Pesepak bola Persib Bandung Bruno Cunha (tengah) bersama Rashid (kiri), Beckham Putra Nugraha (kedua kiri) dan David Da Silva (kanan) merayakan gol ke gawang Persita pada pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (7/1/2022). | ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

Olahraga

02 Feb 2022, 09:28 WIB

Tampil Pincang Vs PSM, Persib Bandung tak Gentar

Persib menargetkan poin penuh dari PSM.

BANDUNG -- Persib Bandung akan bertemu dengan PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (2/2). Dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia ini, Persib masih kehilangan sejumlah pemain yang menjalani karantina akibat terjangkit Covid-19.

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, tidak khawatir dengan banyaknya pemain yang absen. Menurutnya, persiapan tim sudah sangat bagus untuk menghadapi PSM.

"Menjelang pertandingan, kami sudah melakukan latihan pemulihan setelah laga melawan Persikabo. Kami sudah siap," kata Yaya dalam konferensi pers menjelang laga, Selasa (1/2).

Persib menargetkan poin penuh dari PSM. Saat ini, skuad Maung Bandung bertengger di posisi dua klasemen dengan 43 poin hasil dari 21 laga atau tertinggal satu poin dari pemuncak klasemen sementara, Arema FF.

Yaya mengakui, target tersebut tidak akan mudah bagi tim. Selain Persib masih kehilangan sembilan pemain karena terjangkit Covid-19, Yaya menilai PSM adalah klub dengan serangan cepat.

"Kami tahu dengan adanya pelatih baru dari Belanda, ada beberapa perubahan, khususnya ketika mereka mengandalkan serangan balik cepat dengan bola langsung ke depan. Itu jadi perhatian kami," ujar Yaya menjelaskan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PSM Makassar (psm_makassar)

Di sisi lain, Covid-19 sedang menyerang berbagai klub, termasuk Persib. Yaya melihat ada yang luput, baik dari tim maupun pemain, itu sendiri sehingga banyak pemain yang terkena Covid-19.

Dalam laga ini, Persib akan kembali menggunakan tim pelapis setelah sembilan pemain absen akibat terjangkit Covid-19. Namun, pemain Persib, Frets Butuan, tidak khawatir dengan kekuatan tim. Frets bahkan tetap optimistis tim bisa mengalahkan PSM.

Di sisi lain, pelatih Persib, Robert Rene Alberts, tidak mengikuti konferensi pers menjelang laga. Yaya mengakui, Robert mengalami sakit tenggorokan sejak laga terakhir Persib kontra Persikabo.

Yaya pun tidak menyebutkan apakah Robert akan memimpin laga. Ia hanya berharap pelatih asal Belanda ini pulih dan bisa memimpin penggawa Persib.

Di lain kubu, pelatih PSM, Joop Gaal, mengakui PSM hanya memiliki persiapan kurang dari tiga hari. Sebelumnya, PSM baru bertemu dengan Barito Putera pada Jumat (28/1) lalu.

"Waktu antarpertandingan semakin pendek sehingga jika bicara soal persiapan, tentu bagi pelatih semakin sulit," kata Joop. "Namun, setiap saat kami akan berusaha maksimal untuk mengembangkan permainan."

Pelatih asal Belanda ini mengomentari PSM yang saat ini belum konsisten dalam meraih poin di setiap laga. Namun, dengan evaluasi yang dilakukan, ia berharap tim bisa mencuri poin dari Persib.

Dalam laga nanti, PSM unggul jumlah pemain inti mengingat Persib tengah mengalami masalah dengan banyaknya pemain yang terkena Covid-19. Namun, Joop menyatakan, itu bukan jadi keuntungan mengingat Persib tetap kuat dengan tim pelapisnya. "Justru, pemain yang kurang menit bermain ingin menunjukkan kepada pelatih bahwa mereka juga layak bermain sebagai starter," ujarnya menjelaskan.

Joop juga mengomentari banyaknya klub yang kehilangan pemain akibat Covid-19. Menurut dia, pihak operator harus mencari solusi atas masalah ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PERSIB (persib)

';
×