Portugal | EPA-EFE/MARIO CRUZ

Kabar Utama

Persimpangan Karier Cristiano Ronaldo

Ada tiga opsi yang mungkin bisa terjadi dalam karier Ronaldo

Ada banyak spekulasi yang berkembang tentang masa depan Cristiano Ronaldo ketika ia menyampaikan keinginannya hengkang dari Manchester United (MU) pada musim panas kemarin agar tetap dapat tampil di Liga Champions. Iblis Merah tak bisa mengabulkan keinginan sang bintang tersebut karena tak punya tiket untuk tampil di kompetisi trofi kuping lebar.

Ronaldo masih merasa bisa tampil di level atas meski usianya sudah 37 tahun. Ia kemungkinan besar akan memimpin Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar pada November mendatang. Namun, ia juga masih menargetkan tampil di Piala Eropa pada musim panas tahun 2024 di Jerman.

 "Ini perjalanan yang panjang, tetapi saya ingin mengatakan bahwa jalan saya belum berakhir. Saya masih termotivasi dan ambisi saya tinggi. Saya ingin menjadi bagian dari Piala Dunia ini dan Kejuaraan Eropa juga,” kata Ronaldo, beberapa hari lalu, dikutip dari ESPN, Senin (26/9).

 

 

Saya masih termotivasi dan ambisi saya tinggi. Saya ingin menjadi bagian dari Piala Dunia ini dan Kejuaraan Eropa juga

 

Cristiano Ronaldo
 

 

Pada Piala Eropa 2024, Ronaldo akan berusia 39 tahun. Namun, kemampuan dan usahanya menjaga agar tubuhnya tetap bugar tak perlu dipertanyakan. Maka dari itu, ia membutuhkan tim yang bisa membantunya agar tetap bermain di level atas hingga Piala Eropa 2024. Meski demikian, masa depannya di klub kini berada di persimpangan jalan.

CR7, julukan Ronaldo, dihadapkan pada beberapa pilihan jalan yang harus ditempuh. Hanya ada satu keputusan yang harus diambil, yakni bertahan atau tetap melanjutkan niatnya hengkang dari Old Trafford. Lantas, apa langkah yang akan Ronaldo ambil mengenai masa depan karier sepak bolanya?

Ada tiga opsi yang mungkin bisa terjadi dalam karier Ronaldo. Pertama mantan bintang Real Madrid itu bisa pergi pada Januari 2023 nanti. Ia bisa mencari klub yang bersedia memberikan kesempatan kepadanya kembali tampil di Liga Champions sekaligus berkesempatan menambah koleksi gelar Eropanya.

photo
Portugals Cristiano Ronaldo reacts during the UEFA Nations League soccer match between Portugal and Switzerland in Lisbon, Portugal, 05 June 2022. - (EPA-EFE/LAURENT GILLIERON)

Namun, itu bergantung pada kesediaan Manchester United untuk membiarkannya pergi. Sebab, Man United sepertinya tak akan agresif di bursa transfer Januari saat pelatih MU Erik ten Hag tengah mengalami krisis penyerang tengah. Kendati demikian, kemungkinan Ronaldo hengkang masih terbuka.

Meninggalkan MU pada musim panas mendatang adalah opsi kedua yang bisa diambil Ronaldo. Hal itu akan memberi Ronaldo waktu untuk memilih klub terbaik bagi kariernya sekaligus memberikan kesempatan mencetak gol lebih banyak lagi, mendapatkan gelar, juga melapangkan jalan menuju Piala Eropa 2024.

Ronaldo menandatangani kontrak dua tahun saat kembali ke MU pada 2021. Januari 2023, ia bisa melakukan negosiasi dengan klub lain sebelum kemungkinan menyandang pemain bebas transfer pada akhir musim. Di situlah kesempatannya untuk tampil di Liga Champions terbuka lagi.

Namun, jika akhirnya Ronaldo tak punya peluang kembali ke Liga Champions, ia bisa membuka kemungkinan berkarier di luar Eropa. Minat dari klub klub Arab Saudi pada musim panas kemarin dapat dipertimbangkan. Dan opsi terakhir, Ronaldo memperpanjang kontrak di Old Trafford. Erik ten Hag musim panas panas kemarin mengakui, Ronaldo dapat bertahan lebih lama.

Kontrak dua tahun Ronaldo yang ditandatanganinya pada 2021 memiliki klausul opsi tambahan hingga 2024. Jika MU memiliki musim yang bagus dan kembali ke Liga Champions musim depan, CR7 mungkin memilih bertahan di Kota Manchester.