Erling Haaland of Manchester City celebrates after scoring a goal during the English Premier League soccer match between Manchester City and Manchester United at Etihad Stadium in Manchester, Britain, 02 October 2022. | EPA-EFE/PETER POWELL EDITORIAL USE ONLY.

Sepak Bola

'Gacor'-nya Haaland

Haaland semakin menjadi-jadi setelah resmi bergabung dengan Manchester City.

OLEH FREDERIKUS BATA

Entah kalimat apa yang tepat menggambarkan dinamisnya seorang Erling Haaland. Ia semakin menjadi-jadi setelah resmi bergabung dengan Manchester City.

Sejak masih di RB Salzburg dan Borussia Dortmund, ia sudah menjadi ‘hantu’ bagi pertahanan lawan. Bukan sesuatu yang baru melihat keganasannya di kotak penalti. Namun, kali ini ia seakan melampaui standar pemain dengan level bintang.

Bayangkan, musim 2022/23 belum ada setengahnya. Haaland telah mengoleksi 19 gol dan tiga assist saat memperkuat City dalam 12 pertandingan di berbagai ajang. Teranyar, dua kali ia mengoyak jala FC Copenhagen.

Kedua tim bertemu pada matchday ketiga Grup G Liga Champions (UCL). Anak asuh Pep Guardiola menang 5-0 atas wakil Denmark itu di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (6/10) dini hari WIB. Haaland hanya diturunkan pada babak pertama.

photo
Erling Haaland dari Manchester City beraksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan AFC Bournemouth di Manchester, Inggris, 13 Agustus 2022. - (EPA-EFE/PETER POWELL )

Andai sang bomber tetap bermain setelah turun minum, ceritanya bakal berbeda. Pria Norwegia itu bisa saja mengoleksi gol tambahan dalam pertandingan tersebut. Namun, Pep memiliki perhitungan tersendiri.

Ia lebih memilih merotasi skuadnya agar andalan mereka lebih bugar pada laga selanjutnya. Apa pun itu, kiprah Haaland terus menjadi sorotan. Awak media, penggemar, pengamat, serta timnya sendiri menanti, rekor apa lagi yang bakal ia ciptakan. Ia seperti melakukannya dengan mudah.

"Haaland sangat memukau, semua pujian untuknya. Dia baru berusia 22 tahun, tetapi dia mencetak gol untuk bersenang-senang, di level tertinggi," kata mantan penggawa tim nasional Inggris, Owen Hargreaves, kepada BT Sport, dikutip dari laman resmi UEFA.

 

 

Haaland sangat memukau, semua pujian untuknya. Dia baru berusia 22 tahun, tetapi dia mencetak gol untuk bersenang-senang, di level tertinggi

 

OWEN HARGREAVES 
 



Gelandang serang City, Jack Grealish, memiliki pemikiran serupa sang pundit. Grealish merasa beruntung memiliki rekan setim seperti Haaland. Mereka menikmati setiap laga yang dimainkan.

Bak perpaduan sempurna. Itulah kolaborasi antara Haaland dan the Citizens. Bukan rahasia lagi jika pada beberapa musim sebelumnya, City mencari predator ulung di kotak penalti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester City (@mancity)

Jawara Inggris itu sudah mendapatkan kepingan terakhir yang diinginkan. Hasilnya terlihat. Jika laga Community Shield kontra Liverpool tidak dihitung, pasukan biru langit belum terkalahkan sepanjang musim 2022/23 bergulir.

Anak asuh Pep meraih sembilan kemenangan dan tiga hasil imbang dari 12 laga. Hitungannya dari berbagai kompetisi. Teranyar, Copenhagen jadi bulan-bulanan serangan pemilik Etihad Stadium."Selain hasilnya, saya sangat senang melihat performanya. Cara kami bermain luar biasa," ujar Pep, dikutip dari UEFA.

 

 

Selain hasilnya, saya sangat senang melihat performanya. Cara kami bermain luar biasa

 

PEP GUARDIOLA
 



Lebih dari satu dekade terakhir, City sudah menjelma menjadi klub dengan gaya permainan yang selalu ingin mendominasi. Semakin efektif ketika mereka mempunyai penyerang seperti Haaland. Khusus di UCL, wakil negeri Ratu Elizabeth ini belum terkalahkan dalam 21 laga kandang terakhir.

Sebanyak 19 partai berhasil dimenangkan. Sisanya dua laga berkesudahan imbang. Kini, fokus Kevin de Bruyne dan rekan-rekan menuju duel kontra Southampton di Liga Primer.

Jumatan di Cendana, Khatibnya Pernah Jadi Tahanan Orba

Meskipun ia pernah 'disakiti' penguasa Orde Baru itu, namun ia tak pernah dendam kepada Soeharto

SELENGKAPNYA

Kapten Visser dan Baret Merah Kopassus

Kapten Visser justru lebih memilih baret merah daripada baret hijau. Padahal, pasukan komando Belanda menggunakan baret hijau.

SELENGKAPNYA

Jasa Belum Diberikan, Apakah Upah Bisa Jadi Pendapatan?

Apakah boleh bank mensyaratkan kepada nasabah untuk membayar angsuran pada tiga bulan tersebut?

SELENGKAPNYA