Dalam mengenalkan misi-misi Muhammadiyah, Buya AR Sutan Mansur menggunakan cara-cara yang santun.

SELENGKAPNYA

Pemprov DKI Mulai Perbaiki Masjid Raya JIC

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan monitoring ke JIC setiap pekan.

SELENGKAPNYA

Industri Asuransi Syariah Didorong Buat Produk Hijau

SDM syariah harus mampu berkompetisi di tengah kebutuhan pengembangan ekonomi syariah yang sangat tinggi.

SELENGKAPNYA