Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. | ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Ekonomi

Kemenkeu Optimistis Atas PMN ke BUMN

Selain PMN tunai, pemerintah akan memberi PMN berupa berupa barang milik negara (BMN).

JAKARTA -- Kementerian Keuangan optimistis atas pemberian modal negara ke sejumlah BUMN. Terlebih, BUMN penerima penyertaan modal negara (PMN) menunjukkan perbaikan kinerja dan mengemban tugas penyelesaian proyek strategis.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menegaskan, Kemenkeu akan terus bekerja mengumpulkan penerimaan negara dan sisi lain memodali berbagai BUMN agar bisa hadir di masyarakat. Hal itu ia sampaikan saat meninjau pemanfaatan PMN untuk jaringan listrik desa di NTT, Jumat (23/9).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

"Kami senang melihat uang negara yang dikumpulkan bersama dipakai untuk masyarakat bersama juga," kata dia.

Pemerintah akan memberi PMN kepada dua BUMN, yakni PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya (Persero) Tbk, dan Badan Bank Tanah. Nilai totalnya Rp 15,5 triliun pada tahun ini.

PMN kepada Hutama Karya senilai Rp 7,5 triliun. "Tujuannya, menyelesaikan konstruksi terutama Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) Tahap I," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Pemerintah juga akan memberi PMN senilai Rp 7,5 triliun kepada Garuda untuk memenuhi kebutuhan maintenance, restorasi, maintenance reserve, dan penambahan modal kerja melalui skema rights issue atau hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Sri mengatakan, PMN diberikan sesudah terjadi kesepakatan perdamaian dengan kreditur yang sudah disahkan melalui putusan homologasi. "PMN masuk setelah balance sheet Garuda sudah lebih terkelola dan negosiasi dengan kreditur sudah disahkan dalam putusan pengadilan homologasi," kata Sri.

Menurut rencana, sebanyak Rp 4,5 triliun atau 60 persen dari PMN untuk Garuda akan digunakan untuk restorasi dan pengelolaan serta Rp 3 triliun atau 40 persen sisanya akan diberikan sebagai tambahan modal kerja.

Badan Bank Tanah juga akan mendapatkan PMN senilai Rp 500 miliar untuk memperoleh tanah seluas 14.086 hektare dan pengembangan tanah 444,5 hektare serta sebagai tambahan modal kerja.

 
 
Kami mengusulkan kepada Komisi XI DPR pemberian modal negara berupa BMN kepada delapan BUMN.
 
 

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban memperkirakan Garuda akan mencatatkan laba mulai 2022. "Kalau kita lihat performa keuangan pada 2022 diharapkan Garuda masih bisa mencatat laba sebagai bagian dari restrukturisasi finansial. Namun, ke depan kita bisa melihat laba operasional Garuda akan membaik," kata.

Sementara, pemberian PMN kepada Hutama Karya akan menurunkan liabilitas perusahaan yang berimplikasi pada turunnya beban bunga yang harus dibayarkan. "Dengan demikian, rasio-rasio keuangan Hutama Karya tidak melebihi covenant yang dipersyaratkan," ujar Rio.

Modal Berupa Barang

Selain PMN tunai, pemerintah akan memberi PMN berupa berupa barang milik negara (BMN). "Kami mengusulkan kepada Komisi XI DPR pemberian modal negara berupa BMN kepada delapan BUMN," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kedelapan BUMN itu yakni PT Bio Farma, PT Hutama Karya, AirNav Indonesia, Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta, PT Varuna Tirta Prakasya, PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pertamina, dan PT Sejahtera Eka Graha.

Bio Farma akan mendapatkan BMN dengan estimasi nilai Rp 68 miliar. Hutama Karya juga akan mendapatkan PMN berupa BMN senilai Rp 1,93 triliun. AirNav Indonesia akan mendapatkan PMN senilai Rp 2,51 triliun berupa BMN. Perum PPD juga akan mendapatkan PMN berupa BMN senilai Rp 282,41 miliar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Bio Farma (Persero) (@biofarmaid)

Varuna Tirta Prakasya diusulkan mendapatkan PMN berupa BMN senilai Rp 24,12 miliar. Sedangkan, ASDP akan mendapat BMN senilai Rp 204,65 miliar untuk meningkatkan pelayanan.

BMN senilai Rp 3,37 triliun akan diberikan kepada PT Pertamina. Sementara, Sejahtera Eka Graha akan diberi PMN berbentuk BMN senilai Rp 558,61 miliar.

KPK Tahan Hakim Agung Sudrajad Dimyati

KPK resmi menahan hakim Sudrajad Dimyati setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap.

SELENGKAPNYA

Israel Ajak Indonesia Berdialog

Indonesia menegaskan, tidak ada perubahan sikap dan tetap meminta penerapan solusi dua negara.

SELENGKAPNYA

Saudi Siap Kirim Astronaut Perempuan pada 2023

Saudi akan secara aktif mempromosikan sains dan teknologi sebagai bagian dari rencana Visi 2030.

SELENGKAPNYA