Sejumlah umat Islam membaca Al-Quran sambil menunggu waktu berbuka puasa di depan Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta, Senin (18/4/2022). Masjid Raya Jakarta Islamic Center melaksanakan kegiatan ngabuburit sambil khataman Al-Quran yang melibatkan | Republika/Putra M. Akbar

Kabar Ramadhan

Semarakkan Nuzulul Quran dengan Program Tebar Alquran

Nuzulul Quran menjadi momentum menarik untuk memperbanyak tadabbut Alquran.

JAKARTA — Ramadhan menjadi momentum bagi seluruh umat Islam untuk lebih meningkatkan kualitas ibadah dan ketakwaan. Untuk menyemarakkan ibadah umat Islam pada Ramadhan tahun ini, Amitra yang merupakan branding usaha syariah PT Federal International Finance (FIF Group) menyelenggarakan Program Tebar Alquran Nusantara.

Ini merupakan salah satu program keberlanjutan AMITRA dalam bidang sosial sekaligus merupakan bagian dari rangkaian menyambut Kemilau Hari Ulang Tahun (HUT) FIF Group ke-33. Ada 3.300 Alquran yang dibagikan di lebih dari 33 titik kepada sejumlah komunitas, rumah tahfiz, pesantren, masjid, mushala, panti asuhan, hingga lokasi musibah kebakaran.

Penyaluran Alquran dilakukan secara bertahap. Tahap awal Program Tebar Alquran Nusantara dilakukan pada Senin (18/4). Prosesinya ditandai dengan penyaluran secara simbolis kepada Komunitas Askar Kauny, Yayasan Satu Umat, dan Yayasan Bina Bangsa Berdikari.

Presiden Direktur PT Sharia Multifinance Astra (SMA) Inung Widi Setiadji mengatakan, program ini merupakan bagian dari inisiatif AMITRA dalam meramaikan bulan suci Ramadhan. Dia menyebut, hari ke-17 Ramadhan merupakan momentum yang sangat berharga bagi umat Islam karena bertepatan dengan Nuzulul Quran. 

“AMITRA turut hadir meramaikan hari Nuzulul Quran, yang merupakan hari di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dan menjadi awal dari turunnya ayat-ayat Alquran," kata dia dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (18/4).

Inung berharap, program yang sudah berlangsung sejak tujuh tahun terakhir ini dapat terus berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya. Pembina Komunitas Askar Kauny, Ustaz Bobby Herwibowo, mengutarakan rasa syukurnya dan berterima kasih atas Program Tebar Alquran Nusantara ini.

“Terima kasih kepada AMITRA yang mau berinisiatif baik mengambil peran dalam pengadaan program ini kepada komunitas kami. Semoga diberikan ganjaran kebaikan dan pahala yang lebih dari Allah SWT,” ujar Ustaz Bobby.

Pembagian Alquran ini merupakan program tahunan yang sudah berlangsung sejak tujuh tahun lalu. Total Alquran yang sudah disebar hingga saat ini sekitar 21 ribu eksemplar.

Penyebaran Alquran dilakukan ke seluruh provinsi di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, kepada berbagai macam lembaga. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim disebutkan bahwa Alquran akan menjadi syafaat atau penolong pada hari kiamat untuk para pembacanya. Dari Abu Amamah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Alquran karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya pada hari kiamat.”  

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.