Presiden JOe Biden berbicara selepas bertemu Hyundai Motor Group Executive Chair Euisun Chung, di Grand Hyatt Seoul, Korea Selatan, Sabtu (21/5/2022). | AP Photo/Evan Vucci

Internasional

Biden Luncurkan Rencana Ekonomi Indo-Pasifik

Biden meluncurkan rencana keterlibatan ekonomi AS yang lebih besar dengan Indo-Pasifik.

TOKYO -- Presiden Amerika Serikat  Joe Biden tiba di Jepang pada Ahad (22/5). Ia meluncurkan rencana keterlibatan ekonomi AS yang lebih besar dengan Indo-Pasifik.

Tokyo akan menjadi saksi peluncuran Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) atau Kerangka Kerja Ekonomi Indo-Pasifik untuk Kemakmuran  yang telah lama ditunggu-tunggu oleh Biden. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama negara-negara kawasan Indo-Pasifik di berbagai bidang termasuk ketahanan rantai pasokan, energi bersih, infrastruktur, dan digital. 

Rencana keterlibatan ekonomi AS di Indo-Pasifik menghadapi kritik. Alasannya, IPEF dinilai hanya menawarkan sedikit manfaat bagi negara-negara di kawasan Indo-Pasifik.

Gedung Putih menginginkan agar IPEF mewakili negosiasi formal dengan kelompok inti negara-negara yang berpikiran sama. Sumber perdagangan dan diplomatik mengatakan, Jepang ingin memastikan partisipasi yang lebih luas untuk merangkul negara Asia Tenggara.

"Jepang menginginkan peserta sebanyak mungkin, dan juga ingin AS melakukan proses dialog inklusif setelah peluncuran," kata seseorang yang akrab dengan diskusi tersebut.

Washington tidak memiliki pilar ekonomi untuk keterlibatan Indo-Pasifik sejak mantan Presiden Donald Trump keluar dari perjanjian perdagangan multinasional yang sekarang dikenal sebagai Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik. Hal ini membuat Cina semakin leluasa untuk memperluas pengaruhnya.

Pada putaran kedua perjalanan Biden ke Asia sebagai presiden, dia dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin Jepang, India dan Australia. Negara-negara tersebut tergabung dalam aliansi the quad.

Pada Senin (23/5), Biden dijadwalkan berbicara dengan Kaisar Naruhito sebelum bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida. Biden dan Kishida diperkirakan akan membahas rencana Jepang untuk memperluas kemampuan dan jangkauan militernya sebagai tanggapan atas kekuatan Cina yang semakin besar.

Seorang pejabat Kementerian Keuangan Jepang mengatakan, banyak negara Asia Tenggara tidak akan bergabung dengan IPEF karena kurangnya insentif praktis seperti pengurangan tarif. "Ini bukan keputusan yang bagus, tetapi keputusan yang praktis, mungkin karena tidak benar-benar memiliki konten yang signifikan," kata pejabat itu.

photo
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (tengah) saat foto bersama dalam rangkaian KTT Khusus ASEAN-AS di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Jumat (13/5/2022). Pertemuan khusus tersebut dalam rangka memperkuat kemitraan ASEAN-AS. - (ANTARA FOTO/HO/ Setpres/Laily Rachev)

Namun, seorang diplomat Asia mengatakan setidaknya setengah dari 10 negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dapat bergabung dalam upacara peluncuran tersebut.

"Tampaknya Gedung Putih telah memutuskan untuk membuat peluncuran IPEF lebih seperti pesta dengan bar terbuka yang mengundang semua orang, dengan pekerjaan nyata yang akan dimulai pada Senin pagi," kata seorang pakar perdagangan di Pusat Strategis dan Studi Internasional Washington, Matthew Goodman.

“Akhirnya pemerintah harus menawarkan manfaat yang lebih nyata jika ingin mempertahankan negara-negara di dalamnya," kata Goodman menambahkan.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan mengatakan, Taiwan tidak akan menjadi bagian dari peluncuran IPEF. Tetapi Washington ingin memperdalam hubungan ekonomi dengan Taiwan terutama dalam masalah teknologi tinggi, termasuk semikonduktor dan rantai pasokan.  

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat