Mengatasi cedera lutut (ilustrasi) | memorial.com.fr

Medika

Mengenali dan Mengatasi Permasalahan pada Lutut

Cedera lutut dapat disebabkan olahraga. Selain itu, cedera lutut juga bisa disebabkan berbagai kondisi medis lainnya, seperti penuaan usia dan kondisi kesehatan tulang. Jika cedera lutut terjadi, Anda harus segera melakukan penanganan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan olehnya. Apa saja gejala dan jenis cedera lutut? 

 

Gejala

Konsultan panggul dan lutut Eka Hospital Bekasi, dr Noha Roshadiansyah Soekarno SpOT menjelaskan, ada beberapa gejala yang akan timbul saat Anda mengalami cedera lutut. Gejala ini mungkin tidak akan Anda rasakan semuanya, bergantung dari jenis cedera lutut yang Anda alami yaitu rasa sakit pada lutut, adanya pembengkakan, kemerahan dan sensasi panas, rasa kaku dan ketidakmampuan untuk menggerakkan kaki serta lutut mengeluarkan bunyi.

Selain itu, beberapa gejala lain seperti kaki mati rasa mungkin bisa juga terjadi. "Namun, itu semua merupakan gejala umum yang dapat Anda temukan pada cedera lutut sehingga untuk memastikan cedera apa yang Anda alami segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang sesuai," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (18/9/2023).

 

photo
Warga berolahraga di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (3/9/2023). Pemprov DKI Jakarta meniadakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin pada ahad (3/9/2023). Peniadaan CFD karena adanya rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang berolahraga di sekitaran Bundaran HI Ada yang berjalan santai, berlari, maupun bersepeda. - (Republika/Prayogi)

Macam-macam cedera lutut

Berikut adalah beberapa macam cedera lutut yang umumnya bisa saja terjadi pada Anda:

1. Keseleo

Keseleo merupakan cedera lutut yang paling sering terjadi. Penyebab utama dari keseleo sendiri adalah adanya peradangan pada area ligamen, otot, atau tendon lutut akibat dari tekanan berlebih.

2. Cedera meniskus

Meniskus adalah tulang rawan bagian pada lutut yang berbentuk seperti bulan sabit pada lutut. Organ ini bisa mengalami cedera jika terkena benturan pada saat terjatuh atau kecelakaan olahraga menyebabkan meniskus terluka atau sobek.

3. Cedera ACL

ACL merupakan sebuah jaringan ligamen yang menghubungkan tulang paha dan tulang kering pada sendi lutut. Cedera ACL dapat terjadi ketika jaringan tersebut mengalami luka atau robekan sehingga menyebabkan rasa sakit dan ketidakmampuan untuk menggerakkan lutut dengan baik.

4. Tendon putus

Tendon merupakan jaringan yang menghubungkan tulang dengan otot. Jaringan ini bisa saja putus karena adanya tekanan atau benturan membuat jaringan tendon robek hingga putus. Putusnya tendon lutut Anda bisa terjadi pada saat Anda melakukan olahraga dengan penggunaan kaki intensitas tinggi seperti sepak bola.

5. Fraktur lutut

Fraktur atau patah tulang pada lutut merupakan kondisi di mana tulang mengalami kerusakan seperti retak hingga patah akibat benturan keras yang terjadi saat kecelakaan seperti jatuh dari motor atau terbentur benda keras pada saat berolahraga.

6. Dislokasi lutut

Dislokasi adalah kondisi yang terjadi ketika tulang lutut bergeser dan keluar dari tempatnya sehingga menyebabkan rasa sakit. Kondisi ini bisa disebabkan kecelakaan seperti terjatuh dari ketinggian atau pada saat olahraga.

Haruskah Dioperasi?

Cedera lutut merupakan masalah umum yang bisa terjadi pada siapa pun. Meski begitu, cedera lutut lebih sering terjadi pada orang yang kegiatan sehari-harinya mengharuskan mereka untuk bergerak banyak menggunakan kakinya, seperti atlet atau penari.

Menurut Noha, lutut merupakan organ yang terdiri atas banyak komponen. Mulai dari,  ligamen, tendon, tulang, meniskus, hingga sendi. Sehingga rentan terhadap cedera. Jika beberapa komponen tersebut mengalami masalah, akan menyebabkan cedera lutut. "Cedera lutut yang paling umum untuk terjadi, yaitu keseleo, robekan ligamen, patah tulang, dan dislokasi," ujarnya. 

Penanganan cedera lutut sendiri juga berbeda-beda, berdasarkan dari jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa cedera lutut mungkin bisa ditangani dari rumah dengan pengobatan ringan.

Tapi, beberapa cedera lutut juga bisa menyebabkan kerusakan organ serius yang mengharuskan Anda untuk mengikuti penanganan lebih lanjut hingga dioperasi.

 

Mengatasi Cedera 

Sebagian cedera lutut bisa Anda tangani langsung dari rumah setelah mendapatkan penanganan dari dokter. Cedera ringan mungkin akan mengganggu Anda dan menyebabkan rasa sakit dalam kurun waktu hari. Namun, dengan istirahat yang cukup dan penanganan yang tepat Anda bisa sembuh dari cedera lutut dari rumah saja.

 

1. Metode tanpa operasi

Salah satu metode dari rumah yang paling umum adalah RICE (rest, ice, compression, dan elevation). Metode ini bisa Anda lakukan jika cedera yang Anda alami masi terkategorikan sebagai cedera ringan. 

Metode lain yang mungkin direkomendasikan dokter adalah imobilisasi atau penggunaan alat bantu, seperti gips dan tongkat jalan selama masa penyembuhan. Metode ini juga biasanya dilengkapi dengan terapi fisioterapi dan obat-obatan untuk mempercepat proses penyembuhan.

 

2. Metode operasi

Metode operasi dilakukan ketika tingkat cedera sudah parah dan tidak memungkinkan untuk sembuh hanya dengan pengobatan dari rumah. Beberapa jenis cedera seperti ACL robek mungkin hanya membutuhkan operasi khusus yang bersifat minimal invasive dengan arthroscopy sehingga tidak membutuhkan luka sayatan yang besar.

Namun untuk cedera yang lebih serius seperti fraktur lutut mungkin harus ditangani dengan operasi besar dimana dokter harus melakukan bedah untuk melihat struktur tulang secara langsung untuk bisa melakukan penanganannya.

 

 
Untuk memastikan cedera apa yang Anda alami segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang sesuai. 
 
DR NOHA ROSHADIANSYAH SOEKARNO SPOT, Konsultan Panggul dan Lutut Eka Hospital Bekasi. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Agar Hobi Lari tak Berujung Cedera Lutut

Berlari sebenarnya tidak merusak lutut bila dilakukan dengan teknik dan porsi yang sesuai untuk masing-masing individu.

SELENGKAPNYA