Ekonomi
BNI Terus Bantu UMKM Go Global
Saat ini, terdapat 70 jenis produk UMKM asal Indonesia dari 50 UMKM BNI Xpora yang telah menggunakan TradeBeyond.
JAKARTA — PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan ekspansi kinerja bisnis internasional dengan menggandeng platform digital e-commerce terbesar di Hong Kong, yakni TradeBeyond Limited untuk meningkatkan ekspor Indonesia.
Direktur Treasury & International BNI Henry Panjaitan mengatakan, pihaknya selalu berupaya proaktif meningkatkan kinerja bisnis global. Hal ini mengingat adanya potensi yang sangat besar bagi pelaku usaha korporasi sekaligus usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan akselerasi bisnis, selain karena mandat pemerintah.
“Kerja sama strategis ini merupakan salah satu wujud komitmen BNI untuk berperan aktif dan terus mendukung UMKM Indonesia go global dengan memanfaatkan platform digital e-commerce dalam memasarkan produk sekaligus mempertemukan pembeli di luar negeri," kata Henry di Jakarta, Selasa (22/2).
Dengan demikian, kerja sama tersebut diharapkan menjadi momentum peningkatan ekspor lantaran platform TradeBeyond Limited menampilkan berbagai produk dari seluruh dunia dan menghubungkan dengan para pembeli dari berbagai negara.
Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh General Manager BNI Hong Kong Endah Tjahyani dengan Direktur Keuangan dan Personalia TradeBeyond Limited Amy Lam dalam acara Webinar Diaspora Trade Talk Series–BNI Hong Kong secara daring.
Webinar Diaspora Trade Talk series merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan BNI menjelang kegiatan Global Trade Forum 2022 yang akan dilaksanakan pada Juni mendatang.
Prosesi penandatanganan juga disaksikan oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong Ricky Suhendar serta seluruh peserta webinar dari berbagai institusi dan komunitas yang tersebar di negara-negara seperti Hong Kong, Tiongkok, Taiwan, dan Makao.
Ia berharap, platform digital e-commerce ini dapat mendorong ekspor dari pemasok Indonesia untuk kategori seni hias dan kerajinan, seperti peralatan rumah tangga, perabotan dan dekorasi rumah, hingga untuk kategori hadiah, mainan, permainan, dan peralatan medis.
General Manager BNI Hong Kong Endah Tjahyani menjelaskan, TradeBeyond adalah B2B platform yang mempertemukan antara pembeli dari berbagai belahan dunia dengan penjual. Saat ini, terdapat 70 jenis produk UMKM asal Indonesia dari 50 UMKM BNI Xpora yang telah menggunakan TradeBeyond.
Tak hanya mempertemukan pembeli dan penjual dalam ekosistem digital, BNI dan TradeBeyond juga berkomitmen untuk membekali UMKM terpilih dengan kemampuan dan pengetahuan terkait pemasaran digital dan platform daring sebagai bekal untuk UMKM dapat meraih pasar internasional.
“Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya sampai ke mancanegara. BNI Cabang Hong Kong akan terus berperan aktif dalam memfasilitasi bisnis Indonesia yang terkait di Hong Kong dan memberikan layanan internasional terbaik untuk mendukung kebutuhan mitra bisnis global,” kata Endah.
BNI melalui kantor cabang luar negeri (KCLN) di Tokyo bekerja sama dengan Dopang Co Ltd untuk memfasilitasi penyaluran pembiayaan atau diaspora loan bagi Diaspora Indonesia yang memiliki UMKM.
Pemberian diaspora loan ini merupakan komitmen BNI cabang Tokyo dalam mendukung Diaspora Indonesia. BNI berkolaborasi dengan SME Center di Jepang yang merupakan wadah untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia masuk ke pasar Jepang yang diinisiasi oleh KBRI Tokyo.
Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.