Real Madrid saat merayakan kemenangan menjuarai Liga Champions. | EPA-EFE/YOAN VALAT

Sepak Bola

Berburu Sejarah Baru

Real Madrid dan Eintracht Frankfurt akan bertemu di Stadion Olimpiade pada Kamis (11/8) dini hari.

HELSINKI -- Dua klub terbaik dari dua kasta tertinggi kompetisi antarsepak bola Eropa musim lalu bakal saling jegal di Stadion Olimpiade, Helsinki, Kamis (11/8) dini hari WIB. Di Ibu Kota Finlandia, kedua klub akan berpeluang memecahkan rekor anyar dalam sejarah klub.

Kampiun Liga Champions, Real Madrid, akan berduel dengan jawara Liga Europa, Eintracht Frankfurt, dalam laga bertajuk Piala Super Eropa 2022. Torehan rekor anyar menanti dua klub apabila memenangkan laga di stadion berkapasitas 32 ribu penonton.

Bagi Madrid, raihan trofi dalam laga ini akan membawa klub asal Ibu kota Spanyol itu bersanding dengan Barcelona dan AC Milan sebagai klub tersukses pada ajang Piala Super Eropa. Telah empat kali menjuarai Piala Super Eropa, Madrid hanya terpaut satu trofi dari koleksi trofi Piala Super Eropa milik Barcelona dan Milan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Eintracht Frankfurt Official (@eintrachtfrankfurt)

Setelah menyandang status sebagai klub tersukses di pentas Liga Champions, Los Blancos membidik gelar sebagai klub paling sukses dalam ajang Piala Super Eropa. Namun, peluang untuk memecahkan rekor baru itu ternyata bukan satu-satunya motivasi menatap laga nanti.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, berharap anak-anak asuhnya bisa meneruskan momentum kesuksesan musim lalu dengan meraih titel perdana pada musim ini, yaitu trofi Piala Super Eropa. Keberhasilan merengkuh titel Piala Super Eropa 2022 akan menebalkan keyakinan para penggawa si Putih untuk meraih semua kemungkinan trofi pada sepanjang musim ini.

"Untuk itu, kami harus fokus pada laga berikutnya. Pada musim ini, kami berpeluang merai enam titel juara. Kami ingin meraih semua trofi itu," ujar Ancelotti, seperti dikutip laman resmi klub, Selasa (9/8).

Tekad ini didukung dengan kondisi tim utama Madrid. Semua pemain di tim utama Los Blancos diketahui tengah berada dalam kondisi fit. Tidak hanya itu, dua rekrutan anyar Los Blancos, Aurelien Tchouameni dan Antonio Rudiger, terlihat sudah mulai beradaptasi dengan gaya permainan tim.

Meski kalah pada laga pembuka tur pramusim, Madrid terus memperbaiki performa. Madrid menatap laga kompetitif pertama mereka pada musim ini dengan kemenangan, 2-0, atas Juventus, akhir bulan lalu. Tren positif penampilan ini, ditambah kualitas pemain, membuat Madrid diunggulkan untuk bisa melewati adangan Frankfurt pada laga ini.

Kendati begitu, Ancelotti tidak mau gegabah. Pelatih asal Italia itu merujuk pada performa di Die Adler, yang mampu tampil mengejutkan dalam merengkuh titel Liga Europa, termasuk menyingkirkan klub raksasa Spanyol, Barcelona.

"Musim lalu, Eintracht meraih sesuatu yang spesial karena mereka cenderung tidak diunggulkan. Mereka tampil luar biasa, terutama saat menyingkirkan Barcelona di Stadion Camp Nou. Mereka menerapkan serangan balik luar biasa. Solid dalam bertahan dan begitu cepat saat melakukan transisi," kata eks pelatih Bayern Muenchen itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Real Madrid C.F. (@realmadrid)

Selain itu, Ancelotti juga menilai, Eintracht memiliki keuntungan tersendiri pada laga Piala Super Eropa. Pasalnya, berbeda dari Madrid, Die Adler sudah tampil terlebih dahulu dalam laga kompetitif, tepatnya di ajang Piala DFB Pokal dan Bundesliga. Kendati begitu, Die Adler justru terbukti tampil kurang memuaskan pada laga pembuka Bundesliga.

Kendati begitu, pelatih Eintracht Frankfurt, Oliver Glasner, mengungkapkan, anak-anak asuhnya selalu memiliki motivasi berbeda saat tampil di kompetisi Eropa. "Kami memiliki peluang yang sama untuk bisa meraih kemenangan pada laga ini. Klub ini memiliki sejarah panjang, termasuk di kompetisi Eropa. Untuk tim saat ini, memiliki peluang untuk bisa meraih trofi kedua di kompetisi Eropa sudah cukup menjadi motivasi," kata Glasner, seperti dikutip laman resmi UEFA.

Ini menjadi Piala Super Eropa pertama untuk Die Adler sejak klub itu berdiri pada 1899 silam. Dengan begitu, apabila bisa berhasil mengalahkan Los Blancos, Eintracht akan meraih trofi Piala Super Eropa dalam sejarah klub.

 

Perkiraan Susunan Pemain:

  • Real Madrid (4-3-3)

Pelatih: Carlo Ancelotti

Kiper: Courtois;

Belakang: Carvajal, Éder Militão, Alaba, Mendy:

Tengah: Kroos, Casemiro, Modric:

Depan: Valverde, Benzema, Vinícius Júnior

 

  • Eintracht Frankfurt (3-4-2-1)

Pelatih: Olivier Glasner

Kiper: Trapp;

Belakang: Toure, Tuta, N'Dicka;

Tengah: Knauff, Sow, Rode, Kostic; Kamada, Gotze;

Depan: Borré

 

Data dan Fakta:

  • 1 -- Laga ini menjadi debut Eintracht Frankfurt di pentas Piala Super Eropa.
  • 2 -- Ini jadi pertemuan kedua antara Real Madrid dan Eintracht Frankfurt di kompetisi Eropa. Sebelumnya, pada partai final Piala Eropa 1960, Frankfurt menyerah, 3-7, di tangan Madrid
  • 4 -- Empat edisi terakhir partai Piala Super Eropa selalu berakhir imbang dalam 90 menit laga.
  • 4 -- Dengan koleksi empat trofi Piala Super Eropa, Real Madrid tinggal membutuhkan satu trofi lagi untuk menyandang gelar sebagai tim tersukses di pentas Piala Super Eropa
  • 26 -- Dari 46 partai Piala Super Eropa, hanya 26 tim yang berstatus juara Liga Champions berhasil keluar sebagai pemenang.

BPS: Indonesia Swasembada Beras

Perpadi mendorong agar survei cadangan beras bisa dilakukan secara rutin.

SELENGKAPNYA

Erick: BUMN Motor Pertumbuhan Ekonomi

Program BUMN menjadi penggerak ekonomi desa yang berdampak pada penyerapan tenaga kerja.

SELENGKAPNYA

Produksi Migas Pertamina Naik

Pertamina Hulu Rokan menjadi terproduktif dalam menyumbang minyak di Pertamina.

SELENGKAPNYA