Sekelompok pemukim Yahudi membakar 8 mobil dan sebuah rumah milik warga Palestina di Tepi Barat Kota Nablus, Ahad (29/1/2023) dini hari. | EPA-EFE/ALAA BADARNEH

Peristiwa

Pemukim Israel Bakar Mobil dan Rumah Warga Palestina

Penembakan sejumlah warga yahudi di depan sinagog berbuntut aksi balasan.

TEPI BARAT -- Buntut penembakan sejumlah warga yahudi di depan sinagog berimbas aksi balasan. Sekelompok pemukim Yahudi membakar 8 mobil dan sebuah rumah milik warga Palestina di Tepi Barat, Ahad (29/1/2023) dini hari.

photo
Bangkai kendaraan yang disebut-sebut dibakar kelompok pemukim Yahudi di Tepi Barat Kota Nablus, Ahad (29/1/2023) dini hari.(EPA-EFE/ALAA BADARNEH)

 

Aksi saling balas ini bermula saat operasi militer Israel menyerang kawasan Jenin yang menewaskan 9 warga Palestina. 

photo
Bangkai kendaraan yang disebut-sebut dibakar kelompok pemukim Yahudi di Tepi Barat Kota Nablus, Ahad (29/1/2023) dini hari.(EPA-EFE/ALAA BADARNEH)

Selang sehari terjadi penembakan oleh warga Palestina terhadap warga Yahudi di depan sinagog di timur Yerusalem yang menewaskan 7 warga dan 5 lainnya terluka.

photo
Warga mememeriksa bangkai kendaraan yang dibakar di Turmusayya, Tepi Barat, Kota Ramallah. Bangkai kendaraan yang disebut-sebut dibakar kelompok pemukim Yahudi di Tepi Barat Kota Nablus, Ahad (29/1/2023) dini hari. (EPA-EFE/ALAA BADARNEH)

 

Serangan-serangan saling balas tadi sama-sama menewaskan lansia di kedua belah pihak.

photo
Warga mememeriksa rumah dan bangkai kendaraan yang dibakar di Turmusayya, Tepi Barat, Kota Ramallah. Bangkai kendaraan yang disebut-sebut dibakar kelompok pemukim Yahudi di Tepi Barat Kota Nablus, Ahad (29/1/2023) dini hari.(EPA-EFE/ALAA BADARNEH)

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat