Pep Guardiola. | EPA-EFE/PETER POWELL

Sepak Bola

Langsung Tancap Gas

Man City dan Man United sedang dalam momentum positif.

MANCHESTER -- Edisi pertama jeda internasional pada musim ini, yang terentang selama dua pekan, telah rampung. Kompetisi domestik di lima liga top Eropa langsung bersiap dan bakal diisi sejumlah laga besar, tidak terkecuali di Liga Primer Inggris.

Dua klub terbaik asal Kota Manchester akan berduel pada pekan kesembilan Liga Primer Inggris, Ahad (2/10) malam WIB. Kampiun Liga Primer Inggris musim lalu, Manchester City, dijadwalkan menerima lawatan seterunya, Manchester United, di Stadion Etihad pada edisi perdana derbi Manchester pada musim ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (@manchesterunited)

Kedua tim rasanya tidak memiliki banyak waktu untuk bisa beradaptasi pascajeda internasional. Baik Man City maupun Man United diharapkan bisa langsung tancap gas dengan memetik kemenangan di laga ini. Pasalnya, kompetisi musim ini sedikit "terganggu" dengan adanya gelaran Piala Dunia 2022 yang dihelat pada akhir tahun.

Man City, yang berstatus juara bertahan kompetisi, mampu bertahan di papan atas Liga Primer Inggris pada musim ini. Mendapatkan persaingan ketat dari Arsenal dan Tottenham Hotspur, skuad asuhan Pep Guardiola terbukti masih mampu tampil kompetitif.

Sebelum jeda internasional, the Citizens hanya terpaut satu poin dari Arsenal yang berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 18 poin dari tujuh laga. Sedangkan, Spurs terus mengintai di peringkat ketiga dengan koleksi poin yang sama dengan the Citizens. 

Tipisnya margin di tiga posisi teratas membuat perebutan puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris terus terbuka. The Citizens tentu tidak mau membuang peluang untuk terus berada dalam persaingan tersebut. Asa itu bisa dijaga the Citizens dengan kemenangan atas Man United di laga perdana pascajeda internasional.

 

 
 
Setelah jeda internasional, kami memiliki waktu satu setengah bulan dengan jadwal yang begitu padat. Setelah itu, Piala Dunia.
 

 

Pelatih Man City Pep Guardiola mengakui, kompetisi pada musim ini akan benar-benar dimulai pascajeda internasional. Oleh karena itu, pelatih asal Spanyol itu berharap para penggawa the Citizens bisa langsung bersiap menghadapi periode menantang tersebut.

"Setelah jeda internasional, kami memiliki waktu satu setengah bulan dengan jadwal yang begitu padat. Setelah itu, Piala Dunia. Semoga pemain bisa kembali dari jeda internasional dalam kondisi fit dan siap untuk tampil di laga derbi," ujar Guardiola, seperti dikutip Team Talk, belum lama ini.

Di laga terakhir sebelum memasuki jeda internasional, Man City sukses membungkam Wolves, 3-0. Kemenangan itu menjadi respons Erling Haaland dkk seusai ditahan imbang 1-1 oleh Aston Villa di laga Liga Primer Inggris sebelumnya. Secara keseluruhan, Man City sukses memetik kemenangan beruntun di tiga laga terakhir di semua ajang. 

Kendati begitu, momentum bukan hanya menjadi milik tim tuan rumah di laga ini, terutama dalam hal laju penampilan di pentas Liga Primer Inggris. Setelah mengawali liga musim ini dengan kekalahan, Man United juga mampu bangkit.

 

 
 
Saya harap semua pemain kembali dalam keadaan bugar dan kami bersiap untuk kembali menyerang.
 
 

 

Tidak tanggung-tanggung, tim besutan Erik ten Hag itu memetik kemenangan di empat laga terakhir di pentas Liga Primer. Keberhasilan membungkam Arsenal, 3-1, di laga terakhir sebelum memasuki jeda internasional menjadi suntikan terbesar dalam kepercayaan diri para penggawa Iblis Merah.

Ten Hag mengakui, jeda internasional selama dua pekan sedikit mengganggu usaha anak-anak asuhnya untuk menjaga momentum tersebut. Namun, pelatih asal Belanda itu tetap yakin para penggawa Iblis Merah bisa segera menemukan momentum tersebut kembali, terlebih saat melawat ke rival abadi United, Manchester City.

"Pemain-pemain yang tidak tampil di laga internasional telah berlatih dengan baik. Sedangkan, sisanya akan segera menyusul. Saya harap semua pemain kembali dalam keadaan bugar dan kami bersiap untuk kembali menyerang," ujar Ten Hag, seperti dilansir laman resmi klub, beberapa waktu lalu.

Rentetan empat kemenangan terakhir membawa Man United berhasil memperbaiki posisi di papan klasemen. Sempat terpuruk di dasar klasemen, Man United kini duduk di peringkat kelima.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester City (@mancity)

Sentuhan Ten Hag sebagai pelatih anyar Iblis Merah sepertinya mulai menunjukkan hasil positif. Sayangnya, Marcus Rashford dan Anthony Martial diragukan untuk bisa tampil di laga itu karena mengalami cedera. Terdapat pula keraguan soal kondisi Harry Maguire yang mengalami cedera hamstring saat memperkuat Inggris. Lisandro Martinez dan Raphael Varane sepertinya akan tetap dipercaya mengawal lini belakang Man United. 

Di sisi lain, Man City juga terancam tak bisa menurunkan John Stones yang dilaporkan mengalami cedera saat tampil di laga internasional. Namun, Aymeric Laporte dilaporkan sudah mulai berlatih setelah pulih dari cedera. City juga dapat menurunkan salah satu rekrutan teranyar, Manuel Akanji, untuk menggantikan Stones.

Prediksi Susunan Pemain 

Manchester City (4-3-3)

  • Pelatih: Pep Guardiola
  • Kiper: Ederson
  • Belakang: Walker, Dias, Ake, Cancelo
  • Tengah: De Bruyne, Rodri, Gundogan
  • Depan: Silva, Haaland, Foden

Manchester United (4-3-3)

  • Pelatih: Erik ten Hag
  • Kiper: De Gea Belakang: Malacia, Martinez, Varane, Dalot
  • Tengah: Eriksen, McTominay, Fernandes
  • Depan: Sancho, Ronaldo, Antony

Fakta Angka:

  • 2 -- Man City memetik kemenangan di dua derbi Manchester terakhir di pentas Liga Primer Inggris. Sejak 2014, Man City tak pernah memetik tiga kemenangan beruntun di derbi Manchester dalam laga Liga Primer Inggris.
  • 17 -- Man United menelan 17 kekalahan dari Man City di Liga Primer Inggris. The Citizens pun menempati peringkat kedua dalam daftar tim yang paling sering mengalahkan Man United di pentas Liga Primer Inggris.
  • 7 -- Di tujuh laga kandang terakhir di pentas Liga Primer Inggris, Man City mampu mencetak setidaknya tiga gol di tiap laga.
  • 4 -- Man United sukses memetik kemenangan di empat laga terakhir di arena Liga Primer Inggris, termasuk saat membungkam Arsenal, 3-1.
  • 1 -- Ini menjadi debut derbi Manchester bagi pelatih Man United, Erik ten Hag, seperti halnya untuk penyerang Man City Erling Haaland.
  • 23 -- Dengan torehan 23 gol dari tujuh laga, Man City menjadi klub paling produktif pada awal Liga Primer musim ini. Man City juga menempati posisi kedua dalam daftar tim dengan pertahanan terbaik di tujuh laga awal Liga Primer musim ini dengan hanya kebobolan enam gol.

 

Jadwal Liga Primer Inggris:

Sabtu (1/10) 

  • Arsenal vs Tottenham Hotspur     
  • AFC Bournemouth vs Brentford     
  • Crystal Palace vs Chelsea     
  • Fulham vs Newcastle United     
  • Liverpool vs Brighton & Hove Albion     
  • Southampton vs Everton     
  • West Ham United vs Wolverhampton Wanderers

Ahad (2/10)

  • Manchester City vs Manchester United     
  • Leeds United vs Aston Villa 

Catatan Penting G-30-S/PKI

Bangsa ini menanggung beban konflik sejarah bila rekonsiliasi yang alami dan murni tidak terwujud.

SELENGKAPNYA

Titik Balik Aurier

Aurier membangun reputasi sebagai salah satu bek kanan papan atas Eropa saat mulai memperkuat PSG pada 2014.

SELENGKAPNYA

Tekad Bali United Kembali ke Jalur Kemenangan

Peluang tuan rumah kembali ke jalur kemenangan terbuka lebar.

SELENGKAPNYA