Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe tergeletak setelah ditembak saat menyampaikan pidato di Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). | Kyodo News via AP

Kabar Utama

Shinzo Abe dan Warisannya untuk Muslim Jepang

Abe yang wafat di usia 67 tahun menjadi perdana menteri terlama di Jepang.

TOKYO -- Mantan perdana menteri (PM) Jepang Shinzo Abe meninggal dunia karena ditembak saat tengah berpidato di sebuah acara kampanye di Kota Nara, Jumat (8/7). Dia sempat dilarikan ke rumah sakit, tapi nyawanya tak tertolong. Polisi suah menangkap penembak Abe yang ternyata eks tentara Angkatan Laut Jepang. Ia menggunakan senjata rakitan.

Insiden penembakan terhadap Abe terjadi sekitar pukul 11.30 waktu setempat. Dia ditembak dari arah belakang. Menurut keterangan beberapa saksi di lokasi kejadian dan video yang viral di media sosial, pelaku melepaskan dua kali tembakan.

"Menurut seorang pejabat senior LDP (Liberal Democratic Party), mantan perdana menteri Abe meninggal di sebuah rumah sakit di Kota Kashihara, wilayah Nara, di mana dia menerima perawatan medis," kata lembaga penyiaran Jepang, NHK, dalam laporannya, Jumat (8/7).

photo
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan pidato pada ujung masa jabatannya pada 2022. - (EPA/AKIO KON /BLOOMBERG POOL)

Abe yang wafat di usia 67 tahun menjadi perdana menteri terlama di Jepang. Selama sembilan tahun menjabat, Abe banyak memberikan perubahan. Salah satu hal yang dia lakukan adalah menjalin hubungan baik dengan Muslim di Jepang.

Abe diketahui mulai membentuk pandangan tentang Muslim di Jepang sejak bencana tsunami Fukushima tahun 2011. Menurut pengusaha dari Osaka, Abe mengunjungi banyak kamp bantuan dan operasi penyelamatan.

“Apa yang dia temukan saat itu adalah Muslim, khususnya dari Pakistan. Komunitas Muslim telah mencapai tempat-tempat yang terkena dampak tsunami jauh sebelum pemerintah dan kelompok Jepang lain sampai di sana,” kata pengusaha yang enggan disebut namanya, dikutip Anadolu Agency, Jumat (8/7).

Setelah Abe kembali terpilih sebagai perdana menteri pada 2012, pengusaha itu menceritakan bahwa Abe selama masa pemerintahannya gencar membangun ruang shalat untuk Muslim. “Abe selalu berhubungan dengan komunitas Muslim. Dia membangun ruang shalat di sepanjang jalan raya dan di banyak bandara,” ucap dia.

Selain itu, Abe juga membangun ruang khusus bagi Muslim di Pusat Bahasa Jepang untuk pelajar dan profesional asing. Bahkan, Abe meminta restoran-restoran di Jepang menyediakan makanan halal.

“Di restoran-restoran besar, dia meminta pemiliknya untuk menyediakan makanan halal untuk Muslim. Pada masa lalu, hal seperti ini jarang terjadi,” katanya.

TBS Television melaporkan, Abe tertembak di bagian dada sebelah kiri dan tampaknya juga tertembak di leher. Abe tersungkur setelah penembakan, kemudian dievakuasi ke rumah sakit dengan menggunakan helikopter atau ambulans udara dalam keadaan kritis.

Menurut seorang dokter yang menanganinya, Abe kehabisan darah karena dua luka dalam yang dialaminya. Dia sudah tak menunjukkan tanda-tanda vital ketika tiba di rumah sakit. Abe akhirnya dilaporkan meninggal sekitar pukul 17.03 waktu setempat.

photo
Tetsuya Yamagami, penembak mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe saat diringkus tak jauh dari lokasi penembakan di Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). - (Katsuhiko Hirano/The Yomiuri Shimbun via AP)

Pelaku penembakan segera disergap personel polisi sesaat setelah melepaskan tembakan ke arah Abe. Pelaku teridentifikasi bernama Tetsuya Yamagami, pria berusia 41 tahun. Polisi turut mengamankan senjata seperti shotgun rakitan yang digunakan Yamagami.

Fuji TV melaporkan, Yamagami adalah penduduk Nara. Dia merupakan mantan anggota Pasukan Bela Diri Maritim Jepang yang juga dikenal sebagai Angkatan Laut Jepang. Fuji TV mengonfirmasi bahwa senjata yang digunakan Yamagami adalah senjata rakitan.

NHK dalam laporannya mengungkapkan, Yamagami mengaku kepada tim penyidik bahwa dia tidak senang dengan Abe. Saat melakukan aksinya, Yamagami memang berniat membunuh mantan perdana menteri Jepang dua periode tersebut.

photo
Tetsuya Yamagami, penembak mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe saat diringkus tak jauh dari lokasi penembakan di Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). - (Kyodo News via AP)

Jepang memiliki beberapa undang-undang (UU) pengendalian senjata paling ketat di dunia. Angka kematian akibat senjata api di negara berpenduduk 125 juta jiwa itu selalu dalam angka tunggal.

Terdapat proses yang panjang dan rumit bagi warga Jepang yang ingin memiliki senjata api secara legal. Selain harus mendapatkan rekomendasi dari asosiasi penembakan, warga juga harus menjalani pemeriksaan polisi yang ketat.

Aksi penyerangan terhadap pemimpin politik atau pejabat publik sangat jarang terjadi di Jepang. "Tidak ada yang seperti ini selama lebih dari 50 hingga 60 tahun," kata Corey Wallace, asisten profesor di Universitas Kanagawa, yang berfokus pada politik Jepang.

Sepengetahuan dia, insiden yang mirip seperti penyerangan terhadap Abe terakhir kali terjadi pada 1960. Kala itu, pemimpin Partai Sosialis Jepang atau Japan Socialist Party Inejiro Asanuma ditikam menggunakan senjata tajam oleh pemuda sayap kanan. Kejadian itu sangat mengejutkan publik Negeri Matahari.

Menurut Wallace, politisi Jepang memang terbiasa dengan gaya kampanye pribadi dan jarak dekat, persis seperti ketika Abe tertembak. "(Gaya kampanye) ini benar-benar bisa berubah," ucapnya.

photo
Shinzo Abe berperan sebagai tokoh video game Mario dalam penutupan Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil. (Yu Nakajima/Kyodo News via AP, File) - (AP)

Abe berada di Kota Nara untuk mendukung seorang kandidat dalam pemilihan Majelis Tinggi Jepang akhir pekan ini. Pejabat pemadam kebakaran setempat, Makoto Morimoto, mengatakan, Abe mengalami henti jantung dan henti paru-paru setelah ditembak dan dibawa ke rumah sakit prefektur. 

Shinzo Abe terkenal karena kebijakan "Abenomics" yang menampilkan pelonggaran moneter dan pengeluaran fiskal yang berani. Dia juga mendukung peningkatan anggaran pertahanan setelah bertahun-tahun mengalami penurunan. Itu termasuk memperluas kemampuan militer Jepang untuk memproyeksikan kekuatan di luar negeri.

Dalam perubahan bersejarah pada 2014, pemerintahan Abe menafsirkan kembali konstitusi pasifis pascaperang untuk memungkinkan pasukan berperang di luar negeri, pertama kalinya sejak Perang Dunia II. Tahun berikutnya, undang-undang mengakhiri larangan menggunakan hak pembelaan diri kolektif atau membela negara sahabat yang diserang.

Abe pertama kali menjabat pada 2006 sebagai perdana menteri termuda Jepang sejak Perang Dunia II. Setelah setahun diterpa skandal politik, kemarahan pemilih karena kehilangan catatan pensiun, dan kekalahan pemilihan untuk partai yang berkuasa, Abe berhenti dengan alasan kesehatan yang buruk. Dia menjadi perdana menteri lagi pada 2012.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (jokowi)

 Belasungkawa

Para pemimpin dunia terkejut atas pembunuhan Abe ini. Mereka menyampaikan dukacita sekaligus mengecam pembunuhan.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyampaikan belasungkawa atas wafatnya mantan PM Jepang Shinzo Abe. "Atas nama pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, saya sampaikan dukacita pada rakyat dan Pemerintah Jepang pada masa suram ini. Dedikasinya dalam pengabdian pada negaranya akan selalu diingat sebagai contoh bagi semua," kata Retno.

Presiden kelima RI Susilo Bambang Yudhoyono pun ikut menyampaikan dukacita via akun Twitter-nya, Jumat petang. SBY mengatakan, ia dan Abe bekerja sama dengan erat dalam berbagai isu internasional, seperti perekonomian dan perubahan iklim.

Mantan perdana menteri Inggris yang baru saja mengundurkan diri, Boris Johnson, turut menyampaikan belasungkawa atas insiden yang menimpa Shinzo Abe. "Kabar yang sangat menyedihkan tentang Shinzo Abe. Kepemimpinan globalnya melalui masa-masa yang belum dipetakan akan dikenang banyak orang. Pikiran saya bersama keluarga dan teman-temannya serta rakyat Jepang," tulis Johnson di akun Twitter resminya.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengaku terkejut atas kabar tewasnya Abe. "Dia adalah seorang negarawan global, seorang pemimpin luar biasa, dan seorang administrator mengagumkan. Ia mendedikasikan hidupnya untuk membuat Jepang dan dunia menjadi tempat lebih baik," kata Modi lewat akun Twitter resminya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, pembunuhan Abe secara brutal adalah kabar yang mengerikan. "Saya menyampaikan belasungkawa terdalam untuk keluarganya dan rakyat Jepang pada masa yang sukar ini,” tulis Zelensky di akun Twitter resminya.

Haji dan Internalisasi Tauhid

Persaksian tauhid tersebut semakin jelas ketika para hamba berthawaf tujuh kali putaran.

SELENGKAPNYA

OJK Waspadai Pengaruh Dinamika Global

OJK mewaspadai dampak gejolak perekonomian global terhadap Indonesia. Ketidakpastian ekonomi global masih terus berlanjut.

SELENGKAPNYA