Pembangunan Data Center dengan Infrastruktur AI di Batam, Kamis (13/6/2024). | Dok Republika

Berita

Telkom Bangun Pusat Data Berbasis AI di Batam

Nilai investasi pembangunan pusat data ini sebesar Rp1,4 triliun.

BATAM -- PT Telkom Indonesia (Persero) terus melakukan inovasi untuk transformasi digital di Tanah Air. Anak usaha Telkom, NeutraDC dan berbagai mitra, baru saja menggelar seremoni pemancangan tiang di lahan pembangunan pusat data dengan infrastruktur artificial intelligence (AI) di Batam, Kamis (13/6/2024).

CEO NeutraDC Andreuw Thonilus Albert mengatakan pihaknya berhati-hati dalam mengelola bisnis ini. Groundbreaking pembangunan pusat data dilakukan pada Desember 2022. Namun, pemancangan tiang baru dilakukan. Ada rentang waktu yang cukup lama dari dua fase tersebut.

"Ini bagian dari kehati-hatian kami karena setahun lalu lebih itu yang namanya AI,masih belum belum solid. Begitu opportunity AI ini sudah masuk, kita melakukan sedikit perubahan," kata Andrew dalam konferensi pers, di di Kawasan Industri Terpadu Kabil, Kota Batam.

Ia memastikan tidak ada regulasi yang menghambat. Justru pihaknya merasa dipermudah. Pasalnya Batam masuk dalam kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Hal yang penting, kata dia, segala sesuatu dilakukan dengan perhitungan matang.

Proyek ini diyakini berdampak positif ke berbagai hal, terutama perkembangan di sektor AI. Proyek ini menelan investasi sebesar Rp 1,4 triliun dengan target penyelesaian selama lima tahun.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono, menambahkan, keberadaan data center dengan infrastruktur AI ini akan membuka peluang baru bagi industri di Indonesia untuk memanfaatkan teknologi canggih. Ini sesuai target besar yang mereka canangkan.

Telkom optimistis NeutraDC Nxera Batam akan menjadi pusat data terdepan. Pusat data yang menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi klien dengan jangkauan di level global. "Pusat data yang menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi klien kami di dalam dan di luar negeri," ujar Bogi.

Hal serupa dituturkan Direktur Strategic Portfolio Telkom Group, Budi Setyawan Wijaya. Menurut dia, ini sebuah langkah inovasi dari NeutraDC. Telkom berharap NeutraDC Nxera Batam akan menjadi pusat data yang tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini, tapi juga di masa depan.

"Investasi ini menunjukkan komitmen untuk mendorong transformasi digital yang berkelanjutan dan inovatif," ujar Budi.

CEO Nxera Bill Chang menyampaikan dukungan kemitraannya bersama NeutraDC Batam. Target dari kerja sama ini dapat mendorong batasan teknologi dan memberikan solusi data center yang optimal bagi kebutuhan pasar. Terlebih lagi, dengan rencana pembangunan yang siap untuk AI.

Nxera ingin menjadi bagian dari transformasi digital ini. Pada saat yang sama, berkontribusi pada ekosistem data center yang inovatif dan berkelanjutan.

Director & Chief Operating Officer PT Medco Power Indonesia, Imron Gazali, menyampaikan rasa bangganya menjadi bagian dari akselerasi teknologi informasi bersama NeutraDC Nxera Batam. Medco mendukung pemenuhan pasokan listrik yang berasal dari energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan program transisi energi yang dicanangkan pemerintah dan MedcoEnergi Group untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat