Konser U2 untuk Ukraina | Youtube

Geni

11 May 2022, 07:32 WIB

Konser Solidaritas untuk Ukraina

Dua personel U2 mempersembahkan hitnya di salah satu stasiun kereta bawah tanah Kiev Ukraina.

OLEH GUMANTI AWALIYAH 

Tembang-tembang karya band papan atas U2 terdengar dari stasiun kereta bawah tanah Kiev, Ukraina, pada akhir pekan lalu. Lagu “Sunday Bloody Sunday” mengalun diiringi suara sirene serangan udara dari kejauhan. 

Kala itu, dua personel band rock U2, yakni Bono (vokalis) dan The Edge (gitaris) menggelar konser akustik kejutan dan solidaritas untuk Ukraina. Hit lain seperti “With or Without You”, “Desire”, dan “Angel of Harem” juga masuk dalam daftar karya yang dibawakan. 

Dilansir di laman Irish Times pada Senin (9/5), duo ini mempersembahkan beberapa hit U2 sebagai bentuk solidaritas untuk negara yang tengah melawan invasi Rusia sejak 24 Februari. Bono dan The Edge tampil di salah satu stasiun kereta bawah tanah Kiev yang telah digunakan kembali sebagai tempat perlindungan bom sejak invasi dimulai.

“Tidak ada tempat mana pun di dunia yang lebih kita sukai hari ini daripada Kiev,” kata Bono di sela-sela pertunjukan, seperti dikutip dari laman NME

Bono dan The Edge juga meng-cover lagu milik Ben E King berjudul “Stand by Me” sambil mengajak seorang tentara Ukraina bernyanyi bersama di panggung. Bono pun mengubah kata me dalam lirik menjadi Ukraine.

Menurut laman Rolling Stone, musisi yang harus bergabung dengan militer dalam beberapa bulan terakhir juga tampil bersama Bono dan The Edge di atas panggung, termasuk Taras Topolya dari Antytila.

Selama pertunjukan, Bono berbicara tentang perang yang sedang berlangsung di Ukraina yang telah merenggut 3.280 nyawa warga sipil Ukraina hingga Jumat (6/5). "Warga di Ukraina tidak hanya berjuang untuk kemerdekaan sendiri, tapi juga berjuang untuk kita semua yang mencintai kebebasan. Kami berdoa agar kalian segera menikmati kedamaian itu,” kata Bono.

Setelah konser kejutan, penyanyi dan gitaris menulis cicitan di Twitter U2. Dia menjelaskan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengundang mereka untuk tampil di Kiev sebagai bagian dari pertunjukan solidaritas. Selain Bono dan The Edge, banyak musisi ikut berpartisipasi dalam pertunjukan solidaritas, termasuk Bruce Springsteen dan Elton John.

Bono memuji warga Ukraina yang berani melawan Rusia untuk mempertahankan kebebasan mereka. Dia juga memberi semangat kepada masyarakat Ukraina untuk terus berjuang mempertahankan kebebasannya.

“Mereka bisa mengambil nyawa kalian, tapi mereka tak bisa mengambil harga diri kalian,” ujarnya menambahkan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berterima kasih kepada Bono dan The Edge yang mendukung rakyatnya untuk memperjuangkan kebebasan mereka. “Saya berterima kasih atas dukungan kepada masyarakat kami dan menarik lebih banyak perhatian untuk menolong rakyat kami,” kata Volodymyr Zelenskyy.

Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022. Meski begitu, Rusia enggan menyebutnya sebagai invasi.

Rusia menyebut itu sebagai operasi militer khusus untuk sejumlah tujuan, salah satunya mencegah tumbuh suburnya ideologi Nazi di Ukraina. Setelah invasi berlangsung selama lebih dari dua bulan, kini masyarakat Kiev sudah mulai menjalani hidup seperti biasanya meskipun sirene serangan udara rutin berbunyi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by U2 (u2)

';

Salam Abu Zar yang Terus Diikuti

Di saat orang lain beristirahat, Abu Zar kesulitan memejamkan mata. Dia terus memikirkan siapakah nabi pembawa wahyu? Seperti apa rupanya? Benarkah wahyu yang dibawanya?

SELENGKAPNYA

Pesan Perpisahan Ramadhan

Kepergian Ramadhan meninggalkan pesan perpisahan berharga.

SELENGKAPNYA

Minyak Goreng Hingga Bensin Kerek Inflasi

Tingginya angka inflasi pada April memberikan sentimen negatif terhadap kurs rupiah.

SELENGKAPNYA
×