Peresmian logo dan merek baru Pos Indonesia bernama POS IND, Kamis (16/11/2023) | Pos Indonesia

Ekonomi

Pos Indonesia Bertransformasi Jadi POS IND

POS IND menjadi babak baru industri pos.

JAKARTA -- Pos Indonesia meresmikan merek dan logo baru bernama POS IND yang merupakan singkatan dari Pos Indonesia Integrated National Disribution di Pos Bloc Surabaya, Kamis (16/11/2023). POS IND mengusung semangat kolaborasi, integrasi, dan visi untuk membangun sinergi logistik sebagai tulang punggung ekonomi negara. 

Kehadiran POS IND diyakini akan mendorong perubahan serta membangun masa depan sektor logistik yang lebih baik bagi Indonesia. Persemian merek dan logo POS IND ditandai dengan pemutaran video yang disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. 

“Semangat yang diusung yaitu Together to Accelerate, tagline ini menggambarkan semangat kolaborasi POS IND dengan berbagai perusahaan logistik untuk berfokus pada percepatan perkembangan dan kemajuan sektor logistik nasional,” ungkap Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Peresmian logo dan branding baru ini merupakan penegasan atas napas baru transformasi menuju BUMN logistik sesuai dengan arahan dari pemerintah melalui Kementerian BUMN. 

photo
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri peresmian logo dan merek baru Pos Indonesia bernama POS IND, Kamis (16/11/2023). - (Pos Indonesi)

Lahirnya POS IND merupakan wujud langkah transformatif dan awal babak baru dalam sejarah panjang industri pos di Indonesia. Tak hanya menjadi penyedia layanan, POS IND memiliki semangat baru guna mempercepat kemajuan logistik di Indonesia. 

Direktur Utama POS IND Faizal R Djoemadi menjelaskan bahwa peresmian merek dan logo merupakan gambaran menuju BUMN logistik yang modern, dapat bersaing secara global serta merupakan bentuk nyata atas dukungan perusahaan terhadap peningkatan ekonomi nasional. 

“Transformasi menuju perusahaan logistik akan mengubah dari segi landscape portfolio pendapatan logistik yang saat ini masih sekitar 17 persen, diharapkan dapat meningkat signifikan hingga menjadi sumber pendapatan utama bagi POS IND Group melalui berbagai inisiatif yang akan dijalankan,” kata dia.

Faizal memastikan bisnis non-logistik (kurir, jasa keuangan, dan lainnya) akan tetap berjalan sesuai dengan target serta inisiatif yang akan dijalankan pada setiap segmen.

Ada beberapa pertimbangan yang melandasi perubahan merek dan logo, di antaranya adanya perubahan lingkup bisnis. Terminologi 'pos' kurang memiliki makna yang kuat sebagai representasi dari industri logistik, karena istilah 'pos'merupakan salah satu bagian dari industri logistik. 

Selanjutnya, citra nama yang cenderung tua, karena persepsi masyarakat terhadap Pos Indonesia cenderung tua dan lamban berdasarkan riset yang dilakukan. Selain itu pelafalan nama yag terlalu panjang memiliki resiko pelafalan yang susah dan tidak mudah diingat. 

Dengan diresmikannya merek dan logo POS IND, maka logo Burung Merpati Pos Indonesia dinyatakan tidak berlaku. Proses peralihan logo akan dilakukan secara bertahap.

Peresmian POS IND dilakukan di hari yang sama saat Menteri BUMN  Erick Thohir meresmikan Pos Bloc di Surabaya, Jawa Timur. Erick menyampaikan, Pos Bloc merupakan bentuk transformasi PT Pos Indonesia dalam menghadapi perubahan zaman. 

photo
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri peresmian logo dan merek baru Pos Indonesia bernama POS IND, Kamis (16/11/2023). - (Pos indonesia)

Erick mengatakan kehadiran Pos Blok juga menjadi langkah konkret dalam mendukung kemajuan UMKM. Erick selalu menekankan UMKM harus jadi bagian pertumbuhan ekonomi nasional dan memastikan pemberdayaan UMKM itu berkelanjutan.

"Kalau bisa jangan ini hanya peresmian terus mangkrak, kita pernah buktikan kalau Sarinah sukses, (Pos Bloc) Medan, Jakarta bagus, Bandung dan Surabaya harus bagus," ucap Erick. 

Erick menyampaikan Pos Bloc Surabaya menjadi wujud nyata BUMN memaksimalkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki untuk meningkatkan industri kreatif di Surabaya. Pos Bloc Surabaya menjadi Pos Bloc keempat setelah Jakarta, Medan, dan Bandung.

"Semoga Pos Bloc Ini bisa memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat," kata Erick. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat