Peluncuran New Vario 125 di Bekasi, Jawa Barat, Senin (26/9). | Dok AHM

Otomotif

Gebrakan Honda Jelang IMOS 2022

New Vario 125 menyusul persis satu pekan setelah peluncuran New CBR 250RR.

JAKARTA -- PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan gebrakan dengan meluncurkan dua produk dalam waktu berdekatan. Momentum ini pun tak jauh dari penyelenggaraan pameran motor IMOS (Indonesia Motorcycle Show) 2022 yang akan dilaksanakan pada 2 hingga 6 November nanti di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Dua produk yang diperkenalkan Honda adalah penyegaran dari model CBR250RR dan Vario 125. New CBR250RR resmi meluncur pada Senin (19/9). Sementara, New Vario 125 menyusul persis satu pekan setelahnya.

photo
Pembalap Astra Honda Racing Team Andi Gilang berdiri di samping New CBR250RR saat peluncuran motor tersebut di Plant AHM Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dalam tiga varian dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur berlimpah dan performa mesin lebih bertenaga yang dipasarkan mulai dari harga Rp62.850.000 on the road (OTR) DKI Jakarta. - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Untuk New CBR250RR, Honda melakukan beberapa perubahan. Mulai dari desain bodi, fitur, performa mesin, dan proses perakitan yang lebih presisi, produk tersebut pun menjadi makin mirip dengan line up motor besar (big bike).

Presiden Direktur AHM Keiichi Yasuda menjelaskan bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang memperkenalkan New CBR250RR. "Saat ini, kami meyempurnakan performa berkendara dan mendesain ulang bagian cowl yang terinspirasi dari big bike," ujar Keiichi Yasuda saat peluncuran produk di Karawang, Jawa Barat, Senin.

"New CBR250RR diproduksi dengan teknologi tinggi di pabrik AHM Karawang. Di beberapa bagian teknologi mesin ini mengadopsi tingkat akurasi, seperti model big bike," ujar Yasuda.

New CBR250RR kini memiliki tampilan desain yang lebih agresif dengan dimensi yang lebih lebar di keseluruhan tampilan bodi. Ini terlihat dari karakter potongan-potongan tajam di setiap lekukan yang makin menguatkan kesan motor balap. AHM juga mengeklaim, desain bodi model terbaru ini turut mendukung dalam memberikan kontribusi untuk kemudahan pengendalian saat melakukan manuver.

photo
Jurnalis mengambil gambar motor Honda New CBR250RR yang diluncurkan di Plant AHM Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dalam tiga varian dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur berlimpah dan performa mesin lebih bertenaga yang dipasarkan mulai dari harga Rp62.850.000 on the road (OTR) DKI Jakarta. - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Untuk urusan dapur pacu, Honda menggunakan mesin baru melalui pengembangan kompresi mesin yang meningkat di ruang pembakaran. Kemudian, melakukan perubahan ukuran gear ratio yang meningkatkan performa saat berkendara.

Beragam fitur baru juga disematkan guna menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan sepeda motor bertenaga tinggi dan mendukung kebutuhan berkendara sehari-hari. Mulai dari separated function fork (SFF) big piston inverted di suspensi depan serta hazard lamp untuk varian SP dan SP-Quick Shifter.

New CBR250RR varian SP dan SP Quick Shifter dibekali mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang kompak. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 31 kW (42 PS)/13 ribu rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm (2,5 kgf.m)/11 ribu rpm.

Mesin ini didukung pula oleh bobot ringan yang dapat memberikan kemudahan bagi pengendara untuk menikmati pengalaman bermanuver yang lebih baik. Motor ini hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200 meter dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 175 kilometer per jam.

Honda menyediakan lima varian untuk produk ini. Untuk harga, Honda melabel produk ini mulai dari rentang harga Rp 62,850 juta (on the road Jakarta) untuk varian standar hingga Rp 79,200 juta (on the road Jakarta) untuk tipe SP–Quick Shifter.

photo
New Vario 125 - (Dok AHM)

Sementara itu, New Honda Vario 125 mendapatkan perubahan desain dan fitur tambahan. Untuk desain, skutik 125cc ini makin terlihat agresif dengan tampilan V shape yang merupakan ciri khas Vario dan penggunaan LED untuk semua pencahayaan.

New Vario 125 juga kini memiliki Honda Smart Key System untuk tipe ISS, full digital panel meter, dan USB charger di console box. Model terbaru ini juga hadir dengan ukuran ban yang lebih lebar serta kapasitas penyimpanan bagasi yang besar.

Vario 125 menggunakan mesin 125 cc liquid cooled engine dengan teknologi eSP. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan konsumsi BBM teririt di kelasnya hingga 51,7 km/liter metode WMTC (EURO 3, ISS ON).

New Vario 125 Tipe CBS dipasarkan Rp 22,35 juta (on the road Jakarta). Sedangkan, tipe CBS-ISS seharga Rp 24 juta dan CBS-ISS SP Rp 24,25 juta.

Eropa Kian Suram

Inflasi di Eropa meningkat signifikan menjadi 9,1 persen pada Agustus 2022.

SELENGKAPNYA

BUMN Raih Pendapatan Rp 2.295 Triliun

Peningkatan itu didorong pertumbuhan harga komoditas global..

SELENGKAPNYA

Saat Jenderal Jadi Tumbal

TNI-AD telah kehilangan putra-putra terbaiknya di pagi buta awal Oktober 1965.

SELENGKAPNYA