Pedagang menjual produknya dengan melakukan live streaming di Pasar ITC Cipulir Mas, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Hendra pemiliki toko grosir busana muslimah mengaku penjualan onlinenya mengalami penurunan hingga 70 persen semenjak 2022 lalu, Ia meyakini k | Republika/Thoudy Badai

Gaya Hidup

E-commerce, Live Streaming, dan Peluang Cuan

Video pendek yang kreatif juga dapat menjangkau lebih banyak orang. 

Pada zaman yang kian modern ini, perkembangan teknologi turut semakin maju dan mendorong setiap kegiatan usaha untuk beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman. Kini, tidak sedikit pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai saluran promosi dan meningkatkan brand awareness

Berbagai konten promosi pun dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian dan kesadaran konsumen terhadap produk. Sehingga diharapkan, dapat meningkatkan penjualan yang maksimal. 

Satu dari banyaknya platform media sosial yang saat ini tengah gencar dimanfaatkan oleh pelaku UMKM adalah platform video pendek. SnackVideo sebagai salah satu platform media sosial video pendek di Indonesia, ikut memberi dukungan kepada para pelaku UMKM dalam penggunaan konten video pendek untuk mengoptimalkan promosi bisnis mereka. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SnackVideo Indonesia Official (@snack_video_indonesia)

Konten video pendek yang menarik dan kreatif dapat dijadikan sebagai alat promosi yang ditujukan untuk meningkatkan awareness atau kesadaran konsumen terhadap produk yang ditawarkan, terutama di media sosial. Video pendek yang kreatif juga dapat menjangkau lebih banyak orang dan berujung pada peningkatan penjualan produk maupun jasa.

Head of Marketing SnackVideo Indonesia, Dina Bhirawa, menyatakan SnackVideo merupakan platform video pendek yang dinamis dan mudah digunakan oleh masyarakat. Saat ini, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia. 

Jika UMKM dapat memanfaatkannya dengan tepat melalui konten-konten yang informatif dan menarik mengenai produknya, promosi melalui video pendek di SnackVideo akan menjadi semakin efektif. Terutama dalam menarik perhatian dan menumbuhkan curiosity atau rasa ingin tahu dari konsumen terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkan. 

"Karena itu, kami mendukung para UMKM di Indonesia untuk terus aktif dan bersemangat dalam mengembangkan kreativitas dan membuat konten video pendek yang menarik, sehingga bisa trending dan ditonton oleh banyak orang,” ujar Dina. 

Salah satu strategi berwirausaha yang saat ini sedang tren melalui platform video pendek dan banyak dilakukan oleh pelaku UMKM adalah live streaming. Tak hanya untuk meningkatkan kunjungan konsumen secara daring, fitur live stream ini juga dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk membangun komunikasi dengan konsumen dan konsumen potensial melalui fitur live chat-nya. 

Live streamin merupakan salah satu fitur yang tersedia di SnackVideo yang dapat digunakan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk dan membangun komunikasi dengan para konsumen, bahkan untuk mendorong terjadinya penjualan. Sama seperti video pendek, live streaming juga membutuhkan konsep yang kreatif dan persiapan yang matang agar dapat memberi hasil yang diharapkan," kata Dina menjelaskan.  

Ia pun memberikan beberapa panduan kepada para content creator dan host mengenai persiapan yang baik untuk melakukan live streaming serta berbagai tips agar live streaming bisa berlangsung menarik dan diikuti banyak pengguna SnackVideo.

Menurut Dina, saat mempersiapkan live streaming di SnackVideo, maka UMKM harus memperhatikan hal-hal berikut:

 

photo
Pemandu siaran menawarkan produk melalui layanan live shopping di Studio Live Shopping Eiger, Jalan Jakarta, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023). Pasca pandemi, tren live shopping atau berbelanja dan berjualan melalui fitur live streaming kian gencar dan digandrungi lantaran harganya yang bisa jauh lebih murah dari toko atau marketplace, lebih cepat dan efisien. - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

1. Menentukan jenis konten yang ingin dilakukan

Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk, misal untuk produk kecantikan, gim, mukbang untuk produk makanan dan minuman, menari, atau bernyanyi. Jika live streaming digunakan untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih oleh penonton.

2. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran

Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.

 

photo
Pedagang menjual barang secara live streaming melalui platform media sosial di Toko Dewi Sri, Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Jumat (28/4/2023). Pedagang mulai menjual barang perlengkapan dan aksesoris pernikahan melalui platform media sosial imbas sepinya pembeli secara luring. Menurut pedagang, saat ini penjualan secara live streaming ini bagus perkembangannya. Penjualan secara daring dalam satu hari dalam kisaran 100 paket hingga 300 paket. Di Pasar Beringharjo belum banyak pedagang yang memanfaatkan sistem berjualan dengan live streaming. - (Republika/Wihdan Hidayat)

3. Pemilihan host yang tepat

Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan riasan untuk host perempuan. Hindari penampilan host yang seksi dan vulgar.

 

4. Host bersikap ramah dan bersahabat dengan para penontonnya

Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menyapa penonton, terutama penonton yang sudah rutin menonton live streaming. Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komen-komen dari penonton. Terutama yang berkaitan dengan informasi produk. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika ada penonton yang memberikan gift.

 

5. Jangan lupa persiapkan setting dan perlengkapan

Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas, tapi tidak memenuhi layar ponsel.

 

 
Kami mendukung para UMKM di Indonesia untuk terus aktif dan bersemangat dalam mengembangkan kreativitas. 
 
DINA BHIRAWA, Head of Marketing SnackVideo Indonesia.
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

UMKM yang Terlibat Ekspor Masih Minim

Perluasan pasar ekspor UMKM berkolerasi terhadap kualitas produk.

SELENGKAPNYA

Jeli Membaca Konsumen, Kunci Keberhasilan UMKM

Saat pandemi melanda, pengusaha harus memutar otak untuk tetap bisa menghasilkan cuan.

SELENGKAPNYA

Tanah Abang, UMKM, dan Social Commerce

Pedagang harus terus didorong untuk memanfaatkan kemajuan teknologi.

SELENGKAPNYA