Foto udara kendaraan melaju di samping proyek pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek di Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022). | ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Kabar Utama

16 Apr 2022, 03:55 WIB

Tol Japek Krusial Hadapi Puncak Arus Mudik Lebaran

Tol Japek dan penyeberangan Merak-Bakauheni diprediksi padat signifikan saat puncak arus mudik.

JAKARTA – Jalur darat dipastikan akan menjadi pilihan mayoritas pemudik untuk pulang kampung pada momen Lebaran Idul Fitri 2022. Pemerintah mengantisipasi dua titik krusial yang diprediksi akan terjadi kepadatan signifikan pada puncak arus mudik, yakni Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan penyeberangan Merak-Bakauheni.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemarin mengecek kegiatan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas di Tol Japek arah Cikampek. Jalur tol dari Bekasi, Cikampek, hingga Semarang menjadi titik utama yang akan digunakan para pemudik dari Jabodetabek menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

“Beberapa hari ini akan dilakukan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas yang nantinya bisa menjadi rekomendasi yang terukur dalam pengambilan keputusan,” kata Budi, Jumat (15/4).

Simulasi rekayasa lalu intas tersebut dilakukan sebagai uji coba untuk mengetahui mana yang paling efektif menekan kemacetan dengan rasio perbandingan volume kendaraan dan kapasitas jalan (VC Ratio) yang terkecil. Tetapi diskresi rekayasa lalu lintas di lapangan tetap menjadi wewenang Polri. 

photo
Foto udara pekerja mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan proyek pelebaran jalan Tol Jakarta-Cikampek di Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pengerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta–Cikampek jalur B KM 67–KM 50 akan selesai pada H-10 Lebaran 2022 sebagai antisipasi ruas fungsional terbatas khususnya kendaraan kecil pada arus balik Lebaran 2022. - (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Kemenhub memperkirakan, sekitar 47 persen dari 85,5 juta orang yang diprediksi melakukan mudik akan menggunakan jalur darat, baik kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) maupun angkutan darat seperti bus dan lainnya. Pada mudik tahun ini, pemerintah memastikan tidak akan melakukan penyekatan dan putar balik. Pengendalian di lapangan dilakukan secara humanis dan persuasif.

Korlantas Polri telah memutuskan melakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan contra flow, sistem satu arah, dan ganjil-genap. Saat ini terus didiskusikan waktu pelaksanaan rekayasa lalu lintas tersebut diberlakukan. “Mulainya bisa pada 28 April 2022 atau juga bisa lebih awal pada 25 April 2022. Hasil dari simulasi ini akan segera dilaporkan dan direkomendasikan kepada presiden,” ujar Budi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Perhubungan RI (kemenhub151)

Sejumlah area yang diprediksi akan terjadi perlambatan atau kemacetan, yakni di pintu masuk tol, rest area, pom bensin, dan tempat-tempat lainnya. Sedangkan, sejumlah titik yang diprediksi terjadi kepadatan, yaitu Jalur tol Tangerang-Merak kilometer 26. Begitu juga dengan jalur Tol Japek arah Cikampek kilometer 48-60, kilometer 31-37, kilometer 70-72, dan untuk arus balik di kilometer 54.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus memastikan kesiapan Jalan Tol Japek menjelang arus mudik. General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Japek, Muhammad Taufik, mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait.

“Sejalan dengan arahan pemerintah untuk menciptakan mudik yang aman dan sehat. Persiapan matang tengah kami lakukan karena ruas tol ini (Japek) menjadi jalan utama atau tol tulang punggung pemudik dari Arah Jakarta ke Jawa Barat sampai Jawa Timur,” kata dia.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ), Hari Pratama, menyatakan akan menyiapkan fasilitas istirahat bagi para pemudik yang melintasi jalur tol layang Japek. Fasilitas istirahat khusus atau parking bay di ruas Jalan Layang MBZ ini ditujukan bagi pengguna jalan yang ingin beristirahat sejenak akibat faktor kelelahan.

Jasamarga juga akan menghentikan sementara seluruh pekerjaan konstruksi mulai H-10 Lebaran untuk memastikan kelancaran jalur tol sebagai lintasan utama pemudik. Jasamarga memastikan pada H-10 seluruh pekerjaan pengerasan tol sudah rapi dan tidak berlubang.

Waspada Covid-19

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk tetap mewaspadai penularan kasus Covid-19 selama libur Lebaran dan perjalanan mudik ke kampung halaman. Peningkatan aktivitas masyarakat selama mudik ini diharapkan tak memicu gelombang baru penularan Covid-19.

photo
Pekerja mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan proyek pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek di Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022). - (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Berdasarkan laporan yang diterimanya, diperkirakan terdapat 23 juta mobil pribadi dan 17 juta sepeda motor yang akan melakukan perjalanan mudik di Pulau Jawa. Menurut Jokowi, pemerintah sedang menyiapkan aturan terkait perjalanan mudik secara ketat dan terperinci. Aturan ini akan disampaikan kepada masyarakat pada pekan depan.

“Sekali lagi jangan sampai ada lonjakan kasus yang tak terkendali setelah kita merayakan Hari Raya. Kita semua tentu sangat menginginkan perjalanan mudik berlangsung lancar dan penuh kegembiraan,” ujar Jokowi.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menyegerakan vaksinasi booster atau dosis ketiga. Meskipun kasus Covid-19 di Indonesia mengalami tren penurunan, tetapi kekebalan komunitas atau herd immunity masih belum tercapai.

“Inilah makanya diminta untuk senantiasa menjaga diri dengan melakukan protokol kesehatan dan juga vaksinasi ya harus (dosis) dua, bahkan sampai booster. Hati-hati karena pulang kampung di daerah itu ada orang tua, ada orang sakit, ada anak-anak. Jangan sampai justru dia membawa Covid-19 ke daerahnya, kena orang tuanya atau masyarakat, kenanya di sana, ke masyarakat lain,” kata Ma’ruf. ';

Lepas Subuh, Israel Kembali Serang Al-Aqsa

Sedikitnya 90 warga Palestina luka-luka akibat serangan militer Israel ke Masjid al-Aqsa.

SELENGKAPNYA

Ramadhan dan Keberkahan Ekonomi Umat

Keberkahan berkaitan dengan penguatan aspek ruhiyah mereka yang puasa, juga berdampak ekonomi umat.

SELENGKAPNYA
×