Buah Karutungan. | wikimedia commons

Kisah Dalam Negeri

Durian Langka dari Agam, Legit dan tak Berbau

Durian karantongan adalah spesies pohon durian yang umumnya tumbuh di hutan dataran rendah Kalimantan.

Durian merupakan buah tropis yang banyak ragamnya di Tanah Air. Satu lagi ragam durian ditemukan di Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Durian ini bahkan masuk kategori langka.

Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam ManinjauAde Putra mengatakan bahwa jenis buah durian langka ditemukan di kawasan hutan produksi di Tabuah-tabuah, Jorong Palupuh, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Dia mengatakan, petugas konservasi bersama warga pada Ahad (25/12) menemukan buah durian jenis karantongan (Durio oxleyanus) saat menelusuri jejak harimau sumatra di daerah tersebut.

"Durian langka ini kita temukan bersama warga setempat saat melakukan penanganan konflik manusia dengan satwa liar jenis harimau sumatra," katanya, Rabu (28/12). "Durian ini termasuk jenis langka di Indonesia bersama dengan jenis Durio graveolens yang berwarna merah. Orang umum banyak mengenal durian itu terdapat di Kalimantan."

Ia menuturkan, setelah menemukan tumpukan kulit durian sisa dimakan beruang, petugas konservasi bersama warga mencari buah durian lain yang jatuh dan menemukan buah durian yang masih utuh di sekitar pohon. "Kami membuka durian dan menikmati bersama-sama. Durian rasanya enak, legit, dan tidak berbau seperti durian pada umumnya. Ini pertama kali saya temukan di beberapa kawasan hutan di Sumbar dan Jambi," katanya.

 
Durian karantongan adalah spesies pohon durian yang umumnya tumbuh di hutan dataran rendah Kalimantan.
 
 

Ia menjelaskan, durian karantongan adalah spesies pohon durian yang umumnya tumbuh di hutan dataran rendah Kalimantan. Utamanya di daerah yang dekat dengan aliran sungai. Spesies pohon durian itu utamanya tersebar di wilayah Semenanjung Malaysia, Sumatra, hingga Kalimantan.

Menurut artikel yang disiarkan di laman Biodiversity Warriors Kehati, buah durian karantongan atau durian daun bentuknya bulat seperti bola. Durian tersebut memiliki diameter 10 sampai 15 centimeter. Warna kulitnya tetap hijau meski sudah matang, tidak kuning seperti kebanyakan buah durian.

Artikel itu menyebutkan, buah durian karantongan daging buahnya sewarna mentega, tebal, manis, tidak mengeluarkan aroma. Kandungan alkohol durian ini namun cukup tinggi.

 
Artikel itu menyebutkan, buah durian karantongan daging buahnya sewarna mentega, tebal, manis, tidak mengeluarkan aroma.
 
 

Hendri Kari, warga Pasia Lawehyang, yang ikut mencicipi durian karantongan, menyebut rasa buah durian itu lebih enak ketimbang jenis durian yang lain. "Saya sering ke hutan ini dan tidak pernah menemukan durian itu. Rasa durian lebih enak dari durian pada umumnya," kata dia.

Buah durian secara umum memberi banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Buah durian kaya serat hingga berperan cegah dan mengatasi sembelit. Kandungan serat serat membuatnya sebagai buah yang bernutrisi penting.  Nutrisi penting ini dapat menyerap air dan memperlancar jalannya makanan menuju sistem pencernaan.

Durian juga kaya folat hingga bekerja mencegah anemia. Kekurangan folat juga dapat menyebabkan salah satu jenis anemia yang disebut anemia pernisiosa. Folat, juga disebut vitamin B9, diperlukan untuk memproduksi sel darah merah. Buah durian itu sendiri adalah salah satu sumber vitamin B9. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mengapa Hallyu Populer?

Popularitas Hallyu tidak terlepas dari campur tangan pemerintah setempat.

SELENGKAPNYA

Berlindung dari Sihir

Nabi SAW pernah mendapat ruqyah dari Jibril AS.

SELENGKAPNYA

Hampir Semua Daerah Siap Bila PPKM Dicabut

Keputusan PPKM masih menunggu kajian dari Kementerian Kesehatan dan para pakar serta epidemiolog.

SELENGKAPNYA