Pengendara motor melintas di jalur pedestrian di Kawasan MT Haryono, Cawang, Jakarta, Kamis (2/2/2023). Para pengendara sepeda motor melakukan pelanggaran disiplin lalu lintas dengan menggunakan trotoar sebagai jalurnya dan mengambil hak para pejalan kaki | Republika/Prayogi.

Peristiwa

Mental Terabas Sepeda Motor, Jalur Trotoar Dilibas

Salah satu karakteristik pengendara di Tanah Air adalah kebiasaan menerabas.

JAKARTA -- Salah satu karakteristik pengendara di Tanah Air adalah kebiasaan menerabas. Mentalitas terabas tanpa mau antri tidak hanya terbatas pada salah satu moda kendaraan roda dua, empat atau lebih.

photo
Pengendara motor melintas di jalur pedestrian di Kawasan MT Haryono, Cawang, Jakarta, Kamis (2/2/2023). Para pengendara sepeda motor melakukan pelanggaran disiplin lalu lintas dengan melintasi trotoar. - (Republika/Prayogi.)

 

Namun diakui atau tidak mental terabas ini lebih mudah ditemukan pada pengendara sepeda motor. Selalu ada yang enggan mengantri lalu menerabas. Mulai dari lampu merah lawan arah, hingga melintasi jalan yang bukan haknya, jalur trotoar

photo
Pengendara motor melintas di jalur pedestrian di Kawasan MT Haryono, Cawang, Jakarta, Kamis (2/2/2023). Mereka mengambil hak para pejalan kaki untuk menghidari kemacetan lalulintas. - (Republika/Prayogi.)

 

Hal ini tampak pada pengendara motor melintas di jalur pedestrian di Kawasan MT Haryono, Cawang, Jakarta, Kamis (2/2/2023). Para pengendara sepeda motor mengambil hak para pejalan kaki tanpa mau bersusah payah antre akibat jalan macet.

photo
Pengendara motor melintas di jalur pedestrian di Kawasan MT Haryono, Cawang, Jakarta, Kamis (2/2/2023).  (Republika/Prayogi.)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat