Foto udara sejumlah kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). | ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kabar Utama

Pemudik: Satu Arah Bikin Lancar

Jasa Marga mencatat sekitar 1,6 juta kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek.

UNGARAN—Sejumlah pemudik mengakui rekayasa lalu lintas one way ruas Tol Jakarta- Cikampek KM 47 hingga KM 414 Kalikangkung cukup memparlancar perjalanan mereka. Melalui rekayasa diskresi Polri ini, perjalanan mudik dari Jakarta dapat ditempuh dalam waktu normal perjalanan melalui jalan tol.

Setidaknya ini diakui oleh Stefani (26), salah seorang pemudik asal Bekasi. Menurutnya, kebijakan one way tersebut sangat membantu para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi melalui ruas Tol Trans Jawa.

“Terimakasih pak polisi, perjalanan mudik kami dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya saat dikonfirmasi di Rest Area KM 429A, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Ahad (1/5). Tak lupa, ia juga memohon maaf kepada masyarakat Jawa Tengah dan lainnya yang tidak dapat menggunakan jalan tol akibat adanya kebijakan one way prioritas arus lalu lintas dari Jakarta ini.

“Karena warga Semarang yang mau ke Jakarta menjadi tidak bisa, karena jalan tol dioptimalkan untuk mempermudah kami melakukan perjalanan mudik,” jelasnya. Stefani juga mengaku, perjalanan menyusuri ruas tol cukup lancar. Ia bersama dengan keluarganya berangkat dari Bekasi pukul 24.00 WIB.

Di perjalanan mereka sempat beriistirahat untuk tidur terlebih dahulu sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan dan kembali beristirahat di Rest Area KM 429A Ungaran. “Mungkin kalau tidak tidur bisa kurang dari enam jam, waktu tempuh perjalanan  sampai Rest Area KM 429A ruas Tol Semarang- Solo ini,” jelasnya.

photo
Pemudik bersepeda motor melintas di jalan Trans Kalimantan di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran, arus lalu lintas pemudik di ruas jalan nasional Kalimantan Selatan dari arah Banjarmasin menuju sejumlah Kabupaten di Kalsel, Kalteng, dan Provinsi Kalimantan Timur terpantau mengalami peningkatan. - (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Hal yang sama juga diamini oleh  Ardian (30), pemudik asal Jakarta tujuan Ngawi. Menurutnya, kebijakan one way dengan prioritas arus lalu lintas dari Jakarta sangat membantu. Kendati begitu, ia juga meminta maaf jika ada masyarakat lain yang kemudian menjadi terdampak oleh pergerakan para pemudik dengan rekayasa one way di jalan tol.

Khususnya para pengguna jalan yang akan melakukan mobilitas ke arah barat (Jakarta dan Jawa Barat) yang tidak pada saat diberlakukan tidak dapat megggunakan jalan tol. “Kami berterimakasih dukung Pemerintah --dalam hal ini Polri dan jajarannya—perjalanan mudik kali ini membuat kami nyaman,” tambahnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi arus mudik lebaran 2022 di Nagreg, Kabupaten Bandung berjalan lancar termasuk saat puncak mudik pada H-2 yaitu Sabtu (30/4/2022). Terlebih jumlah kendaraan yang melintas tahun 2022 meningkat dari tahun 2019.

"Hari ini kita bahagia, arus mudik di Nagreg berjalan dengan lancar, bisa dibayangkan puncak mudik telah terjadi kemarin, dengan jumlah sebanyak 128 ribu," ujarnya disela-sela meninjau arus mudik di Nagreg, Kabupaten Bandung, Ahad (1/5/2022).

Ia melanjutkan puncak arus mudik tahun 2019 terjadi pada H-3 dengan jumlah kendaraan mencapai 97 ribu. Dengan terjadi peningkatan kendaraan saat arus mudik 2022 namun berjalan lancar. "Jika dibandingkan 2019, puncaknya itu di H-3 tiga itu 97 ribu, jadi walau ada kenaikan yang cukup tinggi masih tetap bisa dikendalikan," ujarnya.

photo
Pengendara motor melintas di Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1443 H, jembatan yang menjadi penguhubung antara Pulau Jawa dan Pulau Madura tersebut mulai dipadati kendaraan terutama roda dua yang mudik menuju ke Pulau Madura. - (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Menhub mengucapkan terima kasih kepada jajaran Bupati Bandung, Kapolresta Bandung dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung yang mendukung kelancaran arus mudik 2022. Ia pun mengapresiasi kegiatan-kegiatan lainnya di jalur tersebut seperti vaksinasi. "Oleh karenanya, saya ucapkan terima kasih kepada bupati, kapolres, dan kadishub yang memberikan dukungan proses kegiatan ini," katanya.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sekitar 1,6 juta kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek. Angka tersebut terlihat pada H-10 hingga H-2 Hari Raya Idul Fitri 2022 atau periode 22-30 April 2022. 

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 19 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total sekitar 1,35 juta kendaraan,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (1/5/2022). 

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama. Keembat gerbang utama tersebut yaity GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 864.506 kendaraan (53,6 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung). Lalu 446.449 kendaraan (27,7 persen) menuju arah Barat (Merak) dan 300.980 kendaraan (18,7 perEn menuju arah Selatan (Puncak).

Dwimawan mengatakan Lalin kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan jumlah 585.718 kendaraan. Angka tersebut meningkat sebesar 91,3 perswn dari lalin normal. 

Lalu untuk kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang dengan jumlah 278.788 kendaraan. Angka tersebut turun sebesar 6,7 persen dari lalin normal.

“Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 864.506 kendaraan atau naik sebesar 42,9 persen dari lalin normal,” jelas Dwimawan. 

Sementara itu, lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 446.449 kendaraan. Angka tersebut meningkat sebesar 2,33 persen dari lalin normal.

Lalu untuk jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 300.980 kendaraan. Angka tersebut turun sebesar 3,8 persen dari lalin normal.

Dwimawan mengungkapkan, Jasa Marga mencatat lalu lintas di GT Cikampek Utama sebanyak 98.374 kendaraan. “ ini naik hingga 164,2 persen pada H-2, Sabtu (30/04), jika dibandingkan dengan lalu lintas normal pada periode November 2021,” jelas Dwimawan. 

photo
Pemudik memadati area Dermaga Eksekutif saat menunggu kedatangan kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). Berdasarkan data PT ASDP per hari Jumat (29/4) dan Sabtu (30/4) pukul 08.00 WIB puncak arus mudik terjadi pada H-3 dan H-2 dengan jumlah penumpang sebanyak 155.740 orang yang terdiri dari 12.730 penumpang pejalan kaki dan 143.010 penumpang dalam kendaraan. Angka ini melonjak dibanding hari sebelumnya, yakni 122.781 orang. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Penyeberangan

Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022 mencatat pergerakan kumulatif sejak 25 April 2022 hingga kemarin (30/4/2022), penumpang penyeberangan masih tertinggi. Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan pergerakan penumpang angkutan penyeberangan menjadi yang tertinggi yaitu sekitar 1,09 juta penumpang.

"Pergerakam penumpang penyeberangan ini dengan keberangkatan terpadat lima pelabuhan penyeberangan terpadat yakni Merak, Bakauheni, Gilimanuk, Ketapang, dan Kariangau Balikpapan," kata Adita dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (1/5).

Selanjutnya untuk angkutan udara sebanyak 931.127 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima bandara yakni Soekarno Hatta, Sultan Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), Ngurah Rai (Bali) dan Sepinggan (Balikpapan).

photo
Pemudik beraktivitas di sela - sela menunggu jadwal kedatangan kapal di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). Berdasarkan data PT ASDP per hari Jumat (29/4) dan Sabtu (30/4) pukul 08.00 WIB puncak arus mudik terjadi pada H-3 dan H-2 dengan jumlah penumpang sebanyak 155.740 orang yang terdiri dari 12.730 penumpang pejalan kaki dan 143.010 penumpang dalam kendaraan. Angka ini melonjak dibanding hari sebelumnya, yakni 122.781 orang. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Lalu untuk angkutan jalan (bus) sebanyak 673.913 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima terminal yakni Kertonegoro Ngawi, Purboyo (Surabaya), Ir. Soekarno (Klaten), Giwangan (Yogyakarta), dan Bayuangga (Probolinggo).

Sementara angkutan kereta api sebanyak 497.286 penumpang. Dengan pergerakan penumpang terpadat di lima Daerah Operasi (Daop) yakni Daop I Jakarta, Daop VIII Surabaya, Daop VI Yogyakarta, Daop IV Semarang, dan Daop II Bandung.

Untuk angkutan laut sebanyak 399.615 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima pelabuhan yakni Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan.

Adita menegaskan, total pergerakan penumpang di semua moda angkutan secara kumulatif selama 25-30 April 2022 sudah mencapai sekitar 3,55 juta penumpang. Jumlah tersebut masih lebih kecil dengan perbandingan 36,2 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang kumulatif pada periode yang sama pada 2019 sebesar 5,57 juta penumoang. “Namun demikian, data kumulatif tahun ini sifatnya masih sementara dan masih ada kemungkinan untuk meningkat,” ujar Adita. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bank Sentral Bersiap 'Menyerang' Inflasi

Bank-bank sentral di Asia mulai memerangi inflasi.

SELENGKAPNYA

Sayap-Sayap Malaikat

Di luar sepuluh malaikat, ada malaikat-malaikat lain yang memiliki banyak tugas

SELENGKAPNYA

Doa Khaulah yang Menembus Langit

Khaulah lantas mengangkat tangannya dan berdoa dengan kesungguhan, penuh harap kepada Allah SWT, dan rasa kesedihan dalam hatinya.

SELENGKAPNYA