Ketua DPR Puan Maharani menyalami calon komisioner Komnas HAM terpilih Atnike Nova Sigiro dalam rapat Paripurna DPR Ke-8 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022). | Prayogi/Republika.

Nasional

Pemilihan Ketua Komnas HAM Dinilai Langgar Aturan

Ketua Komnas HAM menegaskan, pemilihan ketua Komnas HAM yang baru harus diulang.

JAKARTA -- Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, menilai pemilihan ketua Komnas HAM periode 2022-2027 melanggar aturan. Dalam UU Nomor 39 Tahun 1999 Pasal 83 ayat 3 tertulis Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua dipilih dari dan oleh anggota.

"Di dalam Tatib Komnas HAM pasal 22 ayat 2 juga dijelaskan memilih Ketua dan Wakil Ketua Komnas HAM itu adalah para komisioner di dalam Rapat Paripurna. Itu bunyi UU 39 tahun 1999 dan juga di Tatib Komnas HAM pasal 22 ayat 2 dijelaskan Ketua dan 2 orang Wakil Ketua dipilih oleh Sidang Paripurna," kata Ahmad kepada Republika, Rabu (5/10). 

Dirinya menjelaskan, sesuai Paris Principles semua Komnas HAM di dunia diwajibkan untuk independen. Karena itu, menurut Taufan Damanik, intervensi DPR dalam pemilihan ketua bisa dinilai mengurangi independensi Komnas HAM. "Langkah politik DPR bisa dianggap langkah intervensi yang melemahkan Komnas HAM," ujarnya.

photo
Sejumlah anggota DPR mengikuti rapat Paripurna DPR Ke-8 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022). - (Prayogi/Republika.)

DPR RI resmi tetapkan 9 komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 terpilih dalam rapat paripurna yang digelar Selasa (4/10). Sebelumnya, Komisi III DPR telah melakukan fit and proper test terhadap 14 nama calon komisioner Komnas HAM.

Uji kalaikan dan kepatutan itu digelar pada 30 September 2022 dan 3 Oktober 2022. Komisi III DPR kemudian menggelar rapat pleno pada 3 Oktober 2022 dan memutuskan sembilan calon komisioner Komnas HAM terpilih.

Di antara yang terpilih adalah Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P Siagian, Uli Parulian Sihombing. Namun dalam pemilihan itu Komisi III melakukan hal yang sebelumnya tak pernah dilakukan, Yakni langsung menunjuk Atnike Nova Sigiro sebagai ketua Komnas HAM.

Terkait hal itu, Ahmad Taufan Damanik menegaskan, pemilihan ketua Komnas HAM yang baru harus diulang. Setelah kesembilannya mendapatkan SK Presiden, maka dalam Sidang Paripurna pertama, agenda anggota komisioner Komnas HAM yang baru adalah memilih ketua dan wakil ketua.

"Di dalam sidang paripurna pertama kali, secara mufakat saya dipilih sebagai Ketua untuk 2,5 tahun. Setelah itu saya dipilih kembali untuk periode 2,5 tahun yang kedua. Dari dulu sejak UU 39 Tahun 1999 berlaku, pemilihan ketua ya begitu. Tidak pernah ada intervensi pihak mana pun," tegasnya. 

Diketahui DPR telah resmi tetapkan anggota Komnas HAM periode 2022-2027 terpilih dalam Rapat Paripurna DPR pada Selasa (4/10). Anggota Komisi III DPR Habiburokhman mengeklaim pemilihan Ketua Komnas HAM baru telah sesuai aturan di dalam undang-undang.

"Coba cek saja dengan komisioner Komnas HAM terpilih, Ibu Atnike disepakati oleh mereka untuk dipilih sebagai Ketua Komnas HAM," kata Habiburokhman kepada Republika, Rabu (5/10).

Diketahui di dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM Pasal 83 ayat 3 menyatakan bahwa ketua dan wakil ketua Komnas HAM dipilih oleh dan dari anggota. Habiburokhman mengatakan tak masalah jika Komnas HAM menggelar rapat kembali untuk menegaskan Atnike sebagai ketua Komnas HAM.

photo
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) bersama wakil ketua DPR dan para Anggota Komnas HAM terpilih periode 2022-2027 berfoto dalam rapat Paripurna DPR Ke-8 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022). - (Prayogi/Republika.)

"Kalaupun nanti ada rapat paripurna diantara mereka mau menetapkan dan menegaskan kembali Bu Atnike sebagai ketua ya gak ada masalah," ucapnya.

Dirinya juga membantah tudingan Ketua Komnas HAM Taufan Damanik yang menyebut pemilhan ketua Komnas HAM baru langgar aturan. Menurutnya secara moral Taufan tak punya legal standing untuk bicara tentang Komnas HAM. "Taufan Damanik itu orang yang tidak becus kerja. kemarin dia bentuk pansel aja telat," sindirnya.

Keluarga Cemara, Adaptasi Baru dengan Kelindan Persahabatan

Serial ini mengusung nilai-nilai persahabatan, cinta, dan keluarga

SELENGKAPNYA