Anggota pasukan Republik, dipersenjatai dengan senjata otomatis untuk menangkap anggota PKI di Madiun, pada 25 Oktober 1948. | Gahetna.nl

Kronik

Palu Arit di Takeran

“Pondok Bobrok, Langgar Bubar, Santri Mati!” Itulah yel yel PKI untuk melumpuhkan sejumlah pesantren di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kaum Muslim menjadi sasaran utama keganasan PKI.

OLEH SELAMAT GINTING Tiga remaja lelaki duduk-duduk di anak tangga sebuah monumen. Mereka mengaku pelajar sekolah menengah pertama (SMP) yang sedang berlibur. Menggunakan kaus senada warna hitam dan celana jins biru, mereka bercakap-cakap sambil tertawa riang. Saat ditanya sedang apa dan mengapa mengunjungi tugu dan monumen di Dusun Kresek, Kabupaten Madiun?...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mengenang Penangkapan DN Aidit

Saat-saat menjelang G30S, Aidit banyak membuat pernyataan yang memanaskan situasi.

SELENGKAPNYA

Sinergi untuk Literasi

Masyarakat Indonesia secara umum tak bermasalah dengan kemampuan membaca aksara dan angka. Namun, aktivitas membaca belum jadi budaya.

SELENGKAPNYA

Orientasi Memimpin

Sekurang-kurangnya ada tiga oreintasi pemimpin yang sejatinya melakat dalam diri.

SELENGKAPNYA