Anggota tentara Cina merayakan peluncuran rudal Panah Merah pada latihan perang sebelumnya. | Tentara Rakyat Cina

Berita

Pejuang Palestina Kenalkan Rudal ‘Panah Merah’

Senjata baru pejuang Palestina bisa mengubah perang.

GAZA – Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas, mengungkap penggunaan peluru kendali Cina yang disebut “Panah Merah”. Senjata itu bakal digunakan untuk menargetkan kendaraan militer Israel.

Pada Senin, Brigade al-Qassam menyiarkan adegan kendaraan rekayasa OFK menjadi sasaran peluru kendali “Panah Merah”, di sebelah barat kawasan Tal Zu’rob di kota Rafah, selatan Jalur Gaza.

Panah Merah adalah rudal anti-tank generasi kedua, dan merupakan kategori rudal yang dikendalikan dengan metode kabel optik.

Rudal Panah Merah terdiri dari proyektil anti-lapis baja, yang terdiri dari hulu ledak, roket berbahan bakar padat, dan unit kontrol yang terhubung ke platform peluncuran melalui kabel, untuk mengarahkannya secara visual ke sasaran.

Rudal ini memiliki kemampuan tinggi untuk mencapai sasaran dari jarak berkisar 3 dan 4 kilometer, dan merupakan salah satu sistem rudal terpenting yang diandalkan oleh Tentara Pembebasan Rakyat Cina sejak akhir tahun 1980-an.

Rudal tersebut diproduksi pada tahun 1980, dan digunakan dalam Perang Bosnia dan Herzegovina, dan dalam pertempuran setelah revolusi Suriah. Beratnya 25 kilogram. Rudal tersebut diluncurkan dari darat, dan juga dapat diluncurkan melalui kendaraan tempur atau helikopter serang.

Dalam laporan sebelumnya yang diterbitkan oleh Sputnik pada tahun 2021, industri militer Cina memproduksi beberapa jenis sistem rudal anti-tank portabel generasi ketiga, termasuk rudal yang serupa dengan rudal Amerika, FGM-148 Javelin.

Menurut pakar militer Kolonel Hatem Al-Falahi, rudal Panah Merah, yang menurut kelompok perlawanan baru-baru ini mulai digunakan, merupakan tambahan kualitatif, karena membantu menghantam kendaraan dan kendaraan lapis baja dari jarak hingga 4 kilometer.

photo
Pejuang Hamas dari brigade antilapis baja dalam konfoi di Jalur Gaza beberapa waktu lalu. - (Dok Hamas)

Al-Falahi menjelaskan, dalam analisis situasi militer di Jalur Gaza, rudal jenis ini memiliki kemampuan tinggi untuk mengenai kendaraan dan lapis baja. Al-Falahi percaya penggunaan rudal ini merupakan indikasi bahwa gerakan perlawanan memiliki lebih banyak senjata yang mampu menyerang kendaraan lapis baja, dan mengatakan kini waktunya strategi perlawanan untuk menyerang unit militer dari jarak jauh.

Al-Falahi mengatakan, operasi pada Senin menegaskan kenyataan sangat berbeda dari apa yang dikatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan membantah pembicaraan para pemimpin tentara penjajah tentang deklarasi kemenangan atas Brigade al-Qassam.

Pakar militer Mayor Jenderal Fayez Al-Duwairi mengatakan, Brigade al-Qassam memiliki kesempatan menggunakan rudal Panah Merah secara luas untuk mengubah jalannya pertempuran. Menurutnya rudal-rudal ini akan menimbulkan kerugian besar bagi pasukan penjajah jika digunakan secara khusus pada awal pertempuran. 

Video evakuasi kendaraan tempur Israel yang dihancurkan pejuang Palestina, dilansir Brigade al-Qassam pada Senin (18/12/2023). - (Dok Hamas)  ​

Ia menambahkan, pihak pejuang mempunyai alasan dalam menunda penggunaan rudal ini karena mereka lebih mengetahui jalannya pertempuran. Namun, ia mengatakan bahwa menggunakan rudal ini di awal pertempuran akan menimbulkan kerugian yang besar bagi pasukan penjajah.

Dia menunjukkan bahwa mekanisme penjajah akan menjadi sasaran empuk bagi gerakan perlawanan jika mereka memiliki persediaan rudal yang banyak. Terlebih, rudal tersebut memiliki jangkauan yang jauh dan kemudahan penggunaan. Apalagi rudal tersebut dapat diluncurkan dari dalam rumah.

Al-Duwairi menekankan bahwa pembicaraan tentara penjajah tentang merusak kekuatan Hamas masih belum jelas. Hal ini karena pejuang Palestina merupakan pasukan tidak teratur yang dapat terus berperang bahkan jika mereka kehilangan lebih dari 60 persen pasukan. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Ribuan Pejuang Siap Bantu Hizbullah hadapi Israel

Kelompok-kelompok perlawanan yang didukung Iran di Timur Tengah menyatakan kesiapannya.

SELENGKAPNYA

Pejuang Palestina Belum Terkalahkan

Israel mengakui tewasnya dua prajurit di Jalur Gaza.

SELENGKAPNYA

Dibombardir Pejuang Palestina, Israel Mundur dari Jabalia

IDF kembali mengumumkan tewasnya dua perwira.

SELENGKAPNYA