Pengunjung berfoto di lokasi titik nol pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/6/2022). Titik Nol IKN menjadi salah satu destinasi wisata yang menyerap perhatian publik usai penyatuan tanah dan air nusantara | ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/nz

Nusantara

Menteri ATR: Tata Ruang di IKN Sesuai Rencana

Usai mengunjungi IKN, Hadi juga meninjau proses pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

JAKARTA -- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini bertujuan untuk memastikan progres penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) ibu kota baru tersebut berjalan sesuai rencana.

"Saya baru saja dari Titik Nol IKN ditemani oleh wamen (wakil menteri), kapolda, pangdam, dan kakanwil untuk melihat secara langsung, secara fisik, dan memastikan bahwa RDTR sesuai dengan tugas dari Bapak Presiden untuk menyelesaikan tata ruang," kata Hadi, Rabu (14/9/2022).

Dia menyebutkan ada sembilan RDTR yang digarap Kementerian ATR/BPN untuk wilayah perencanaan IKN. Kesembilan RDTR itu direncanakan rampung pada akhir 2022. "RDTR di empat tempat semuanya sudah selesai, adalah materi RDTR, rencana detial tata ruang, dan limsRDTR lagi akan selesai pada akhir 2022," ujar dia.

Hadi berkunjung ke IKN di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dengan didampingi Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Dirjen Pengadaan Tanah Embun Sari, Kakanwil ATR/BPN Kalimantan Timur Asnaidi, dan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Polisi Imam S.

photo
Sejumlah pekerja mengikuti pengibaran Bendera Merah Putih di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Selatan, Rabu (17/8/2022).  - (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Usai mengunjungi IKN, Hadi juga meninjau proses pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dia menyempatkan berdialog dengan masyarakat setempat guna memastikan kualitas pelayanan publik berjalan baik.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap mendukung terkait pengoperasian jalan tol di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah sudah mulai proses pengadaan yang akan dilanjutkan dengan proses konstruksi untuk pembangunan jalan tol.

"Bilamana nanti dibuka kesempatan untuk pengadaan pekerjaan pengoperasian jalan tol di ruas IKN karena nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Jasa Marga melalui anak perusahaannya yang memang memiliki spesialisasi profesional dalam pengoperasian jalan tol yakni PT Jasamarga Tollroad Operator akan siap mendukung," ujar Reza, Rabu.

Menurut laman resmi Jasamarga Balikpapan Samarinda, kehadiran Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan memperlancar konektivitas dua kota kegiatan ekonomi bisnis Balikpapan dan Samarinda yang saling melengkapi, pengembangan kawasan industri, serta mempercepat akses masuk ke kawasan inti IKN.

Secara keseluruhan, Tol Balikpapan-Samarinda memiliki panjang 97,99 km dan terbagi menjadi lima seksi yaitu Seksi Lima ruas Balikpapan -Sepinggan (11,09 km), Seksi Satu ruas Balikpapan-Samboja (22,03 km), Seksi Dua ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi Tiga Muara Jawa-Palaran(17,30 km), dan Seksi Empat Palaran-Samarinda (16,59 km). Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki empat Gerbang Tol (GT) yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja, dan GT Palaran.

Sebelumnya, Kementerian PUPR memulai kegiatan pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara tahap 1 senilai Rp 5,3 triliun yang ditandai penandatangan kontrak pekerjaan pembangunan IKN TA 2022 sebanyak 19 paket.

Kementerian PUPR telah menyusun rencana/tahapan pembangunan infrastruktur dasar di IKN Nusantara periode 2022-2024 dengan total anggaran sebesar Rp 43,73 triliun. Pada tahun 2022, anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan IKN sebesar Rp 5,3 triliun. 

HR Rasuna Said, Singa Betina di Podium

Sejak kecil tertarik di dunia pendidikan Islam.

SELENGKAPNYA

Palu Arit di Takeran

“Pondok Bobrok, Langgar Bubar, Santri Mati!” Itulah yel yel PKI untuk melumpuhkan sejumlah pesantren di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kaum Muslim menjadi sasaran utama keganasan PKI.

SELENGKAPNYA

Pagar Aturan Penggunaan Kecerdasan Buatan

Berbagai aturan dasar dalam implementasi AI, dibuat untuk mencegah bias yang justru akan merugikan masyarakat.

SELENGKAPNYA