Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (1/5/2022). Pada H-1 Idul Fitri 1443 H, Jalan Tol TranS Sumatera (JTTS) Bakauheni-Palembang dipadati kendaraan pemudik. | ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.

Ekonomi

ASDP: Arus Balik Bakauheni-Merak Berjalan Lancar

ASDP memastikan layanan arus balik di lintas Bakauheni-Merak berjalan lancar.

JAKARTA — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan layanan arus balik di lintas Bakauheni-Merak berjalan lancar. ASDP memastikan dengan stakeholder terkait telah sukses melayani arus balik Angkutan Lebaran 2022 dan hingga 8 Mei 2022 menyeberangkan total 647 ribu orang dan 147 ribu unit kendaraan dari Pulau Sumatra menuju Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung. 

“Alhamdullilah, kita telah melewati masa puncak arus balik Lebaran dengan lancar, aman, nyaman, dan sehat. Intinya, belajar dari pengalaman arus mudik Merak sebelumnya, kini ASDP dapat mengantisipasi layanan arus balik dengan lebih baik,” kata Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi dalam pernyataan tertulisnya, Senin (9/5). 

Ira menyampaikan, apresiasi kepada para stakeholder atas koordinasi dan kolaborasi yang terjalin baik selama layanan angkutan Lebaran 2022 baik arus mudik dan balik. Khususnya, kepada seluruh pengguna jasa ASDP yang telah tertib dalam melakukan pembelian tiket online Ferizy.

photo
Sejumlah kendaraan pemudik antre untuk naik ke atas KMP Batum Andi di dermaga Eksekutif, Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (30/4/2022). - (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Berdasarkan data Posko pada 8 Mei 2022 pukul 08.00 WIB hingga 9 Mei 2022 pukul 08.00 WIB, tercatat sejumlah 122.662 orang telah menyeberang dari Bakauheni menuju Merak. Lalu diikuti oleh sepeda motor sebanyak 12.298 unit, kendaraan kecil 13.814 unit, bus 741 unit, dan truk 1.875 unit dengan total produksi kendaraan seluruh kendaraan 28.728 unit.

Secara akumulatif, Ira menambahkan, realisasi produksi penumpang yang telah kembali ke Pulau Jawa sejak 3-8 Mei 2022 sebanyak 647.478 orang. “Ini mencapai 72 persen dibandingkan jumlah penumpang yang berangkat dari Merak mulai H-10 hingga hari pertama Lebaran sebanyak 894.063 orang,” kata Ira. 

ASDP mencatat relaisasi produksi kendaraan pada 8 Mei 2022 sejumlah 28.728 unit kendaraan mencapai 63 persen dibandingkan dari proyeksi produksi pada H+5, yaitu sejumlah 45.480 unit kendaraan. Secara akumulatif produksi kendaraan mulai sejak 3-8 Mei 2022 sejumlah 147.889 unit kendaraan atau 71,5 persen dari total proyeksi produksi sejumlah 206.955 unit kendaraan. 

Lalu, untuk realisasi kendaraan secara akumulatif yang telah kembali ke Pulau Jawa pada 3-8 Mei 2022 sebanyak 147.889 unit. Angka tersebut mencapai 70,6 persen dibandingkan jumlah kendaraan yang berangkat dari Merak mulai H-10 hingga hari pertama Lebaran sebanyak 209.460 unit kendaraan.

Ira menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para pengguna jasa yang telah tertib untuk membeli tiket secara mandiri via Ferizy, bahkan berkenan membeli setidaknya H-1 sebelum keberangkatan. “Hal ini merupakan dukungan terbesar dalam kesuksesan layanan arus balik,” ujar Ira. 

Ira mengungkapkan, tahun ini merupakan tahun ketiga dari implementasi layanan e-ticketing Ferizy sejak diluncurkan 2020. Ira menjelaskan, Layanan e-ticketing Ferizy bertujuan untuk mengatur keseimbangan antara kapasitas angkut dan demand penumpang di setiap pelabuhan sehingga penumpang yang akan menyeberang sesuai dengan kapasitas yang ada di waktu tertentu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT ASDP Indonesia Ferry (asdp191)

Selain itu, pembelian e-ticketing Ferizy telah terkoneksi langsung dengan aplikasi  PeduliLindungi sehingga dapat memastikan pengguna jasa telah sesuai dengan ketentuan persyaratan menyeberang. Begitu juga dengan melakukan pembelian tiket online, pencatatan manifes terkait hak asuransi semakin akurat.

Sejak implementasi Ferizy pada 2020, Ira mengatakan, ASDP telah mengatur jumlah penumpang yang datang ke pelabuhan sesuai dengan kapasitas angkut per jam dan per harinya. “Artinya, kendaraan dan penumpang hanya diperbolehkan masuk ke pelabuhan sesuai dengan waktu yang telah dipilih saat membeli tiket yang mana selanjutnya pengguna jasa akan naik ke kapal dengan sistem atau mekanisme first in first out (FIFO),” kata Ira. 

Melihat masih banyaknya masyarakat yang belum familier dengan layanan Ferizy pada masa angkutan Lebaran 2022, Ira mengatakan, ASDP menetapkan kebijakan operasional dan pelayanan e-ticketing system. Hal tersebut membuat waktu masuk pelabuhan pengguna jasa diperpanjang.

photo
Sejumlah kendaraan pemudik antre untuk naik ke atas KMP Port Link III di Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (28/4/2022). Memasuki H-4 Hari Raya Idul Fitri 1443 H pelabuhan Bakauheni, Lampung mulai dipadati pemudik yang akan menyebrang ke pulau Jawa maupun ke pulau Sumatera dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran. - (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Untuk ke depannya, Ira mengharapkan layanan penyeberangan semakin modern atau sama dengan moda transportasi lain, seperti kereta api dan pesawat udara, di mana jumlah penumpang disesuaikan dengan kapasitas yang ada setiap saat. “Segera setelah periode Angkutan Lebaran ini selesai, kami akan memberlakukan Kembali penerapan pembatasan kedatangan sesuai tiket,” kata Ira. 

Ira menegaskan, ASDP terus mengingatkan seluruh pengguna jasa agar untuk ke depannya agar selalu mengatur waktu perjalanan jauh-jauh hari dengan reservasi secara mandiri via Ferizy. Sebab, dia menambahkan, tiket dapat dibeli H-60 sehingga aspek keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan penyeberangan dapat lebih terjamin. 

Untuk itu, Ira meminta calon penumpang mempersiapkan perjalanan kapal feri dengan baik mengingat tidak ada lagi penjualan tiket di Pelabuhan. Dan, pastikan beli tiket feri hanya di website dan aplikasi ferizy.com . Begitu juga melalui resmi ASDP, yaitu Indomaret, Alfamart, agen BRILink, dan agen Finpay.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Libur Lebaran, Pengunjung KRB Tembus 97 Ribu Orang

KRB menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Jabodetabek

SELENGKAPNYA

Impian Aisyah Sativa Fatetani Bersama Tim Uber Indonesia

Aisyah Sativa Fatetani dipercaya sebagai tunggal kedua dan bermain di partai ketiga.

SELENGKAPNYA

Dilema Steven Gerrard; antara Aston Villa dan Liverpool

Steven Gerrard menilai, persaingan Manchester City dan Liverpool masih sangat sengit.

SELENGKAPNYA