vp,,rm
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban yang diduga seorang anak di Gedung Madrasah Nurul Iman, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). Menurut keterangan orang tua Imas (34) anaknya bernama Asika Nur Fa | Republika/Thoudy Badai

Kabar Utama

Pastikan Kebutuhan Pengungsi Tercukupi

Wapres menyerukan umat Islam melaksanakan shalat gaib untuk para korban meninggal.

CIANJUR –  Presiden Joko Widodo kembali meninjau lokasi gempa di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11). Saat bertemu pengungsi di hari keempat pascagempa, ia mendengar keluhan kurangnya tenda dan air bersih.

Jokowi pun memerintahkan jajarannya segera memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi dan mendistribusikan logistik seperti makanan dan obat-obatan secepatnya. “Juga kekurangan tenda yang ada. Tadi juga ada keluhan air, karena memang ini titiknya banyak, sehingga butuh waktu untuk mendistribusikan. Saya ingin pastikan itu semuanya segera terdistribusi,” kata dia saat memberikan keterangan usai peninjauan, Kamis (24/11).

Selain itu, mantan wali kota Solo tersebut memerintahkan agar proses evakuasi korban bisa berjalan baik. Hingga kemarin, masih ada 39 korban gempa belum ditemukan dan diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan. Karena itu, proses evakuasi para korban yang masih hilang ini menjadi prioritas.

Namun, menurut Jokowi, upaya untuk menemukan para korban yang masih hilang terhambat sejumlah kendala, seperti kondisi wilayah yang curam, masih terjadinya gempa susulan dan hujan, serta kondisi tanah yang masih labil. Karena itu, dibutuhkan kehati-hatian dalam proses pencarian dan evakuasi.

photo
Orang tua korban Imas (34) bersama suaminya menunggu hasil evakuasi tim SAR gabungan saat pencarian korban yang diduga anaknya di Gedung Madrasah Nurul Iman, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). Menurut Imas, anaknya bernama Asika Nur Fauziah (7) telah hilang saat terjadi gempa berkekuatan magnitudo 5,6 pada Senin 21 November lalu. - (Republika/Thoudy Badai)

“Tapi tadi Menteri PUPR sudah memerintahkan kepada jajarannya yang sudah terbiasa melakukan cut and fill, saya rasa ini bisa segera dikerjakan,” ujar dia.

Setelah proses evakuasi selesai dilakukan, lanjut Presiden, pemerintah kemudian akan berkonsentrasi untuk melakukan rehabilitasi bangunan-bangunan yang terdampak. Namun, dia mengatakan, rehabilitasi bagi rumah-rumah yang mengalami kerusakan akan dilakukan setelah proses evakuasi dan distribusi bantuan selesai dengan baik.

“Yang paling penting setelah nanti evakuasi ini selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi, baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang, maupun yang ringan,” kata dia.

photo
Warga menyelamatkan barang berharga dari rumah yang hancur akibat gempa dan longsor di kawasan Cijendil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). - (Republika/Putra M. Akbar)

Terkait skema bantuan yang diberikan pemerintah, Jokowi mengatakan, pemerintah tidak akan terpaku pada satu skema. Pemerintah akan menyerahkan langsung kepada masyarakat untuk memilih skema mana yang dinilai dapat mempercepat proses rehabilitasi.

“Ada yang nanti dibangun oleh Kementerian PUPR, ada yang juga dibangun dibantu oleh TNI, ada juga yang diserahkan kalau memang itu bisa mempercepat. Kita tidak terpaku pada satu skema,” ujar Jokowi.

Korban meninggal akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,6 di Cianjur terus bertambah. Hingga Kamis (24/11), korban meninggal tercatat sebanyak 272 orang. Kepala BNPB Suharyanto mengatakan, dari 272 jenazah tersebut, yang sudah dapat diidentifikasi berdasarkan nama dan alamat sebanyak 165 jenazah. Untuk 107 jenazah lainnya masih dalam proses identifikasi.

“Kemudian korban hilang kalau kemarin 40 (orang) karena ditemukan satu, sekarang 39 (orang). Dari 39 ini kami dapat informasi bahwa 32 adalah memang warga Cikendil Kecamatan Cugenang dan ada tujuh yang melintas di sekitar itu juga menjadi korban,” ujar dia.

photo
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban yang diduga seorang anak di Gedung Madrasah Nurul Iman, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Suharyanto mengatakan, korban hilang ini semuanya sudah teridentifikasi nama dan keluarganya sehingga sangat memudahkan dalam pencarian yang dilaksanakan terus-menerus oleh tim SAR gabungan. Sebanyak 6.000 orang dikerahkan untuk mencari ke-39 korban yang masih hilang tersebut. “Tetapi karena medannya berat hujan longsor, tertimbun rumah-rumah. Tapi mudah-mudahan lambat laun bisa kita temukan,” kata dia.

Selain itu, ada 2.046 orang yang mengalami luka-luka dan 62.545 orang yang mengungsi. BNPB juga mencatat, terdapat sebanyak 56.311 rumah yang rusak. Jumlah itu terdiri dari 22.267 rumah rusak berat, 11.836 rumah rusak sedang, dan 22.208 rumah rusak ringan.

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menyerukan umat Islam melaksanakan shalat gaib untuk para korban meninggal gempa Cianjur. Kiai Ma’ruf juga mengajak umat Islam untuk mendoakan para korban meninggal. “Pada seluruh masyarakat, saya minta untuk di masjid-masjid, terutama di pesantren, untuk melakukan shalat gaib terhadap mereka yang sudah meninggal. Mudah-mudahan mereka yang sudah meninggal itu dalam keadaan syahid, amin. Insya Allah,” ujar dia.

photo
Warga melaksanakan shalat jenazah korban gempa Cianjur Siti Imat Rohimat (41) di posko pengungsian Kampung Kuta Wetan, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

Posko BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta seluruh perusahaan pelat merah bergotong-royong membantu warga terdampak gempa di Cianjur. Erick juga memerintahkan penyebaran lokasi pos komando (posko) BUMN di Cianjur. “Atas arahan Pak Menteri Erick Thohir, Satgas BUMN membuat satu posko induk di Gedung Perhutani, Cianjur,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga.

Selain posko induk, lanjut Arya, BUMN juga menyediakan sepuluh posko bencana lain yang tersebar di sejumlah kecamatan di Cianjur. Arya mengatakan, sebaran posko bertujuan guna memudahkan dan mempercepat distribusi bantuan kepada warga terdampak gempa.

“Dengan langkah ini semua bisa diatur kebutuhan dan aliran logistik yang tepat untuk para pengungsi,” kata Arya.

Menurut Arya, Erick mendorong BUMN melakukan tindakan cepat tanggap dalam memenuhi kebutuhan mendasar warga terdampak gempa seperti kesehatan, makanan, selimut, hingga pakaian. “Kita juga akan membuat posko mobile, kita punya food truck dari PLN,” kata Arya.

Dalam waktu dekat, sambung Arya, Erick akan turun ke lokasi terdampak guna mengetahui lebih rinci mengenai kondisi di lapangan. Erick juga akan memberikan pengarahan kepada BUMN dalam penanganan dampak gempa di Cianjur. “Gotong-royong ini terus dilakukan supaya langkah-langkah konsolidasi bantuan dari BUMN seperti yang diminta Pak Erick, terarah bantuannya,” kata Arya.

Kemenangan Bersejarah Arab Saudi

Saudi tak boleh cepat puas mengingat ini baru laga pertama.

SELENGKAPNYA

Tuntutan Fokus A Selecao

Portugal sebenarnya memiliki problem yang jauh lebih besar.

SELENGKAPNYA

Raksasa Tertidur Vs Macan Asia

Uruguay dan Korsel sama-sama memiliki sejumlah pemain top yang merumput di Eropa.

SELENGKAPNYA