Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan pada Festival Tradisi Islam Nusantara di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/1/2023). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU). | ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Peristiwa

Presiden Jokowi Hadiri Festival Tradisi Islam Nusantara

Festival Islam Nusantara ini untuk menyongsong satu abad berdirinya Nahdlatul Ulama.

BANYUWANGI -- Presiden Joko Widodo menghadiri Festival Tradisi Islam Nusantara di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/1/2023). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU).

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut, yakni Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri PAN dan RB Abdullah Azwar Anas, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf, dan Ketua Organizing Committee Peringatan satu abad Nahdlatul Ulama Yenny Wahid. 

 

 

 

 

 

photo
Presiden Joko Widodo melambaikan tangan didampingi Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (kanan) saat tiba menghadiri Festival Tradisi Islam Nusantara di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/1/2023). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU). - (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
 
 

 

Dalam sambutannya, Jokowi menghargai penyelenggaraan festival yang sarat akan kekayaan tradisi Islam Nusantara. Dalam gelaran ini, masyarakat disuguhkan sejumlah penampilan yang mampu menggugah kecintaan terhadap kekayaan budaya bangsa.

 

photo
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar saat tiba menghadiri Festival Tradisi Islam Nusantara di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/1/2023). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU). - (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

 

Menurut Ketua Panitia Harlah NU Erick Thorhir terdapat sembilan program kegiatan dalam rangkaian kegiatan satu abad NU. Empat kegiatan sudah terlaksana, meliputi NU Women Festival pada 15 Oktober 2022 di Jakarta, Religion 20 (R20) pada 1-4 November 2022 di Nusa Dua, Bali, NU Tech pada 19 Desember 2022 di Malang, dan Festival  Tradisi Islam Nusantara di Banyuwangi.

 

photo
Presiden Joko Widodo (kanan) berdialog dengan sejumlah santri pada acara Festival Tradisi Islam Nusantara di Stadion Diponegoro Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/1/2023). Kegiatan yang diisi dengan sholawat bersama dan tradisi budaya Islam Nusantara itu untuk menyongsong satu abad berdirinya Nahdlatul Ulama. - (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)
 

Selanjutnya, Erick sampaikan, lima rangkaian program kegiatan lain juga akan diselenggarakan, antara lain, Porseni NU yang pada 14-21 Januari 2023 di Stadion Sriwedari, Solo, NU Festival 2023 pada 20-23 Januari 2023 di Jakarta, Anugerah Tokoh An Nahdlah pada 31 Januari 2023 di Jakarta, dan Muktamar Internasional Fiqih Peradaban di awal Februari 2023, dan Puncak Peringatan Satu Abad NU yang akan diselenggarakan pada 7 Februari 2023 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. 

 

photo
Menteri BUMN yang juga Ketua Panitia Harlah Nahdlatul Ulama Erick Thohir menyampaikan sambutan pada acara Festival Tradisi Islam Nusantara di Stadion Diponegoro Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/1/2023). Kegiatan yang diisi dengan sholawat bersama dan tradisi budaya Islam Nusantara itu untuk menyongsong satu abad berdirinya Nahdlatul Ulama. - (Dok Republika )
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat