Jembatan Ketapang Aquaculture Kabupaten Tangerang | Dok Pemkab Tangerang

Bodetabek

Pembangunan Jembatan Ketapang Aquaculture Dikebut

Pihaknya pun sudah menginstruksikan pekerja di lapangan untuk mengebut penyelesaian proyek

TANGERANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berkejaran dengan waktu untuk menuntaskan pembangunan Jembatan Ketapang Aquaculture di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

Selain sebagai fasilitas publik yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat, kehadiran jembatan itu untuk menyambut ajang internasional Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (Pemsea) Network of Local Governments (PNLG) pada 25-28 Oktober 2022.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Endang Sukendar menjelaskan, akses jalan dan jembatan yang sedang dibenahi nantinya dilalui para tamu dari 12 negara dan 53 kota pesisir se-Asia Timur. Salah satu agenda penting dalam kegiatan tersebut adalah kunjungan ke kawasan Ketapang Aquaculture yang berada di Kabupaten Tangerang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemerintah Kabupaten Tangerang (@pemkabtangerang)

Endang menyatakan, pembangunan akses jalan dan jembatan dipastikan segera rampung. Langkah itu untuk memudahkan akses peserta Pemsea PNLG masuk ke kawasan hutan bakau Ketapang Aquaculture. Pihaknya pun sudah menginstruksikan pekerja di lapangan untuk mengebut penyelesaian proyek.

"Untuk proses pembangunan jalan dan jembatan di kawasan tersebut sudah 60 persen. Dari total keseluruhan dua titik lokasi yang kita lakukan pembangunan, sudah satu titik lokasi jalan sepanjang 110 meter yang telah dikerjakan dan satu titik jembatan sepanjang 176 meter yang sedang kita selesaikan," kata Endang di Kabupaten Tangerang, Selasa (27/9).

 

 

Untuk proses pembangunan jalan dan jembatan di kawasan tersebut sudah 60 persen

 

ENDANG SUKENDAR Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang
 

 

Menurut Endang, pembangunan infrastruktur itu juga membawa manfaat bagi perekonomian warga sekitar. "Mayoritas warga di Desa Ketapang adalah nelayan. Tentunya dengan adanya pembangunan ini dapat memberikan manfaat untuk membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar wisata mangrove," ujar dia.

Meski waktu pembangunan terbilang singkat, Endang menjamin, faktor keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi prinsip konstruksi berkelanjutan yang diterapkan para pekerja proyek. Pihaknya juga selalu mengingatkan kontraktor untuk menerapkan K3 di lapangan.

"Tentunya memiliki beberapa keuntungan, seperti mengurangi keterlambatan penyelesaian proyek dan mencegah kecelakaan. Sehingga, proses pembangunan dapat menciptakan rasa aman dan aktivitas di sekitar proyek tidak terganggu," kata Endang.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang, Deden Umardani, menganggap, hadirnya jembatan itu memang bisa memberi dampak luas bagi masyarakat sekitar terkait aktivitas pariwisata, "Jembatan Ketapang Aquaculture ini dampaknya cukup positif. Saat ini pun sudah mulai terasa masyarakat sudah mulai ada pergerakan secara ekonomi, dampak hadirnya jembatan tersebut, seperti berdagang. Pelakunya adalah masyarakat sekitar jembatan tersebut," kata Deden.

 

 

Jembatan Ketapang Aquaculture ini dampaknya cukup positif

 

DEDEN UMARDANI Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang
 

 

Dia menilai, pembangunan jembatan semakin memudahkan mereka yang ingin mengunjungi hutan bakau di pesisir Kabupaten Tangerang tersebut. Dengan melihat potensi ke depan, Deden menyarankan Pemkab Tangerang menyiapkan pelatihan untuk warga agar bisa semakin baik dalam mengelola pariwisata.

"Tinggal menyiapkan bukan hanya pariwisatanya tumbuh, melainkan juga edukasi terhadap masyarakatnya menjadi pelaku pariwisata juga harus dikedepankan," ujarnya.

Trauma 'Teror Subuh di Kanigoro'

Selain menangkapi remaja masjid dan PII di Masjid Attaqwa, tempat kegiatan PII, gerombolan PKI itu juga berusaha mengobrak-abrik rumah penduduk.

SELENGKAPNYA

Skuad Garuda Diminta Lebih Waspada di Laga Kedua

Curacao dinilai belum tampil maksimal pada laga pertama

SELENGKAPNYA

Persimpangan Karier Cristiano Ronaldo

Ada tiga opsi yang mungkin bisa terjadi dalam karier Ronaldo

SELENGKAPNYA