Foto udara suasana Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). | ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Kabar Utama

Pembalap dan Kru MotoGP Mulai Berdatangan 

Di bandara, para ofisial dan pembalap MotoGP disambut kesenian tradisional suku Sasak.

LOMBOK TENGAH -- Puluhan kru serta pembalap Moto3, Moto2, dan MotoGP mulai tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Ahad malam (13/3). Ada sebanyak 64 orang yang tiba dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. 

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi mengatakan, mereka yang sudah tiba pada Ahad malam terdiri atas ofisial tim serta para pembalap. Sesuai rencana, akan ada sembilan kloter kedatangan kru dan pembalap. "Kedatangan kru dan pembalap berlangsung hingga 16 Maret 2022 setelah parade di Jakarta," kata Yusron Hadi, Senin (14/3). 

Yusron tidak menyebutkan secara terperinci nama-nama pembalap yang sudah datang ke Lombok. Namun, kata Yusron, terdapat pembalap wanita yang berlaga di Moto3 pada rombongan pertama, yakni Ana Carrasco. "Kita melihat tadi ada pembalap perempuan Moto3 yang juga tiba di bandara," ujarnya.

Yusron menyampaikan, sesampai di bandara, para ofisial dan pembalap langsung disambut dengan kesenian tradisional suku Sasak, Lombok, yaitu gendang beleq, dan pengalungan selendang serta sapuk tenun. 

photo
Sejumlah kru tim MotoGP bersiap melakukan tes usap PCR setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (14/3/2022). Sebanyak 2.500 kru tim MotoGP sudah tiba di Indonesia dan sebagian sudah bertolak ke Lombok untuk persiapan mengikuti MotoGP seri kedua yakni Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit. - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Humas Bandara Lombok Arif Hariyanto mengatakan, para ofisial dan pembalap tiba di bandara menggunakan penerbangan tambahan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 4320. Menurut dia, rencana kedatangan dan kepulangan penerbangan carter pada Maret untuk perhelatan MotoGP akan berlangsung hingga 21 Maret.

Penerbangan kedatangan dimulai sejak 13 Maret dan akan berlangsung hingga 16 Maret. Penerbangan kepulangan akan dilakukan pada 20-21 Maret. "Untuk kedatangan, terjadwal sembilan kali dan telah terealisasi pada Ahad malam," katanya. 

Menjelang berlangsungnya balapan MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika Lombok pada 18-20 Maret, salah satu tim peserta Kejuaraan Dunia MotoGP 2022, Mooney VR46 Racing Team, mengaku sudah tak sabar untuk melintas di sirkuit tersebut. Bahkan, tim Mooney VR46 milik pembalap legendaris asal Italia, Valentino Rossi, itu menyebut Sirkuit Mandalika sebagai surga yang sangat memesona.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

"Tidak sabar untuk melintas di surga lagi #IndonesiaGP," tulis akun resmi @VR46RacingTeam, Senin (14/3).

Tim Mooney VR46 yang akan diperkuat oleh duet pembalap asal Italia, yakni Luca Marini dan Marco Bezzecchi, mengaku tidak sabar untuk bisa kembali mencicipi lintasan Mandalika. "Kita tidak menyangka bahwa hanya dalam 1 pekan lagi, kita akan melakukan balapan pertama kita di Indonesia!," sambung pernyataan tersebut.

Tim Repsol Honda juga menunjukkan antusiasmenya untuk menjalani lintasan perdana di Indonesia. "Pekan ini balapan! Ayo! Tidak sabar untuk balapan di Indonesia," tulis akun Twitter resmi @HRC_MotoGP.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (motogp)

Sirkuit Mandalika dinyatakan sudah siap digunakan untuk balapan MotoGP. Sebab, pengaspalan ulang berdasarkan evaluasi hasil tes pramusim rampung dilakukan. BUMN konstruksi PT PP (Persero) pada Ahad (13/3) menyatakan, pekerjaan pengaspalan ulang lintasan utama selesai lebih cepat dari target. 

Direktur Utama PP Novel Arsyad mengatakan, pengaspalan ulang telah dimulai sejak awal Maret dengan melakukan proses resurfacing atau penggantian aspal lapisan atas jenis stone mastic asphalt (SMA) setebal 4,5 sentimeter dengan aspal SMA yang baru sesuai dengan ketentuan dan spesifikasi.

Resurfacing dilakukan dari tikungan 16,5 hingga tikungan 5,5 sepanjang 1,6 kilometer. Pengaspalan ulang selesai pada Rabu (9/3), lebih cepat sehari dari target yang ditetapkan, yaitu 10 Maret.

photo
Foto udara suasana Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Akomodasi gratis

BUMN lainnya, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni, menyiapkan KM Kelud sebagai akomodasi untuk mendukung gelaran MotoGP 2022 di objek wisata superprioritas. Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, layanan akomodasi menginap hotel terapung di KM Kelud ini sudah ditetapkan gratis bagi mereka yang sesuai dengan persyaratan. 

Yahya menyampaikan, masyarakat yang ingin menggunakan KM Kelud disyaratkan memiliki tiket resmi menonton MotoGP Mandalika serta sejumlah persyaratan lainnya. Syarat lainnya adalah  memiliki sertifikat vaksin dosis dua, memiliki aplikasi PeduliLindungi, membawa alat perlengkapan mandi dan handuk pribadi, dan melakukan proses reservasi (tidak menerima tamu walk-in).

Ia menjelaskan, KM Kelud merupakan kapal tipe 2.000 pax yang dapat menyediakan tempat tidur untuk sekitar 2.000 orang. Namun, kapal yang akan digunakan untuk penugasan hotel terapung disiapkan sebanyak 1.500 tempat tidur dengan fasilitas mushala dan kantin.

Dalam layanan hotel terapung ini tidak disediakan sarapan, tapi tersedia kantin di atas kapal. Tersedia pula shuttle service Gili Mas-Mandalika pukul 06.00-12.00 WITA. Kemudian, Mandalika-Gili Mas pukul 12.00-06.00 WITA, periode waktunya sejak 17-21 Maret 2022.

photo
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembuatan pedestarian dan taman di depan Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Mandalika siap menjadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret mendatang dan optimistis penyelenggaran akan sukses dilaksanakan. - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

“Dalam penugasan ini, kami juga bekerja sama dengan Pemda NTB serta pihak-pihak lain yang mendukung gelaran MotoGP 2022,” ujarnya.

KM Kelud biasanya melayani rute reguler, yaitu Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai Karimun-Belawan. Pada gelaran MotoGP 2022, Pelni mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan menjadi hotel terapung sebagai alternatif untuk akomodasi bagi para penonton MotoGP Mandalika 2022.

KM Kelud bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Ahad (13/3), pukul 18.00 WIB, menuju Pelabuhan Gili Mas, Lombok. Kapal diperkirakan tiba di Gili Mas pada Selasa, 15 Maret, pukul 08.00 waktu setempat setelah menempuh sekitar 43 jam pelayaran.

Yahya menambahkan, kapal untuk hotel terapung siap digunakan oleh penonton MotoGP Mandalika 2022 pada 17-21 Maret 2022. Dia mengatakan, reservasi bisa dilakukan melalui surel panitia Rsvhotelapung@ppl.ac.id.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (motogp)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Transisi Label Halal Hingga 2026

Sertifikasi halal harus mendapatkan fatwa halal yang menjadi kewenangan MUI.

SELENGKAPNYA

Presiden Segera Bahas Kebijakan Minyak Goreng

Satgas Pangan Polri membentuk tim khusus untuk mengawasi distribusi minyak goreng.

SELENGKAPNYA

Tanah dan Air Bersatu di Kendi Nusantara

Ibu Kota baru diharapkan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

SELENGKAPNYA