Peristiwa
Nasib Penjualan Merchandise Resmi Piala Dunia U-20
Batalnya gelaran Piala Dunia U-20 berdampak pada kelanjutan penjualan merchandise resmi WC U-20.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembatalan gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia mulai menimbulkan dampak berantai. Salah satu yang terdampak adalah penjualan cendera mata berlisensi resmi turnamen ini.
Adalah PT Juara Raga Adidaya mengaku sangat terdampak akibat pembatalan gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia. Itu karena, pemegang lisensi merchandise resmi Piala Dunia FIFA U-20 tersebut telah memproduksi 53 jenis merchandise.
Juara Raga menyatakan, itu jumlah produksi terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20. Terkait nasib merchandise tersebut, perusahaan mengatakan tengah berkoordinasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).
Dijelaskan, pembatalan Piala Dunia U-20 di Jakarta pun berdampak besar terhadap sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Alasannya, Juara Raga sudah menjalin kerja sama dengan banyak UMKM dalam produksi beragam merchandise itu.
Sementara itu official store World Cup U-20 di FX Sudirman, beberapa pembeli tampak tengah memilih produk-produknya. Beragam produk mulai dari kaos hingga gantungan kunci dijual di toko ini.