Funscience, 3 Juni 2024 | KPM

Funscience

SCIENCE: Membuat Awan di Dalam Toples

Adik-adik, sekarang kita bereksperimen, yuk.

Pernahkah adik-adik berpikir bahwa, bagaimanakah awan dapat terbentuk? Tentunya membuat kalian penasaran, kan? Yuk, kita ikuti keseruan eksperimen Nala dan Ria berikut ini.

Apa tujuan dari eksperimen ini?

Adik-adik dapat mengidentifikasi proses terbentuknya awan.

Apa saja alat dan bahan yang disiapkan?

photo
Alat dan Bahan Percobaan - (KPM)
 

Bagaimana cara melakukan eksperimen ini?

photo
Langkah-langkah Percobaan - (KPM)
 
 

Mungkin kalian penasaran dengan hasilnya, kan?

Ayo perhatikan penjelasan berikut ini. Awan terbentuk ketika air dari permukaan bumi dipanaskan dan menguap (perubahan wujud benda dari cair menjadi gas), naik ke atmosfer, dan kemudian mendingin dan mengembun (perubahan wujud benda dari gas menjadi cair) menjadi partikel mikroskopis (misalnya debu, kotoran, abu) di udara.

 

Pada percobaan ini, air panas di dalam toples menyebabkan udara di dalam toples memanas. Ketika ini terjadi, sebagian air menguap ke udara. Penguapan ini menimbulkan uap air di dalam toples. Kemudian udara hangat dan lembab (uap air) naik dari permukaan air ke atas toples. Begitu mencapai bagian atas toples, udara hangat dan lembap mulai mendingin. Hal ini disebabkan adanya es yang berada pada tutup toples. Kemudian mengembun dan membentuk awan di dalam toples.

 

Begitu penjelasannya, adik-adik. Bagaimana adik-adik?

Seru banget ya melakukan eksperimen ini?

Sampai jumpa dengan eksperimen sains menarik lainnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat