Warga Palestina mengenakan syal dan ikat kepala Hamas saat mereka memprotes pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, di kota Nablus, Tepi Barat, Rabu, 31 Juli 2024. | AP Photo/Majdi Mohammed

Nasional

Perlawanan Palestina Kian Padu

Perlawanan Palestuna mulai terlihat sebagai tentara pembebasan.

GAZA – Operasi perlawanan terhadap militer Israel di Gaza kian sering dilakukan dalam bentuk operasi gabungan, yang sebagian besar melibatkan Brigade Al-Qassam dan Al-Quds. Taktik baru ini menunjukkan bahwa perlawanan Palestina sekarang beroperasi sebagai tentara pembebasan yang bersatu.

Sebelumnya, perlawanan di Gaza dilakukan berbagai kelompok berbeda yang beberapa kali berkoordinasi tetapi pada akhirnya beroperasi secara independen. 

Menurut The Palestine Chronicle, Fenomena terbaru  ini lebih terlihat di Rafah dan Khan Yunis di Gaza selatan, dan lingkungan Tel Al-Hawa di Kota Gaza, meskipun taktik ini juga digunakan di tempat lain. Sebuah video yang dibagikan oleh kelompok perlawanan Palestina pada hari Selasa adalah contohnya. 

Dalam rekaman yang baru dirilis menunjukkan Brigade Al-Quds, sayap militer gerakan Jihad Islam, menyiarkan adegan kendaraan Israel menjadi sasaran Al-Yassin 105 di kamp pengungsi Al-Shabura di pusat Rafah. Brigade tersebut mengatakan, operasi tersebut dilakukan bersama dengan Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas.

Rekaman tersebut menunjukkan penargetan kendaraan Israel dari dalam bangunan yang dibongkar, serta penargetan kendaraan militer Israel yang menembaki pejuang Perlawanan, sebelum ditembakkan. Rekaman itu juga menunjukkan sejumlah pejuang dari kedua kelompok menembakkan mortir ke arah tentara Israel dan kendaraan militer yang memasuki kamp.

“Setelah kembali dari garis depan, pejuang kami melaporkan bahwa mereka berhasil menargetkan tank Merkava dengan peluru Al-Yassin 105 di dekat Universitas Terbuka Al-Quds di lingkungan Tal Al-Sultan, sebelah barat kota Rafah di Jalur Gaza selatan,” tulis pernyataan Brigade al-Qassam, kemarin.

Mereka menyatakan menargetkan pasukan Zionis yang dibentengi di dalam sebuah rumah di sebelah Sekolah Al-Qadisiya dengan peluru TBG, dan menargetkan pasukan Zionis lain yang dibentengi di dalam rumah dengan peluru TBG dan peluru anti-personil di kamp barat lingkungan Tal Al-Sultan, sebelah barat kota Rafah di bagian selatan Jalur Gaza.

“Saat fajar kemarin, Senin, para pejuang Al-Qassam berhasil terlibat pertempuran dengan unit pasukan khusus Zionis dari jarak dekat menggunakan granat tangan dan senapan mesin. Pejuang kami mengkonfirmasi pembunuhan tiga dari mereka di wilayah Kanada di lingkungan Tal Al-Sultan, sebelah barat kota Rafah.

Latihan Pilar Perkasa yang digelar kesatuan faksi perlawanan Palestina di GAza pada September 2023. - (Dok Hamas)  ​

Pejuang mereka juga  mengkonfirmasi bahwa mereka menargetkan buldoser militer D9 dengan bahan peledak Sadmiyya di dekat Persimpangan Perumahan Merah di lingkungan Tal Al-Sultan, sebelah barat Rafah.

Sedangkan Brigade Al-Quds menyatakan bahwa mereka membombardir kumpulan kendaraan dan tentara musuh Zionis yang maju di sekitar Sekolah Omar Al-Agha di daerah Al-Qarara, timur laut Khan Younis, dengan rentetan mortir.

“Kami, bekerja sama dengan Pasukan Omar Al-Qasim dan Brigade Martir Al-Aqsa, mengebom jalur pasokan di poros Netzarim yang mengelilingi Rumah Sakit Turki dengan roket 107mm dan mortir.”

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Enam Sandera Israel Tewas, Netanyahu Diamuk

Desakan gencatan senjata menguat di Israel.

SELENGKAPNYA

Israel Kembali Bom Sekolah Penuh Pengungsi di Gaza

Israel telah berulang kali menyerang sekolah di Jalur Gaza.

SELENGKAPNYA

Hizbullah Terus Bombardir Israel, Tentara IDF Tewas

Serangan Hizbullah ke Israel terus meningkat.

SELENGKAPNYA