Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. | ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Sepak Bola

Timnas U-16 Diharapkan Mampu Bicara Banyak di AFC U-17

Bima Sakti berharap bisa kembali membentuk timnas U-16 yang kuat.

JAKARTA -- Timnas Indonesia U-16 sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Kota Bogor, Jawa Barat, sebagai persiapan untuk menghadapi turnamen kualifikasi Piala AFC U-17 2023. Tim asuhan Bima Sakti akan bersaing di Grup B untuk lolos ke putaran final.

Timnas U-16 berada dalam satu grup dengan Uni Emirat Arab, Palestina, Malaysia, dan Guam. Skuad Garuda Asia tentunya memiliki kepercayaan dari yang tinggi menyambut kualifikasi ini setelah sebelumnya berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)

Selain itu, Iqbal Gwijangge dkk akan bermain dengan dukungan penuh dari suporter Indonesia karena seluruh pertandingan Grup B akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 1-9 Oktober 2022.

Laga perdana timnas Indonesia U-17 adalah melawan Guam pada 3 Oktober 2022. Setelah itu, timnas U-16 berhadapan dengan Uni Emirat Arab di pertandingan kedua pada 5 Oktober 2022. Kemudian, melawan Palestina pada 7 Oktober 2022 dan dalam laga pemungkas Grup B, Indonesia akan berhadapan dengan rival sesama Asia Tenggara, yaitu Malaysia, pada 9 Oktober 2022.

Persiapan yang dilakukan oleh Garuda Asia sudah dimulai sejak awal September ketika menggelar TC di Yogyakarta pada sejak 5 September hingga 25 September 2022. Saat itu, Bima Sakti memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan. Tapi, jumlah itu sudah berkurang dan kini tersisa 32 pemain yang mengikuti TC di Kota Hujan.

 
 
Alhamdulillah, kami bersyukur dan berterima kasih kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) karena telah difasilitasi lapangan latihan.
 
 

"Alhamdulillah, tim U-16 sudah menuntaskan kegiatan seleksi pemain sekaligus pemusatan latihan di Yogyakarta. Kini, mereka kembali mengadakan seleksi dan pemusatan latihan sebagai persiapan kualifikasi Piala AFC U-17 di Kota Bogor," kata Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (29/9).

Dari jumlah 32 pemain yang mengikuti TC di Kota Bogor tersebut, Persija Jakarta dan Borneo FC Samarinda menjadi penyumbang pemain terbanyak ke dalam skuad. Adapun empat pemain yang dipulangkan adalah Dimas Dinanda (Persis Solo), Radino Arsyad Avisyal (ASIOP DKI), Muhammad Ridho Pratama Supita (PSSA Asahan), dan Muhammad Bagus Cahaya Islami (Persib Bandung).

"Alhamdulillah, kami bersyukur dan berterima kasih kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) karena telah difasilitasi lapangan latihan dan bisa melaksanakan pemusatan latihan sebagai persiapan untuk turnamen terdekat, yaitu kualifikasi Piala AFC U-17," kata Bima Sakti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)

Bima Sakti berharap bisa kembali membentuk timnas U-16 yang kuat. Pasukan besutan Bima Sakti sebelumnya sukses menjuarai Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia tampil gemilang sejak fase grup dengan memenangkan semua laga dan lolos sebagai juara dengan poin maksimal, yakni 9 poin, dari kemenangan atas Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Kemudian, pada laga semifinal, Indonesia menyingkirkan Myanmar lewat drama adu penalti. Puncaknya, Muhammad Iqbal Dwijangge dkk berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 pada partai final untuk merengkuh gelar juara. "Saya juga berharap kami bisa berbicara banyak di kualifikasi Piala AFC U-17 nanti," ujar Bima menjelaskan.

Modal Bagus Persis Solo Sambut PSM Makassar

Pelatih Persis Solo memberikan waktu libur pasukannya ketika jeda internasional.

SELENGKAPNYA

Satu Debutan dan Tiga Wajah Lama

Belanda menjadi tim dengan performa paling impresif.

SELENGKAPNYA