Sejumlah wisatawan mandi air panas saat mengunjungi kawasan Kawah Rengganis di Rancabali, Kabupaten Bandung, Senin (16/5/2022). | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Sehat

Sehat dengan Mandi Air Hangat

Pemanas air yang memiliki teknologi terbaru bisa menjadi pilihan.

OLEH UMI NUR FADHILAH, DESSY SUSILAWATI

Masa pandemi Covid-19 telah berdampak banyak pada perubahan kehidupan masyarakat. Dampak Covid-19 sangat luas, mulai dari sisi politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga kesejahteraan masyarakat. Penyebaran Covid-19 yang masih belum usai membuat masyarakat dituntut untuk bisa beradaptasi pada kondisi baru yang terjadi.

Berbagai tuntutan untuk beradaptasi dan kondisi waspada serta kecemasan yang terus-menerus dialami oleh masyarakat tak jarang menimbulkan stres. Menghadapi kondisi itu, masyarakat harus berusaha untuk menemukan solusi dalam mengelola stres yang dialaminya. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengelola stres untuk menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental, salah satunya dengan mandi air hangat.

Menurut anjuran praktisi kesehatan Muhammad Berian Rachmanadi, mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat, salah satunya mampu melancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia.

“Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stres,” kata Berian dalam acara peluncuran Rheem XWell Series di Jakarta Pusat.

Dokter umum itu menjelaskan bahwa suhu ideal mandi air hangat yaitu 37-38,3 derajat celsius. Meski demikian, suhu yang dianjurkan oleh dokter kulit itu di bawah 40 derajat celsius. Suhu yang terlalu panas dapat merusak kulit, khususnya kelenjar sebasea yang mengeluarkan zat minyak.

Air yang terlalu panas akan mengganggu kelenjar minyak itu, sehingga kulit menjadi iritasi atau kering, bahkan gatal. Mandi air hangat membuat pembuluh darah melebar, yang bermanfaat memperlancar aliran darah di tubuh. Mandi air hangat juga membuat tubuh lebih rileks, setelah bekerja seharian.

photo
Sejumlah pengunjung berendam di sumber air panas Geyser Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (2/1/2022). - (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Artis dan pegiat hidup sehat, Agatha Suci menjelaskan bahwa sebagai seorang ibu yang sangat aktif dan banyak kegiatan, stres adalah sesuatu yang tak bisa dia hindari. Namun, dia bisa mengelola dan menyiasati stres dengan rutin mandi dengan air hangat.

“Mandi air hangat tak hanya membuat saya merasa lebih rileks. Rutin mandi air hangat sebelum tidur juga mampu membuat kualitas tidur saya jadi lebih baik,” ujar Agatha.

Karena itu, dia menggunakan pemanas air yang memiliki teknologi terbaru untuk mendukung kebutuhan mandi air hangatnya. Agatha mengatakan, Rheem XWell Series memiliki kemampuan membuat suhu air hangat yang diproduksi tidak berubah-ubah. Ini yang sangat terasa. Jadi, tubuh merasa rileks selama proses mandi.

“Ini pula yang menjadi pertimbangan saya ketika mencari perangkat pemanas air. Konsistensi suhu air yang diproduksi sangat penting bagi saya,” kata dia.

Head of Retail PT Dewata Vulcanindo Suryajana, Devin Suryawan, mengatakan, Rheem memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah pandemi, di mana mandi air hangat diyakini menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi stres, kepenatan setelah sibuk dengan aktivitas seharian. 

photo
Sejumlah pengunjung berendam di sumber air panas Geyser Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (2/1/2022). - (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Karena itu, Rheem menghadirkan pemanas air rumah tangga Rheem XWell Series yang dirancang dengan teknologi Diffuser RheemHot eksklusif yang mampu menghasilkan air panas lebih banyak dan lama sehingga level suhu air terjaga secara konstan.

Rheem meluncurkan dua varian produk Rheem XWell Series, yaitu Cube dan Slim, yang keduanya sama-sama memiliki keunggulan, seperti tampilan desain baru yang melengkung, ramping, dan canggih. Selain itu, lapisan enamel RheemGlas terbaik pada tangki bagian dalam untuk perlindungan terhadap korosi sehingga masa pakai akan lebih lama.

Peranti yang dibanderol mulai dari Rp 2,8 juta ini juga menghasilkan air panas lebih banyak untuk pengalaman mandi air hangat yang lebih lama dengan Diffuser RheemHot eksklusif.

Es Krim Sehat Penambah Berat Badan 

Kriteria pertumbuhan anak yang baik terindikasi melalui pencapaian tinggi dan berat badan yang optimal berdasarkan usia. Selain faktor genetik, nutrisi adalah faktor  penting proses pertumbuhan fisik anak. Berat badan ideal bukanlah hal mudah dan otomatis dicapai oleh seorang anak. 

Pendiri Grofato sekaligus Dokter Spesialis Anak, dr. I.G.A.N Partiwi, menjelaskan, ASI dipahami sebagai sumber nutrisi terbaik untuk anak sejak lahir hingga berusia enam bulan atau lebih akrab disebut ASI eksklusif. Setelah usia tersebut, ASI saja tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. 

Pemenuhan nutrisi anak setelah berusia enam bulan didapatkan melalui makanan pengganti ASI (MPASI). Sering kali ditambah susu formula, jika manajemen laktasi sudah diperbaiki, tapi kondisi tidak membaik dan syarat pemberian MPASI belum terpenuhi. 

photo
Es Krim Tropik Jakarta Pusat. - (Republika/Raisan Al Farisi)

Masa MPASI adalah periode penuh tantangan. Secara umum, tidak disadari makan adalah sebuah proses belajar, berkenalan dengan jenis makanan padat, mengasah keterampilan oromotornya. Tak jarang proses belajar ini tidak terfasilitasi dengan baik sehingga asupan anak menjadi kurang dan anak tidak berhasil mencapai berat badan ideal berdasarkan usia dan tinggi badannya. 

Kondisi anak dengan gangguan berat badan ini perlu segera diintervensi. Para dokter anak akan menyarankan jenis makanan cair bernutrisi agar anak dapat segera mengejar ketinggalan berat badannya. Sayangnya, tidak semua anak, terlebih yang semula melewati periode ASI eksklusif, mudah menerima makanan cair.

"Kondisi ini terjadi karena beberapa hal, antara lain, proses perkenalan yang keliru, anak terlalu terbiasa dengan ASI atau menyusui, dan proses adaptasi terhadap makanan butuh waktu dan bersifat individual," ujarnya dalam acara konferensi pers Grofato Grow Fast Gelato.

Dampak dari kondisi penolakan anak adalah pencapaian target berat dan tingginya tidak optimal, cenderung tetap atau turun. Kondisi ini membunyikan alarm proses tumbuh kembang anak mengalami gangguan. Situasi ini kian sering ditemui para dokter anak di kamar praktik sehingga merasa perlu mencari solusi untuk mencegah perburukan dialami pasien-pasiennya. 

photo
Sejumlah pelajar menunjukkan es krim karyanya di SMP Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Indonesia (YPPI) 1, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/4/2022). - (ANTARA FOTO/Patrik Cahyo Lumintu/Zk/foc.)

Grofato kemudian menjadi salah satu solusinya. Sejak digagas pada masa pandemi, pada akhir 2020, Grofato Grow Fast Gelato telah menebar manfaat membantu anak berusia di atas satu tahun yang mengalami gangguan pertambahan berat badan dalam sebaran yang sangat terbatas, pada pasien anak di RSIA Bunda, Jakarta saja. Kondisi ini didasari penggunaan Grofato harus diatur dengan resep dokter untuk mendapatkan frekuensi dan volume yang tepat bagi setiap anak. 

Pendiri Sooki Gelato dan praktisi kesehatan, Dr dr Ivan Rizal Sini menambahkan, seiring sertifikasi BPOM yang didapatkan Grofato pada awal 2022 ini, Sooki sebagai produsen Grofato berkomitmen menyediakan gelato khusus ini ke pasar yang lebih luas, agar membantu lebih banyak anak mencapai berat badan idealnya. 

Aktivitas ini sekaligus akan memperkenalkan dokter anak yang menjadi rekan kerja Grofato di setiap kota untuk membimbing orang tua menggunakan Grofato secara tepat sesuai dosis yang dibutuhkan anak, agar berat idealnya segera tercapai.

Catatan Penting G-30-S/PKI

Bangsa ini menanggung beban konflik sejarah bila rekonsiliasi yang alami dan murni tidak terwujud.

SELENGKAPNYA

Ade Irma Suryani: Anak Periang Korban G30S

Walaupun Ade luka parah, tapi dia tidak pingsan sama sekali.

SELENGKAPNYA

Misteri Cakra Madura pada G30S

Mengapa Kompi Pasopati yang dipimpin Lettu Dul Arief yang ditugaskan menculik para jenderal?

SELENGKAPNYA