Warga memasukkan minyak goreng ke dalam plastik saat operasi pasar minyak goreng curah di Balai Desa Tumpangkrasak, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (26/4/2022). Operasi pasar yang digelar pemerintah desa itu menyediakan 8.000 liter minyak untuk masyarakat umum | ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Ekonomi

Bulog Siapkan Modal untuk Salurkan Minyak Goreng Curah

Harga jual minyak goreng bersubsidi ke Bulog harus di bawah Rp 14 ribu per liter.

JAKARTA — Perum Bulog masih mempersiapkan kebutuhan modal kerja melalui kredit perbankan untuk kebutuhan pembelian minyak goreng curah bersubsidi dari para produsen. Persiapan modal kerja itu seiring ditugaskannya Bulog menjadi distributor minyak goreng selama masa larangan ekspor bahan baku minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya.

"(Modalnya) kita akan pinjam bank, sudah ada pembicaraan secara teknis dengan perbankan, bagaimana terkait pembayaran purchase order (PO) ke pabrik dan pendistribusiannya," kata Sekretaris Perusahaan Bulog Awaluddin Iqbal kepada Republika, Jumat (6/5).

Menurut Awaluddin, perbankan juga sudah siap memberikan pinjaman kepada Bulog untuk keperluan modal kerja minyak goreng. Hanya, ia belum memerinci berapa modal kerja yang akan disiapkan Bulog serta bunga pinjaman kredit yang akan disepakati bersama perbankan.

Seperti diketahui, pabrikan CPO maupun minyak goreng yang terdampak tak bisa mengekspor harus mendapatkan jaminan penyaluran produknya ke dalam negeri. Pabrikan pun mengharapkan agar Bulog maupun ID Food yang ditugaskan pemerintah menjadi distributor mempersiapkan modal kerja untuk pembayaran di muka.

Awaluddin mengatakan, proses kerja sama dengan pabrikan akan dilakukan secara business to business (B2B). Adapun harga jual minyak goreng bersubsidi ke Bulog, kata Awaluddin, harus di bawah Rp 14 ribu per liter sehingga Bulog dapat memiliki margin dan menjual ke konsumen seharga Rp 14 ribu per liter.

Pabrikan minyak goreng curah telah mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPSPKS). Subsidi dibutuhkan karena harga keekonomian minyak goreng curah dari produsen sudah lebih dari Rp 15 ribu per kg. "Minyak goreng curah bersubsidi ini akan diberikan prioritas kepada masyarakat berpenghasilan rendah atau yang memerlukannya," kata Awaluddin.

Sebelumnya, industri produsen minyak goreng meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Bulog dan ID Food, untuk menyiapkan permodalan karena menjadi distributor minyak goreng curah dari para produsen. Total modal yang diperkirakan mencapai Rp 3,5 triliun.

Pelaksana Tugas Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Sahat Sinaga mengatakan, industri membutuhkan kepastian kesiapan modal kerja dari BUMN yang ditunjuk pemerintah sebagai distributor minyak goreng curah selama larangan ekspor minyak sawit (CPO) diterapkan.

"Kami sudah bilang tolong siapkan modal kerja. Dengan mereka ada modal kerja para produsen tidak akan punya keraguan dalam hal pembayaran dan tidak akan ragu-ragu berikan pasokannya," kata Sahat.

photo
Warga antre membeli minyak goreng curah pada Gebyar 2 Ton Minyak Goreng Curah di Terminal Tegal, Denpasar, Bali, Sabtu (30/4/2022). Kegiatan yang digelar oleh Polsek Denpasar Barat bersama Karang Taruna Denpasar tersebut untuk membantu masyarakat memperoleh minyak goreng curah dengan harga Rp 15.500 per kg menyusul masih adanya keterbatasan jumlah dan tingginya harga minyak goreng di pasaran. - (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Modal kerja sebesar Rp 3,5 triliun itu dinilai cukup untuk mendistribusikan sekitar 200 ribu ton minyak goreng curah ke 543 kabupaten/kota. Volume tersebut sesuai dengan rata-rata kebutuhan minyak goreng curah dalam satu bulan. Sahat mengatakan, para produsen saat ini telah menunggu purchase order (PO) dari BUMN yang akan mendistribusikan minyak goreng.

Selain modal kerja, Bulog dan ID Food juga diharapkan menyiapkan rencana pembelian untuk sekitar lima bulan ke depan. Hal itu karena para produsen juga membutuhkan jeda waktu untuk mencari dan membeli bahan baku minyak goreng. Lewat perencanaan yang jelas, rantai produksi diyakini dapat lancar.

Lebih lanjut, Sahat optimistis, dalam sebulan, pasokan minyak goreng curah di dalam negeri akan melimpah. Sebab, pangsa pasar kebutuhan yang hanya 200 ribu ton dinilai tidak besar. Apalagi, Bulog yang ditugaskan pemerintah sudah memiliki jaringan logistik di seluruh Indonesia.

photo
Petugas melayani warga saat Operasi Pasar Minyak Goreng Curah di Gedung Serbaguna Pemkab Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (28/4/2022). Operasi pasar yang digagas oleh Bulog D.I Yogyakarta dan Pemda Sleman tersebut menyediakan minyak goreng curah sebanyak 6.000 liter dengan harga Rp15.500 per kg guna mencukupi kebutuhan masyarakat, usaha mikro serta usaha kecil. - (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.)

Dengan ditugaskannya BUMN sebagai distributor, setidaknya akan memperlancar pendistribusian minyak goreng sehingga tidak akan terjadi kelangkaan di pasar konsumen. Holding BUMN Pangan, ID Food, resmi mulai menggunakan fasilitas tol laut untuk kebutuhan pendistribusian minyak goreng curah bersubsidi ke wilayah Indonesia bagian timur.

Direktur Komersial Holding ID Food Ardiansyah Chaniago mengatakan, pengiriman perdana telah dilakukan pada Kamis (28/4) pekan lalu sebanyak 300 ton ke Kupang, NTT. Perseroan memperkirakan pengiriman perdana itu akan tiba dan mulai didistribusikan ke pasar-pasar tradisional mulai Senin (9/5) pekan depan.

"Holding Pangan ID Food aktif membantu pemerintah dan berkomitmen untuk mendistribusikan minyak goreng ke masyarkat dan bersinergi dengan para stakeholder," kata Ardiansyah kepada Republika.

Total pendistribusian minyak goreng oleh ID Food kurun waktu 6 Februari hingga 28 April 2022 mencapai 37 juta liter. Dari jumlah itu, sebanyak 32,6 juta liter merupakan jenis minyak goreng curah, 4,3 juta liter minyak goreng kemasan, dan sisanya dalam bentuk jeriken.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bank Mandiri Bersinergi dengan Pos Indonesia 

Cross agent Bank Mandiri dan Pos Indonesia memudahkan akses layanan keuangan dan kurir.

SELENGKAPNYA

PLN Siapkan Rebound Konsumsi Listrik 

Saat ini beban puncak listrik PLN berada di Jawa Madura Bali mencapai 19 gigawatt (GW).

SELENGKAPNYA

Laga Pemanasan untuk Juventus

Juventus telah meraih tiket kompetisi terelite benua biru.

SELENGKAPNYA