Menghadapi sergapan Operasi Gagak (Kraai) dari pasukan Belanda, Panglima Soedirman dkk langsung menjalankan strategi mundur dan gerilya ke daerah-daerah pedalaman. Mereka menghindari kota-kota besar dan bergerak dengan tim yang kecil. Panglima Soedirman m | Foto-foto: Tjokropranolo, Jenderal Soedirman

Halaman 12

Memenuhi Panggilan Tugas 1989

Oleh Memenuhi Panggilan Tugas 1989

Menghadapi sergapan Operasi Gagak (Kraai) dari pasukan Belanda, Panglima Soedirman dkk langsung menjalankan strategi mundur dan gerilya ke daerah-daerah pedalaman. Mereka menghindari kota-kota besar dan bergerak dengan tim yang kecil. Panglima Soedirman menjelajah selatan Jawa Tengah sampai Kediri untuk kemudian kembali lagi ke Jawa Tengah dan memerintah perlawanan tentara Indonesia dari sebuah kampung. Belanda tidak tinggal diam. Berkali-kali upaya penyergapan dilakukan. Namun, baik penyergapan di darat maupun pengintaian dari udara, Panglima Soedirman selalu bisa luput dari sergapan tentara oranye pimpinan Jenderal Spoor.

 

 

photo
Panglima Soedirman berbincang dengan Mr Syarifuddin Prawiranegara di podium parade militer.(source: )

 

 

photo
Panglima Soedirman mengikuti shalat Idul Adha di Lapangan IKADA Jakarta.(source: )

 

 

 

photo
Panglima Soedirman dan anak buahnya menyaksikan latihan perang di sekitar Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Maret 1947.(source: )

 

 

photo
Panglima Soedirman menerima pasukan Divisi Siliwangi Jawa Barat saat mereka hijrah ke Jawa Tengah.(source: )

 

 

 

photo
Panglima Soedirman bersama para tentara pejuang di Desa Krejo Kecamatan Ponjong dalam perjalanan gerilyanya.(source: )

 

 

 

photo
Panglima Soedirman memeriksa apel pasukan dalam latihan perang di sekitar Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Maret 1947.(source: )

 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat