Batik SriManganti | Republika

Nasional

Batik SriManganti Selalu Dinanti Bersama bjb DigiCash

bjb DigiCash memicu customer berbelanja di Batik SriManganti Sumedang.
photo
Batik SriManganti - (Republika)

 

Apakah batik masih diidolakan? Tentu saja jawabannya iya. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang ditetapkan Unesco pada 29 September 2009.

Batik SriManganti Sumedang lahir hadir tahun 2021 sebagai wujud kecintaan pemiliknya  dalam melestarikan warisan budaya. Batik SriManganti berlokasi di Jalan Raya Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Batik SriManganti beroperasi mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Pemilik Batik SriManganti Miranti Putri Sanjaya (21 tahun) mengatakan, berbisnis batik merupakan penjewatahan hobinya terhadap fesyen.

photo
Batik SriManganti - (Republika)

Ditambah lagi, menurutnya, bisnis tersebut mendapat dukungan dari keluarga. Semua dukungan itu diperkuat dengan latar belakang pendidikan Miranti yang linier dengan jenis usaha batik.

photo
Batik SriManganti - (Republika)

Saat ini, Miranti masih mengenyam  pendidikan di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. "Sambil menyelesaikan study, saya sekaligus ingin membuktikan bahwa batik bisa dipake kaum muda mileal dan gen-z, dengan motif Indraloka yang keren dan slim fit," ujarnya.

Miranti menambahkan, Batik SriManganti merupakan cabang dari Batik Miranti Majalengka. Batik SriManganti sangat lekat dengan budaya Sumedang. Sri Manganti diambil dari nama Kraton Sumedang, yang mempunyai arti yang dinanti.

photo
Batik SriManganti - (Republika)

Pilihan nama Batik SriManganti merupakan saran dari Radya Anom Kraton Sumedang Larang  Raden lucki  Johari Soemawilaga. Batik SriManganti lebih dari sekadar busana. Batik ini mencerminkan kebanggaan akan warisan budaya dan keelokannya.

Yang lebih utama, Batik SriManganti  nyaman saat dikenakan. Corak yang tampak indah dan spirit budaya terlihat jelas pada batik ini. Hal lain yang melatarbelakangi Miranti dalam berbisnis batik, yakni harapan pemberdayaan ekonomi masyarakat Sumedang. 

Batik SriManganti sengaja menampung masyarakat pengangguran agar dipekerjakan sehingga berpendapatan setiap bulannya. Dalam menjalankan bisnisnya, Miranti  dibantu oleh 50 orang karyawan, mulai dari proses produksi hingga pemasaran.

photo
Batik SriManganti - (Republika)

Batik SriManganti menawarkan berbagai macam jenis kain dan motif khas Indonesia. Mulai dari batik formal, batik lengan panjang dan pendek, casual baik tradisional dan batik modern, batik tulis, sogan, batik couple dan lainnya.

photo
Batik SriManganti - (Republika)

Adapun motif batik yang sudah diproduksinya, antara lain batik Naga Paksi, Motif Cadas Pangeran, Motif Lingga, Motif Tutut, Motif Mahkota Binokasih.  Ada juga baju casual,  kebaya modern,  brukat  dan pakaian khusus untuk ‘ngantor’ dengan motif kawung dan parang lereng.

Produk Batik SriManganti mulai dibandrol dengan harga Rp 60 ribu hingga Rp 500 ribu per piece. Setiap bulannya, Batik SriManganti mampu menjual ribuan piece batik, baik secara penjual offline maupun online

photo
Batik SriManganti - (Republika)

Konsumennya dari mulai Sumedang, Garut, Tasik, Jakarta, Bandung bahkan sampai mancanegara. Semua informasi seputar Batik SriManganti dapat ditemukan di Instagram  @batik_ SriManganti atau bisa ke no Whatsapp  0812-2361-2370.

Selain konsumen perorangan, Batik SriManganti juga banyak menerima order dari pemerintah daerah di seluruh Indonesia. "Alhamdulilah, Batik SriManganti memproduksi batik untuk seragam SD, SMP, SMK dan SMA," tambah Miranti .

photo
Batik SriManganti - (Republika)

Selain harganya kompetitif, konsumen Batik SriManganti juga dinyamankan dengan sistem transaksinya. Pengelola Batik SriManganti sengaja memilih layanan bjb DigiCash pada sistem pembayarannya. bjb DigiCash merupakan layanan yang digunakan oleh nasabah maupun non nasabah, dengan memanfaatkan teknologi berbasis mobile application yang berfungsi multiguna.

Melalui bjb DigiCash, Miranti dan konsumennya banyak mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi. Saat ini, eranya masyarakat tidak membawa banyak uang cash atau tunai. ‘’Sudah eranya menggunakan sistem pembayaran yang cashless. Cara itu lebih nyaman dan aman,’’ paparnya.

bjb DigiCash sudah dilengkapi fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Melalui QRIS, pelanggan cukup scan stiker barcode melalui ponselnya. Kelebihan lainnya, saldo berupa uang elektronik yang tersimpan di bjb DigiCash, tidak memiliki masa berlaku.

bjb DigiCash juga akan tetap aktif walaupun saldonya Rp 0. Untuk top up saldo, dapat dilakukan pada aplikasi dan loket yang tersedia, dengan tujuan rekening sesuai dengan nomor telepon selular.

Sementara untuk top up dari bank lain, dapat memilih menu transfer antarbank, lalu pilih bank bjb (110) dan masukkan kode 0041+nomor handphone. Saldo maksimal yang bisa tersimpan di aplikasi bjb DigiCash sebesar Rp 2 juta.

Sementara untuk layanan bjb DigiCash yang terdaftar (registered), dapat menyimpan saldo hingga Rp 10 juta. Dalam sebulan, batas maksimal incoming top up, transfer, refund sebesar Rp 20 juta. Sementara batas maksimal dalam satu kali transaksinya sebesar Rp 2 juta.

Saat transaksi menggunakan bjb DigiCash, konsumennya dapat menggunakan fitur Purchase QR Code Methode. Purchase QR Code Methode yaitu cara pembelanjaan di berbagai merchant dengan metode QR Code/QRIS, atau memakai fitur fund transfer. Dengan begitu, konsumen dapat melakukan transfer sesama bjb DigiCash dan rekening bank bjb secara lebih cepat.

Pihaknya merasa beruntung karena mendapatkan kepercayaan dari bank bjb dalam menggunakan bjb Digicash. "Saya ucapkan terimakasih kepada bank bjb yang telah menyediakan layanan bjb DigiCash, sehingga bisnis kami dimudahkan dan tumbuh,’’ tandasnya. 

Batik SriManganti - (Republika)

  ​

Advertorial

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat