Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kedua kanan), Wamenkumham Edward Hiariej (kedua kiri), dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR membahas naturalisasi pesepakbola Jordi Amat dan Sandy Walsh di ko | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Olahraga

Jordi Amat dan Sandy Walsh Diharapkan Segera Bela Timnas

Proses raker dengan Komisi III DPR berjalan cukup cepat dan lancar.

JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap proses naturalisasi calon pemain timnas sepak bola Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, segera rampung. Menpora bersama Wamenkumham Edward Hiariej dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi III DPR pada Senin (29/8).

Pada rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPR Bambang Wurianto tersebut, Menpora memaparkan dasar pertimbangan kedua pemain tersebut perlu mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia. Hasilnya pun Komisi III DPR setuju terkait pemberian kewarganegaraan kedua pemain itu.

Selanjutnya, setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi III DPR, proses naturalisasi kedua pemain akan dilakukan dengan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR pada 1 September 2022. Setelah itu, Jordi dan Sandy akan disumpah setia kepada NKRI.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jordi Amat (@jordiamat5)

"Komisi III DPR memberikan dukungan terhadap proses pewarganegaraan yang diajukan oleh PSSI dan kami merekomendasikan bersama Kemenkumham yang secara yuridisnya sudah ditempuh dengan benar dan juga sudah dijelaskan oleh Ketua Umum PSSI. Hasilnya mendapat dukungan penuh dari Komisi III DPR," kata Zainudin dikutip dari laman resmi Menpora, Selasa (30/8).

Menpora berharap setelah mendapat persetujuan dari Komisi III DPR ini, proses selanjutnya akan lancar dan kedua pemain bisa bertanding pada FIFA Matchday nanti. "Pada 24 September dan 27 September 2022, timnas Indonesia menghadapi Curacao di FIFA Matchday," ujarnya menjelaskan.

Proses raker dengan Komisi III DPR berjalan cukup cepat dan lancar. Sandy Walsh dan Jordi Amat pun hadir dalam rapat kerja tersebut. Hanya saja, keduanya tidak hadir secara fisik, tetapi hadir secara daring.

Jordi Amat dan Sandy Walsh tampil secara daring karena sedang disibukkan dengan agenda klub masing-masing. Sandy Walsh baru saja membela KV Mechelen di Liga Belgia, sedangkan Jordi Amat sedang serius berlatih bersama klub raksasa Malaysia, Johor Darul Takzim.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @sandywalsh

Piala AFF 2022

Sementara itu, timnas Indonesia satu grup dengan Thailand dari hasil undian Piala AFF 2022 yang dilaksanakan di Thailand pada Selasa (30/8). Selain Thailand, timnas Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Filipina, Kamboja, dan satu tim pemenang babak play-off kualifikasi yang diperebutkan oleh Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Sementara itu, Grup B dihuni Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos. Hasil drawing ini membuat Indonesia terhindar dari grup neraka. Hanya Thailand yang menjadi pesaing terberat bagi tim asuhan Shin Tae-yong di Grup A.

Sebelumnya, di Piala AFF 2020 yang digelar pada 2021, Indonesia berhasil menembus partai final. Sayangnya, Asnawi Mangkualam dkk kalah dengan agregat 2-6 dari Thailand.

Format Piala AFF 2022 yang digelar pada Desember 2022 hingga Januari 2023 tidak akan menggunakan pola Piala AFF 2020 yang terpusat di satu tempat. Pertandingan babak penyisihan grup akan menerapkan sistem round robin dengan masing-masing tim menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang.

Kemudian, dua tim terbaik dari masing-masing grup berhak lolos ke babak semifinal. Babak knockout akan menerapkan sistem dua leg kandang dan tandang.

 

Hasil Drawing Piala AFF 2022:

Grup A

  • Thailand
  • Filipina
  • Indonesia
  • Kamboja
  • Brunei/Timor Leste

 

Grup B

  • Vietnam
  • Malaysia
  • Singapura
  • Myanmar
  • Laos

Menhub Kaji Ulang Kenaikan Tarif Ojol

Jika dibandingkan dengan aturan sebelumnya, hanya tarif ojol di Jabodetabek yang naik.

SELENGKAPNYA

Rekor Mengilap Iblis Merah

Pelatih Milan Stefano Pioli diklaim akan melakukan perubahan pada susunan pemain.

SELENGKAPNYA

Dominasi Satria Muda yang Belum Tergoyahkan

Pemain Satria Muda sepertinya memang memiliki standar yang hampir sama.

SELENGKAPNYA