Bek Persib Nick Kuipers melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persebaya pada pertandingan lanjutan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Ahad (11/4/2021). Persib akan menghadapi Persita di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten | Wihdan Hidayat / Republika

Olahraga

Persib Incar Korban Kedua

Persib akan menghadapi Persita di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Sabtu (11/9).

BANDUNG -- Persib Bandung bersiap melanjutkan langkah awal positif pada kompetisi BRI Liga 1 2021/2022. Selepas menaklukkan Barito Putera 1-0 pada pekan pertama, Maung Bandung mengincar korban kedua, yakni Persita Tangerang. Persib akan menghadapi Persita di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Sabtu (11/9).

Pelatih Persib Robert Rene Alberts menegaskan targetnya membungkam Pendekar Cisadane. Robert percaya diri Persib bisa kembali mengamankan tiga poin karena Geoffrey Castillion dan Supardi Nasir kini sudah bisa merumput. Pada laga perdana, keduanya absen akibat sakit.

Ia memperkirakan laga akan berlangsung menarik. Sebab, pelatih asal Belanda ini meyakini Persita juga memburu kemenangan setelah mampu menjinakkan Persipura Jayapura 2-1 pada laga pertama. "Ini akan menarik karena ambisi yang besar untuk meraih tiga poin. Kami sudah bersiap dan dalam kekuatan penuh," kata Robert dalam konferensi pers menjelang laga, Jumat (10/9).

Kedua tim berhadapan lagi setelah lama tak adu kekuatan. Keduanya terakhir bertemu di kompetisi resmi pada 2014 lalu. Robert mengabaikan kemenangan Persib atas Persita pada turnamen Piala Menpora, April lalu. Menurut dia, skor 3-1 pada laga itu tak bisa menjadi acuan karena kedua tim bertanding dalam kondisi tidak ideal.

Di sisi lain, meski Geoffey dan Supardi telah kembali dalam tim, Persib masih kehilangan beberapa pemain akibat regulasi protokol kesehatan Liga 1. Tujuh pemain Persib tidak bisa bermain karena belum mendapat vaksinasi kedua, salah satunya kiper Teja Paku Alam.

Hal ini membuat Robert memercayakan posisi penjaga gawang kepada M Natshir. Robert percaya pemain yang sempat lama absen akibat cedera ini bisa kembali menunjukkan performa positif.

"Dia sudah berlatih dan terlihat sudah sanggup mengisi starting eleven. Kompetisinya bagus antarpenjaga gawang dan Natshir saat ini yang paling siap di antara yang lain," kata Robert.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PERSIB (persib)

Natshir pun siap menjawab kepercayaan pelatihnya. Dia menyebut hasil kemenangan dan clean sheet dari Barito Putera pada pekan lalu menjadi motivasinya untuk bisa membawa kemenangan bagi tim. "Kami sudah siap untuk laga besok (hari ini)," ujar Natshir.

Dari kubu Persita, tiga poin juga menjadi incaran. Pendekar Cisadane tak gentar dengan nama besar Persib. Pelatih Persita Widodo Cahyono Putro menilai target itu cukup realistis meski timnya tidak datang dengan kekuatan penuh. Ia sudah menyiapkan kontrastrategi permainan Maung Bandung. "Kami sudah melihat mereka bermain di awal kompetisi, termasuk bagaimana cara bermain Castillion," kata Widodo.

Serupa Robert, Widodo tidak ingin melihat catatan kedua tim di atas kertas. Rekor pertemuan kedua pelatih ketika Widodo memimpin Bali United dan Robert memoles PSM Makassar juga tak dipusingkannya. Ia menegaskan, di belahan dunia mana pun tim yang berkompetisi selalu ingin meraih kemenangan. "Begitu pun Persita," ujar Widodo menegaskan.

Barito ingin bangkit

Pada laga lain, Bali United yang menang tipis 1-0 atas Persik pada laga perdana akan meladeni Barito Putera di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (11/9). Pelatih Bali United Stefano Cugurra memuji Barito yang memiliki pelatih bagus dan pemain berkualitas.

"Namun, kami sudah latihan keras, mudah-mudahan besok (hari ini) bisa main bagus dan menang," kata Teco, sapaannya, dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Teco belum bisa memainkan Stefano Lilipaly untuk laga melawan Barito. Ia takkan mengambil risiko untuk memainkan gelandang berusia 31 tahun itu. Hal serupa juga berlaku untuk pemain lain. Ia akan melihat hingga sesi latihan terakhir sebelum memutuskan pemain yang akan diturunkan.

Pelatih Barito Djadjang Nurdjaman menilai absennya Lilipaly tak akan mengurangi daya gedor Bali United. Ia menilai, Serdadu Tridatu punya skuad komplet dengan kedalaman luar biasa. "Meski tidak ada Lilipaly, cukup banyak pemain di situ. Jadi, individual pemain Bali sama kuatnya," ujar Djanur, sapaan akrab Djajang Nurdjaman.

Djanur meminta pasukannya bangkit setelah kalah 0-1 dari Persib. Ia menegaskan, hasil buruk itu tak boleh terulang lagi. "Mudah-mudahan ada perbaikan untuk lawan Bali nanti," katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BRI Liga 1 (liga1match)

Jadwal Liga 1

Sabtu, 11 September

15.15 WIB - Persiraja vs PSS Sleman

15.15 WIB - Barito Putera vs Bali United

18.15 WIB - Persebaya vs Persikabo

20.30 WIB - Persita vs Persib

Ahad, 12 September

15.15 WIB - Madura United vs PSM

18.15 WIB - Arema FC vs Bhayangkara FC

20.30 WIB - Persija vs PSIS

Lima Pertemuan Persib vs Persita di Kompetisi

31 Agustus 2014 : Persita vs Persib Bandung 1-2

5 Februari 2014 : Persib Bandung vs Persita 2-1

25 Mei 2013 : Persita vs Persib Bandung 2-2

15 April 2013 : Persib Bandung vs Persita 5-1

21 April 2009 : Persita vs Persib Bandung 2-4

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat