Owner Snack Rumput Laut ULVA-Q Herni Hernawati | Republika

Ekonomi

bjb Kredit Mesra, Tumbuhkembangkan Bisnis Rumput Laut ULVA-Q Pangandaran

Pastikan camilan yang ada di hadapan anda tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan.
photo
Owner Snack Rumput Laut ULVA-Q Herni Hernawati - (Republika)

Kurang rasanya saat bersantai tanpa kehadiran camilan. Pastikan camilan yang ada di hadapan anda  tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan. Snack rumput laut tentunya pilihan  sempurna untuk menemani  saat diskusi atau santai dengan keluarga atau kerabat .

Salah satu camilan rumput laut di daerah Pantai Karapyak, Kabupaten Pangandaran, yang  sudah banyak dikenal yakni Snack Rumput Laut ULVA-Q. Lokasi persisnya di Dusun Bagolo Kolot No. 11, RT 09/06, Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

photo
Produk Snack Rumput Laut ULVA-Q - (Republika)

Owner Snack Rumput Laut ULVA-Q Herni Hernawati ( 50 tahun) mengatakan, ULVA-Q  adalah makanan olahan rumput laut yang  rasanya klasik dan banyak disukai masyarakat. "Rumput yang kami olah berasal dari Pantai Karapyak Pangandaran, dipadukan dengan bumbu rempah alami sehingga menghasilkan rasa yang khas dan renyah sekali," ujarnya.

Snack rumput Laut ULVA-Q berdiri pada 2018. Kehadirannya terinspirasi dari banyaknya bahan baku di Pantai Karapyak Pangandaran yang belum terjamah oleh orang sekitar. Diiringi restu dan dorongan keluarga, maka Herni memberanikan diri untuk bisnis keripik rumput laut. 

photo
Produk kemasan snack rumput laut ULVA-Q - (Republika)

"Alhamdulilah, pada tahun 2022 saya mendapatkan sertifikat UMKM yang menyatakan bahwa saya selalu berkreasi dan inovasi menuju UMKM naik kelas," kata Herni. Dalam  sebulan, dirinya mampu memroduksi 2.000 pieces.

Dalam memroduksi snack rumput laut, Herni dibantu oleh karyawan yang bertugas mencuci, menggoreng hingga packing. Varian produk snack Rumput Laut ULVA-Q, di antaranya snack rumput laut rasa original, rasa sapi panggang, rasa pedas, rasa udang kecombrang, dan rasa jagung bakar.

photo
Rumput Laut bahan ULVA-Q - (Republika)
photo
Proses memasak rumput laut - (Republika)
photo
memasak Rumput Laut ULVA-Q - (Republika)

Masing-masing varian dibandrol Rp 15 ribu per bungkus dengan berat 60 gram. Adapun produk turunan dari snack rumput laut ini, yaitu abon rumput laut dengan dua varian produksi, yaitu rasa pedas dan original.

photo
Rumput laut ULVA-Q matang setelah dimasak - (Republika)
photo
Proses memasak rumput laut - (Republika)

Hingga kini, snack rumput laut ULVA-Q  memiliki banyak pelanggan yang di antaranya berasal dari Pandangaran, Bali, Bukittinggi, Jakarta, Palembang dan Bandung Raya. Yang membuat pelanggannya setia, yakni rasa yang enak, renyah dan harga yang sangat kompetitif.

Brand ULVA-Q diambil dari nama rumput laut, yaitu ulvakuka dan q-nya berarti ratu. Adapun manfaat memakan rumput laut, kata Herni, yaitu mengandung kaya nutrisi, rendah kalori, serta antioksidan.

photo
Proses pengemasan Snack Rumput Laut ULVA-Q Herni Hernawati - (Republika)

Dari wirausaha snack rumput laut itu, Herni mampu mendulang omset hingga puluhan juta rupiah per bulan. Perjalanan bisnis  snack rumput laut Herni tidak terlepas dari peran bank bjb. Bisnis Snack Rumput Laut mampu berkembang karena salah satunya dari topangan Kredit Mesra bank bjb.

Herni lebih memilih bank bjb dengan alasan banyak keringanan dan kemudahan. Terlebih, Kredit Mesra bank bjb tanpa bunga dan agunan, serta bebas provisi. Sementara jangka pinjamannya enam sampai 12 bulan.   

Selain itu, proses pengajuannya juga relatif mudah. Kala itu, Herni mengajukan pinjaman ke bank bjb bersama beberapa kawan-kawannya. Kredit Mesra merupakan produk pinjaman yang mengakomodasi kebutuhan para pelaku usaha atau komunitas UMKM berbasis rumah ibadah.

Prosesnya pengajuan pinjamannya tidak berbelit-belit. Hanya dalam hitungan hari, Herni dan kawan-kawannya langsung menerima uang pinjaman dari bank bjb. Uang pinjaman itu masuk ke rekening bank bjb milik masing-masing anggota kelompok.

"Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada bank bjb yang telah membantu dan selalu support hingga kami tumbuh dan berkembang,’’ tandasnya . 

Snack Rumput Laut ULVA-Q - (Republika)

  ​

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat