Sejumlah pemain Persib Bandung menjalani sesi latihan perdana di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Batununggal, Kota Bandung, Selasa (17/5/2022). Tim Persib Bandung kembali menggelar latihan perdana untuk mengembalikan stamina dan kerja sama tim sebagai | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Olahraga

17 Jun 2022, 13:03 WIB

Hadapi Persebaya, Persib Butuh Dukungan Bobotoh

Pelatih Persib mengakui pemainnya sangat membutuhkan kehadiran suporter.

BANDUNG -- Persib Bandung akan menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Jumat (17/6). Dalam laga ini diprediksi ribuan Bobotoh akan kembali memadati Stadion GBLA.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengakui pemainnya sangat membutuhkan dan akan memanfaatkan kehadiran para suporter sebagai pemain ke-12 Persib. Dia menyebut penuhnya tribun bisa membakar pemain untuk bermain lebih keras.

"Jika melihat target yang kami miliki, yaitu menjuarai fase grup, ini menjadi pertandingan yang penting bagi kami. Tim sudah main habis-habisan dan kami akan menghadapi Persebaya," kata Robert di Stadion GBLA, Kota Bandung, Kamis (16/6).

Menurutnya, bermain di dalam grup yang diisi oleh empat tim teratas musim lalu memiliki tantangan tersendiri. Apalagi, sampai dua pertandingan pertama Grup C, keempat tim sama-sama memiliki satu poin dan satu gol.

"Semua tim sama-sama baru mendapatkan satu poin, jadi bisa dikatakan grup ini sangat seimbang. Hal bagus lainnya adalah kami bermain di Bandung dan orang-orang bisa bermain bersama suporter dengan atmosfer yang fantastis," ujar Robert.

Robert mengakui tim antusias dengan dukungan suporter. Apalagi, dengan hasil imbang dalam laga sebelumnya, suporter pun telah haus akan kemenangan.

"Besok tim sudah tidak sabar untuk mendapatkan dukungan itu lagi. Kami antusias untuk meraih tiga poin pertama di Piala Presiden dan mengamankan satu tiket ke perempat final," kata Robert.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengakui timnya sangat menikmati bermain di depan ribuan penonton. Meskipun bermain di stadion yang dipenuhi suporter lawan.

"Saya yakin penonton besok akan jauh lebih banyak, saya sampaikan, justru pemain akan menikmati permainan di depan penonton yang banyak," ujar Aji.

Aji juga menegaskan tak akan gentar dengan skuad Persib yang hampir sempurna. Dia menyebut timnya siap menjajal kekuatan tim yang memiliki pemain-pemain mahal. Bagi Aji, tugas pelatih adalah memahami kekuatan dan kekurangan dari calon lawan.

"Saya sudah antisipasi dan mengetahui kelebihan Ciro, dia memang pemain sangat berkualitas, tetapi bagaimana caranya saya memberikan instruksi ke pemain untuk tidak nervous," kata Aji.

Pemain Persebaya, Alta Ballah, mengaku dari dukungan Bobotoh tentunya memberikan daya tekan tersebut. Meski bukan rival, ia mengaku akan ada tekanan. "Dari pemain sendiri mungkin akan lebih fokus ke pertandingan saja," ujar Alta.

Alta mengakui sudah siap untuk menjawab target pelatih untuk meraih tiga poin dari Persib. Meski menghadapi tim tuan rumah, bukan berarti Persebaya bisa menyerahkan poin begitu saja pada Persib. "Kami sudah siap untuk menghadapi pertandingan besok, semua tidak ada masalah, aman, pemain sudah siap meraih hasil maksimal," kata Alta.

Sementara itu, pemain belakang Persib, Victor Igbonefo, tetap mengantisipasi skuad baru Persebaya. "Ini musim baru dan setiap musim akan ada pemain baru yang muncul. Kalau lihat mereka juga sudah ada pemain asing baru," kata Victor di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

Untuk laga nanti, Persebaya tidak lagi memiliki Samsul Arif dan Taisei Marukawa yang produktif dalam mencetak gol. Namun, Victor tetap mengantisipasi hal tersebut karena Persebaya adalah tim yang sangat berkualitas.

"Persebaya adalah tim besar dan tim yang siap untuk mendapatkan hasil baru di Liga 1. Mereka tim kuat, kita harus tetap waspada untuk pemain baru dan semangat baru dari Persebaya," ujar Victor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PERSIB (@persib)

';

Disiplinkan Lagi Prokes

Seluruh pemda diminta mempersiapkan layanan kesehatan menghadapi potensi lonjakan kasus.

SELENGKAPNYA

Mendag Kaget Harga Bahan Pokok Naik

Zulkifli mengkaji kemungkinan pengemasan minyak goreng curah dengan kemasan sederhana.

SELENGKAPNYA

Masjid Nabawi dan Visi Saudi 2030

Semoga kita semua bisa menjaga Madinah, kota tempat berpulangnya iman.

SELENGKAPNYA
×