Sejumlah anak belajar membatik corak Cirebonan di Sentra Batik Trusmi, Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. | ANTARA FOTO

Iqtishodia

Nusantaranomics: Produk Berbasis Kearifan Lokal

Nusantaranomics salah satunya ditandai dengan lahirnya kewirausahaan orisinal khas masyarakat Nusantara.

Oleh Dr. Jono M Munandar, Staf pengajar senior di Departemen Manajemen dan anggota Senat FEM-IPB University

Perkembangan ekonomi di nusantara yang dilakukan oleh banyak etnis dengan berlandaskan pada sikap kekeluargaan, solidaritas sosial, dan kearifan lokal maupun agama, dipopulerkan dengan Nusantaranomics. Nusantaranomics salah satunya ditandai dengan lahirnya kewirausahaan orisinal khas masyarakat nusantara dan setiap daerah mempunyai hal tersebut. Salah satu contohnya adalah batik-batik dari Cirebon, Solo, hingga Yogyakarta. ...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat