Prajurit militer Sri Lanka berpatroli du Kolombo, Srilanka, Rabu (11/5/2022). Militer Sri Lanka menerapkan tembak di tempat bagi warga yang melakukan perusakan dan kericuhan. | AP Photo/Eranga Jayawardena)

Kabar Utama

Sri Lanka Kerahkan Militer Redam Kerusuhan

Sri Lanka mengerahkan personel dan kendaraan militer ke jalan-jalan.

KOLOMBO — Sri Lanka mengerahkan personel dan kendaraan militer ke jalan-jalan di negara tersebut, termasuk di ibu kota Kolombo, Rabu (11/5). Hal itu untuk memastikan keamanan di tengah gelombang demonstrasi nasional menuntut reformasi pemerintahan. 

“Pasukan dan kendaraan militer dikerahkan untuk memastikan keamanan publik,” kata militer Sri Lanka dalam sebuah pernyataan, dikutip laman Outlook India, Rabu (11/5). 

Menurut laporan surat kabar News First, Penunggang Tempur Pasukan Khusus Angkatan Darat juga telah dikerahkan untuk berpatroli di Kolombo dan pinggiran kota tersebut.

Pengerahan itu dilakukan sehari setelah Kementerian Pertahanan Sri Lanka negara memerintahkan personel Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut untuk menembaki siapa pun yang menjarah properti publik atau menyebabkan kerugian bagi orang lain di tengah kekacauan akibat aksi protes. Saat ini, Sri Lanka juga telah menerapkan jam malam.

Menteri Pertahanan Sri Lanka Jenderal (Purnawirawan) Kamal Gunaratne mendesak para demonstran untuk tetap tenang dan tidak menggunakan kekerasan. Dia memperingatkan, jika penjarahan dan kerusakan properti terus berlanjut, Kementerian Pertahanan Sri Lanka akan dipaksa untuk menegakkan hukum secara tegas terhadap para pelanggar.

photo
Seorang pemulung mencari sisa-sisa dari bus yang dibakar massa di Kolombo, Sri Lanka, Rabu (11/5/2022). Kericuhan akibat protes krisis ekonomi di Kolombo menimbulkan banyak kerusakan fasilitas umum. - (AP Photo/Eranga Jayawardena)

“Saya mengimbau para pemuda dan pemudi untuk menahan diri dari melakukan kekerasan. Jangan membakar properti publik dan pribadi. Terlibatlah dalam perjuangan Anda dengan cara yang demokratis dan damai,” ujar Gunaratne. 

Dia menambahkan, para penjarah telah mengambil kesempatan untuk melakukan kejahatan dengan kedok protes damai. Gunaratne sangat menyayangkan aksi-aksi tersebut. 

Sedikitnya delapan orang tewas, sementara lebih dari 250 lainnya terluka dalam bentrokan yang juga mengakibatkan sejumlah properti milik politisi partai Sri Lanka Podujana Peramuna dibakar. 

Partai Sri Lanka Podujana Peramuna adalah partai Presiden Gotabaya Rajapaksa. Gotabaya telah menyerukan warganya untuk menolak upaya disharmoni rasial dan agama di negara yang tengah dilanda krisis ekonomi tersebut. Meski sudah didesak mundur, Gotabaya justru meminta rakyat di sana bersatu mengatasi krisis.

“Inilah saatnya bagi semua warga Sri Lanka untuk bergandengan tangan menjadi satu, untuk mengatasi tantangan ekonomi, sosial, dan politik. Saya mendesak semua warga Sri Lanka menolak upaya subversif yang mendorong Anda ke arah disharmoni rasial dan agama. Mempromosikan moderasi, toleransi, dan koeksistensi sangat penting,” kata Gotabaya lewat akun Twitter-nya, Rabu.

photo
Warga melintasi bus yang dibakar massa di Kolombo, Sri Lanka, Rabu (11/5/2022). Kericuhan akibat protes krisis ekonomi di Kolombo menimbulkan banyak kerusakan fasilitas umum. - (AP Photo/Eranga Jayawardena)

Belum jelas mengapa tiba-tiba Gotabaya memperingatkan tentang disharmoni rasial dan agama. Kendati demikian, Sri Lanka memang memiliki sejarah cukup panjang dan berdarah terkait ketegangan antar-etnis. Saat ini, ketegangan masih membekap wilayah-wilayah di Sri Lanka.

Paus Fransiskus menyoroti pergolakan yang tengah berlangsung di Sri Lanka. Dia meminta otoritas di sana mendengarkan aspirasi rakyat. 

“Saya menyampaikan perhatian khusus pada rakyat Sri Lanka dan para pemuda yang belakangan ini membuat tangisan mereka didengar dalam menghadapi masalah sosial serta ekonomi negara,” ujar Paus Fransiskus pada akhir audiensi umum di Lapangan Santo Petrus, Rabu (11/5), dikutip laman Asianews

Paus Fransiskus mengungkapkan, dia bergabung dengan otoritas agama-agama di sana dalam mendesak semua pihak menjaga perdamaian dan tidak terjerumus pada aksi kekerasan. “Saya mengimbau semua pihak yang bertanggung jawab untuk mendengarkan aspirasi rakyat, menjamin penghormatan penuh terhadap hak asasi manusia (HAM), dan kebebasan sipil,” katanya. 

Pada Senin (9/5) malam, ribuan pengunjuk rasa anti-pemerintah menggeruduk kediaman resmi perdana menteri Sri Lanka yang baru saja mengundurkan diri, Mahinda Rajapaksa. Hal itu membuat Mahinda harus dievakuasi oleh militer pada Selasa (10/5) dini hari. 

Meski menuntut reformasi dan penghapusan unsur “Rajapaksa” di tubuh pemerintahan, pengunduran diri Mahinda tak membuat gelombang demonstrasi yang telah berlangsung sejak Maret mereda. Dalam aksi penggerudukan kediaman Mahinda, para pengunjuk rasa menyerbu gedung utama berlantai dua tempat Mahinda bersembunyi bersama keluarga dekatnya.

photo
Warga Sri Lanka mengantre untuk membeli bensin dan minyak goreng di SPBU di Kolombo, Sri Lanka, Rabu (11/5/2022). - (AP Photo/Eranga Jayawardena)

“Setelah operasi sebelum fajar, mantan perdana menteri dan keluarganya dievakuasi ke tempat yang aman oleh tentara. Setidaknya 10 bom bensin dilemparkan ke dalam kompleks,” kata seorang pejabat tinggi keamanan, dikutip laman the Guardian. 

Dalam proses evakuasi, polisi terus menembakkan gas air mata dan tembakan peringatan ke udara. Mahinda Rajapaksa adalah kakak dari Gotabaya Rajapaksa. Sebelum mengisi posisi perdana menteri, Mahinda pernah menjabat sebagai presiden selama sepuluh tahun, yakni dari 2005 hingga 2015.

Pengunduran diri Mahinda merupakan konsesi terbaru yang dibuat dinasti Rajapaksa dalam menghadapi aksi protes berkepanjangan. Gotabaya baru-baru ini setuju untuk mencabut amendemen konstitusi yang telah memusatkan kekuasaan di tangannya dan menyerahkan kekuasaan kembali ke parlemen. Anggota keluarga Rajapaksa lainnya yang sebelumnya menduduki kursi di kabinet juga telah mengundurkan diri. Saat ini, Gotabaya adalah satu-satunya Rajapaksa yang masih berkuasa. 

Saat ini, Sri Lanka tengah menghadapi krisis ekonomi akut. Selama beberapa bulan terakhir, warga di sana harus mengantre berjam-jam untuk membeli bahan bakar minyak, gas untuk memasak, bahan makan, serta obat-obatan yang sebagian besar diimpor. Inflasi di Sri Lanka memburuk dan melonjak menjadi 18,7 persen pada Maret lalu. 

photo
Warga Sri Lanka mengantre untuk membeli bensin dan minyak goreng di SPBU di Kolombo, Sri Lanka, Rabu (11/5/2022). - (AP Photo/Eranga Jayawardena)

Baru-baru ini, Kementerian Keuangan Sri Lanka mengumumkan bahwa cadangan devisa yang dapat digunakan telah anjlok di bawah 50 juta dolar AS. 

Kondisi tersebut mencemaskan karena stok bahan bakar minyak di negara tersebut menipis. Sementara, harga minyak sedang melonjak karena dipengaruhi konflik Rusia-Ukraina. Otoritas Sri Lanka telah mengumumkan bahwa pemadaman listrik di seluruh negeri akan meningkat menjadi sekitar empat hari. Hal itu karena mereka tak dapat memasok bahan bakar yang cukup ke pembangkit listrik. 

Bulan lalu Sri Lanka telah memutuskan menangguhkan pembayaran utang luar negerinya. Secara total negara tersebut memiliki utang 25 miliar dolar AS.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Juventus Siap Tuntaskan Dendam

Bagi Juventus, jika kalah dari Inter Milan dalam laga ini, klub berjuluk I Bianconeri ini akan mengakhiri musim terburuk.

SELENGKAPNYA

Hadapi Wolves, Manchester City Dibayangi Cedera Pemain

Mungkin Manager Manchester City Pep Guardiola hanya akan punya tiga bek bugar untuk perjalanan ke Wolves.

SELENGKAPNYA

Kembali Berkuasanya Dinasti Marcos

Organisasi hak asasi manusia Karapatan meminta rakyat Filipina menolak pemerintahan Marcos Jr.

SELENGKAPNYA