Ilustrasi wakaf Alquran | Wihdan Hidayat / Republika

CSR

CSR Sambut Ramadhan

Eka Hospital Group salurkan ribuan Alquran, Heinz BC Indonesia salurkan 120 paket donasi Ramadhan.

Sejumlah perusahaan mengarahkan kegiatan CSR-nya untuk menyambut Ramadhan 1443 H. Sebut saja Eka Hospital Group yang menyalurkan ribuan Alquran dan Heinz ABC Indonesia yang menyalurkan 120 ribu paket donasi Ramadhan.

Eka Hospital Group di bawah naungan Sinar Mas (APP) mewakafkan ribuan kitab suci Alquran ke berbagai daerah, dari Sumatra Utara hingga Nusa Tenggara Barat. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Saleh Husin yang merupakan managing director Sinar Mas beserta Dr dr M Yamin  SpJP-K, SpPD, dan dr Sheirly selaku perwakilan Eka Hospital Group kepada Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Muhsinin, Labuhanbatu, H Muhammad Umar Syadat Hasibuan dan Dewan Pembina Pondok Pesantren Saadatudarain NW Kabar, Lombok Timur, NTB, Dr M Sya’roni Rofii di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta Pusat, Jumat (1/4).

“Momen menjelang Ramadhan menjadi ajang perusahaan berbagi dan memberikan bantuan, begitu juga yang dilakukan Eka Hospital Group. Kegiatan ini merupakan agenda CSR yang sudah kami rencanakan jauh hari dan kami sangat senang dapat berpartisipasi,” ungkap Chief Operating Officer (COO) Eka Hospital Group drg Rina Setiawati.

Dalam kesempatan tersebut, Rina menambahkan, masyarakat perlu tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa dan tetap menjalankan protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir.

Sementara itu, Managing Director Sinar Mas Saleh Husin yang juga ketua umum Yayasan Muslim Sinar Mas menjelaskan, wakaf ke berbagai pesantren dan masjid ini adalah kegiatan rutin yang sudah dilakukan oleh  Sinar Mas bersama pilar usahanya, Asia Pulp & Paper Sinar Mas, selama lebih dari 10 tahun terakhir. “Memasuki bulan Ramadhan, kami coba membantu membuka kesempatan lebih luas bagi para santri untuk membaca, memahami, dan memaknai Alquran secara kontekstual,” katanya menjelaskan.

Menanggapi wakaf Alquran tersebut, Dewan Pembina Pondok Pesantren Saadatudarain NW Kabar, Lombok Timur, NTB, Dr M Sya’roni Rofii, menyampaikan apresiasinya kepada Sinar Mas dan Eka Hospital. “Kita berterima kasih atas Quran yang diberikan. Tentu saja ini akan membantu para santri untuk belajar karena biasanya dengan Quran yang baru para santri akan lebih senang, lebih bersemangat. Mudah-mudahan mereka semakin semangat dan semakin giat dalam mempelajari dan menghafal Alquran,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Muhsinin, Labuhanbatu, H Muhammad Umar Syadat Hasibuan. “Alhamdulillah dengan adanya program ini kami menjadi sangat terbantu karena Alquran di pesantren kami sudah lapuk dimakan usia. Alquran bantuan Eka Hospital ini kita akan distribusikan kepada para  santri,” ujar Umar.

Paket donasi Ramadhan

Melanjutkan sejarah panjangnya merayakan Bulan Suci Ramadhan bersama masyarakat Indonesia, PT Heinz ABC Indonesia (“ABC”) kembali menghadirkan gerakan kemanusiaan Ramadhan. ABC mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memperluas semangat berbagi kebaikan dengan menginisiasikan #SatuResepSeratusKebaikan.

Melalui gerakan ini, ABC memberi kesempatan bagi konsumen dan masyarakat untuk berbagi resep Ramadhan spesial keluarga mereka secara digital. Pada saat yang sama ikut berbagi, di mana setiap satu resep akan dikonversikan menjadi 100 paket donasi Ramadhan bagi mereka yang membutuhkan. Kebaikan hadir dengan misi untuk membangkitkan serta memperluas momen kebersamaan dan kebaikan Ramadhan yang tak terlupakan.

Lewat gerakan ini, ABC berkomitmen untuk menyalurkan total 120 ribu paket donasi Ramadhan bagi keluarga pemulung dan kaum dhuafa di wilayah Jabodetabek serta kota-kota lain di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Konsumen dapat mulai membagikan resep mereka melalui microsite www.abcindonesia.co.id/ramadan dan bergabung dalam gerakan ini mulai tanggal 31 Maret hingga 24 April 2022.

Head of Legal & Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & Papua Nugini Mira Buanawati  mengatakan, ABC membawa misi “Proudly Make Delightful Food Available for Every Indonesian Family” dan selama lebih dari 40 tahun, khususnya pada momen Ramadhan, produk-produk ABC selalu menambah kegembiraan di tengah keluarga. “Ramadhan erat dengan makna kebersamaan dan kebaikan, dan tahun ini ABC mengajak kita semua untuk memperdalam nilai-nilai tersebut. Tak hanya bersama keluarga terdekat, tapi juga menghadirkan momen spesial bagi saudara-saudari kita yang membutuhkan. Inilah yang membuat Ramadhan menjadi momen yang semakin tak terlupakan di hati," ujar Mira.

Dalam implementasinya, ABC tahun ini melibatkan beberapa mitra kolaborasi, termasuk Food Cycle Indonesia, Sayurbox, Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), dan para mitra peritel.

Operations Manager Food Cycle Indonesia, Ariseno, menjelaskan, Food Cycle Indonesia akan menjadi mitra pelaksana dalam mengoordinasikan pendistribusian 120 ribu paket donasi ini selama satu bulan ke depan. Dalam membantu proses distribusi ini, Food Cycle Indonesia turut menggandeng 20 mitra lokal atau front line organizations yang akan ikut mengawasi pelaksanaan di lapangan agar tepat sasaran.

Ia menjelaskan, sebagian besar donasi akan didistribusikan bagi keluarga pemulung, sementara lainnya untuk masyarakat ekonomi rentan dan kaum duafa. “Sebanyak 61.500 paket donasi akan di distribusikan di Jabodetabek, 16.500 paket di Jawa Barat, 20 ribu paket di Jawa Tengah, 18 ribu paket di Jawa Timur, dan 4.000 paket di wilayah Bali,” paparnya.

Marketing Manager Easy Meals and Beverages Kraft Heinz Indonesia Chatrin Christina mengatakan, Ramadhan selalu identik dengan kehadiran berbagai resep spesial keluarga yang mewarnai momen-momen kebersamaan di tengah keluarga.

"Dengan semangat yang sama, kami ingin mengajak masyarakat untuk berbagi resep Ramadhan spesial mereka dan menginspirasi keluarga Indonesia lainnya, sekaligus ikut dalam gerakan #SatuResepSeratusKebaikan," ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat